STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Bau Badan Tak Sedap? Mungkin Ini Penyebabnya!

Fahira Mahza | Beautynesia
Sabtu, 06 Feb 2021 21:00 WIB
Bau Badan Tak Sedap? Mungkin Ini Penyebabnya!

Bau badan merupakan hal yang menjadi perhatian kebanyakan orang. Aroma tubuh yang wangi tentunya akan meningkatkan mood, namun berbanding terbalik dengan bau badan tak sedap yang tak hanya mengganggu diri sendiri namun juga orang di sekitar kita.

Untuk itu sangat penting menjaga kebersihan tubuh agar aroma tubuh tetap harum. Sebenarnya bau badan dapat berubah-ubah tergantung berbagai faktor mulai dari lingkungan hingga kegiatan yang sedang kita lakukan. Beberapa hal ini merupakan penyebab timbulnya bau badan tak sedap. 

Konsumsi makanan tertentu 

Konsumsi makanan tertentu
Konsumsi makanan tertentu /foto: freepik.com

Beberapa makanan memiliki aroma yang kuat serta komposisi yang unik yang dapat menjadi penyebab bau badan tak sedap. Daging, bawang-bawangan, serta junk food dapat merubah aroma tubuh menjadi lebih buruk. Makanan tersebut meningkatkan produksi keringat yang dapat bercampur dengan bakteri sehingga menghasilkan bau tak sedap. Karena itu cobalah untuk mengurangi makanan tersebut dan perbanyaklah konsumsi sayuran dan air putih. 

Bahan pakaian tidak menyerap keringat 

Bahan pakaian tidak menyerap keringat
Bahan pakaian tidak menyerap keringat /foto: freepik.com

Jika kamu memiliki segudang aktivitas apalagi di luar ruangan maka pilihlah pakaian yang nyaman dan dapat menyerap keringat. Berbagai bahan pakaian seperti rayon, poliester dan nilon merupakan beberapa contoh bahan pakaian yang sulit menyerap keringat. Selain itu bahan tersebut memiliki sirkulasi udara yang buruk yang tentunya dapat meningkatkan aktivitas bakteri sehingga badan akan lebih bau. 

Penggunaan sabun, deodorant serta parfum berlebih

Penggunaan sabun, deodorant serta parfum berlebih
Penggunaan sabun, deodorant serta parfum berlebih/foto: freepik.com

Sebenarnya terdapat banyak bakteri di kulit ketiak dan hal tersebut adalah hal yang normal. Penggunaan sabun, deodorant serta parfum secara berlebihan dapat berpotensi membunuh baketri baik dan meningkatkan aktivitas bakteri penyebab bau badan. Apabila kamu merasa tubuh lebih bau setelah penggunaan produk tersebut maka hentikanlah pemakaiannya agar bau badan tidak bertambah parah. 

Stress

Stress
Stress/foto: freepik.com

Siapa yang menyangka bahwa ternyata stress dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya aroma tubuh tak sedap? Ketika stress tubuh biasanya memproduksi keringat berlebih yang menyebabkan kondisi tubuh lembab sehingga bakteri akan lebih mudah hidup. Hal ini lah yang menyebabkan tubuh menjadi bau. 

Konsumsi obat-obatan 

Konsumsi obat-obatan
Konsumsi obat-obatan/foto: freepik.com

Ada beberapa obat yang menimbulkan efek samping berupa perubahan bau badan. Beberapa diantaranya yaitu obat pereda nyeri serta alergi yang banyak dijual bebas di apotek. Selain itu beberapa obat yang diresepkan dokter seperti ADHD bahkan pil KB ternyata juga dapat menimbulkan bau badan tak sedap. 

Beberapa hal tersebut ternyata dapat menimbulkan bau dan tak sedap. Hindarilah hal-hal tersebut serta jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tubuh. 

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE