sign up SIGN UP

Beauties Sudah Tahu? Hepatitis dan Virus Lainnya Bisa Menyebar dari Alat Salon!

Meuthia Khairani | Beautynesia
Jumat, 03 Jun 2022 17:00 WIB
Beauties Sudah Tahu? Hepatitis dan Virus Lainnya Bisa Menyebar dari Alat Salon!
caption

Beauties, bertambahnya jenis virus yang berada di sekeliling kita tentu membuat kita perlu lebih waswas dan semakin menjaga kesehatan di mana pun berada. Termasuk di salon, tempat kita memanjakan diri dengan creambath, perawatan kuku seperti manicure-pedicure, cuci dan blow rambut, facial, dan aneka pelayanan lainnya.

Lalu, virus apa saja yang dapat menyebar di salon?

1. Hepatitis

Virus bisa menyebar dari alat salon/Freepik/kkbs1707
Virus bisa menyebar dari alat salon/Freepik/kkbs1707

Dilansir dari Hepctrust, virus hepatitis bisa hinggap di peralatan salon, seperti: gunting, pinset komedo, pencongkel kutikula, gunting kuku, batu apung (yang biasa digunakan untuk menghilangkan tanda kulit pecah-pecah di kakimu), dan alat-alat lainnya.

Jika alat tersebut menyentuh darah dari ujung jarimu yang sedikit terkena gunting misalnya, atau ketika alat pengangkat komedo terkena sedikit saja darah yang keluar dari pori-pori saat proses facial, ada kemungkinan bisa menularkan virus hepatitis.

2. HIV AIDS

Virus hepatitis bisa menyebar dari alat salon/Freepik/Devmaryna
Virus hepatitis bisa menyebar dari alat salon/Freepik/Devmaryna

Dilansir dari Wolipop, alat yang tidak steril dapat mengakibatkan infeksi pada kuku dan kulit yang disebabkan oleh virus maupun jamur. Tidak hanya hepatitis, virus HIV/AIDS juga bisa menyebar lewat alat-alat yang tidak steril dan digunakan berulang kali. Seram banget, ya?

3. Radang Folikel Rambut

Virus bisa menyebar dari alat salon/Freepik/Racool_studio
Virus bisa menyebar dari alat salon/Freepik/Racool_studio

Menurut informasi yang dikutip dari Punchng, peralatan salon yang berkarat dan tidak bersih juga berisiko dapat menyebabkan infeksi di kulit kepala atau radang folikel rambut. Penyakit ini dapat diperhatikan dari adanya benjolan merah dan jerawat yang membuat area bekas pangkasan rambut menjadi gatal.

4. Herpes

Virus bisa menyebar dari alat salon/Freepik/Prostooleh
Virus bisa menyebar dari alat salon/Freepik/Prostooleh

Penyakit kulit yang ditandai dengan gelembung-gelembung yang mengandung air. Infeksi bakteri dan penularan herpes dapat terjadi melalui waxing, Beauties.

Virus herpes bisa masuk ke dalam tubuh lewat luka di kulit yang rusak. Sebagai kiat aman, adalah memastikan bahwa terapis membersihkan tangannya terlebih dulu.

Kiat Aman Saat Perawatan di Salon

Virus bisa menyebar dari alat salon/Freepik/Gpointstudio
Virus bisa menyebar dari alat salon/Freepik/Gpointstudio


Infeksi bakteri, jamur, dan virus lainnya juga bisa berasal dari handuk dan sisir yang sudah kotor atau pun yang dipakai bergantian, serta dari gunting rambut yang sudah berkarat. Jadi, seperti yang disebut di Wolipop,  ada baiknya pihak salon mensteril kembali alat-alat sebelum menggunakannya lagi untuk pelanggan selanjutnya.

Lalu, bagaimana dengan pelanggan salon?

  1. Sebagai pelanggan, Beauties juga berhak lho menanyakan apakah alat yang akan digunakan sudah disteril atau dibersihkan terlebih dahulu.
  2. Jika Beauties sedang memiliki luka di bagian kepala, kulit tangan atau kaki, jangan lupa beritahu kapster salon agar bagian tersebut tidak terkena alat atau pun krim yang diperlukan untuk perawatanmu.
  3. Demi keamanan bersama, lebih baik lagi bila Beauties membawa alat-alat salon sendiri. Beauties bisa mendapatkannya di toko peralatan salon di Pasar Baru, Jakarta atau pun e-commerce kesayanganmu.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id