sign up SIGN UP

Berat Badan Ideal Nggak Selalu Aman, Ini 4 Tanda Kalau Tubuhmu Sehat

Cica Rahmania | Beautynesia
Rabu, 15 Dec 2021 08:45 WIB
Berat Badan Ideal Nggak Selalu Aman, Ini 4 Tanda Kalau Tubuhmu Sehat
caption
Jakarta -

Selama ini, berat badan yang ideal kerap kali diidentikkan dengan kesehatan yang baik. Begitu pula sebaliknya, di mana kita berpikir bahwa kesehatan bisa tercermin dari berat badan. Padahal, lebih luas dari itu, kesehatan seseorang bisa terwakili dari banyak hal, baik mental maupun fisik.

Dengan begitu, kita bisa lebih peka untuk bersyukur memiliki badan sehat berapa pun angka timbangan menunjukkan. Berikut ini, dihimpun dari Your Tango, ada beberapa hal yang kadang terlupakan untuk menunjukkan indikator kesehatan kita.

Sssst! Bisa tidur nyenyak juga salah satu indikator kita punya tubuh sehat, lho, Beauties. Sebab, pola tidur yang nggak teratur dapat mengindikasikan masalah serius seperti sleep apnea, insomnia, atau gangguan pencernaan.

Urin yang Jernih

Rasa ingin kencing terus menerus bisa menjadi gejala kistaIlustrasi kencing. (Foto: freepik.com/wayhomestudio)/ Foto: Sylvia Yuliasar

Urin atau air kencing yang jernih merupakan sebuah tanda bahwa kamu terhidrasi dengan baik dan ginjal berfungsi sebagaimana mestinya. Sebaliknya, jika air kencingmu berwarna keruh, hal itu bisa menandakan bahwa ada gangguan kesehatan. Segera minum cukup air untuk memperbaikinya.

Siklus Menstruasi Teratur

Hubungan intim saat menstruasi bisa berisiko menularkan infeksi menular seksualIlustrasi menstruasi teratur. (Foto: Freepik/ Gpointstudio)/ Foto: Raudiya Nurfadilah H

Menstruasi merupakan salah satu siklus yang pasti terjadi pada setiap perempuan dewasa. Hal ini juga bisa menjadi indikator kesehatan. Umumnya, siklus menstruasi terjadi 21 hingga 35 hari.

Jadi, jika menstruasi kamu tidak teratur di antara waktu-waktu tersebut, bisa jadi pertanda ada suatu yang salah pada kesehatanmu. Begitu juga dengan rasa sakit terus menerus ketika menstruasi, kamu bisa segera memeriksakan ke dokter, ya, Beauties.

Bisa Menangani Stres dengan Baik

Banyak hal di hidup ini yang bisa memicu emosi bergejolak. Yaps, bagaimana pun juga, kita nggak bisa mengontrol semua hal di luar diri kita sendiri, sebaliknya, yang bisa kita lakukan ialah mengontrol diri kita sendiri. Selagi itu bisa kita lakukan, itu artinya kita punya kesehatan mental yang baik.

Becermin bisa menyebabkan kesehatan mental terganggu/Foto: Freepik.com/JcompIlustrasi kesehatan mental. (Foto: Freepik.com/Jcomp)/ Foto: Erlin Santosa

Dikutip dari website Canadian Mental Health Association, orang dengan kondisi kesehatan mental yang serius berisiko tinggi mengalami kondisi fisik kronis, sebaliknya, orang dengan kondisi fisik kronis berisiko mengalami kesehatan mental yang buruk.

Kulit yang Bersih

Jerawat adalah masalah kulit umum pada setiap orang. Namun, hal ini bisa menjadi indikator beberapa masalah kesehatan. Perlu diingat, kulit adalah organ terbesar dari tubuh manusia, jika tidak menunjukkan hal yang buruk, hal itu bisa menjadi indikator kesehatan yang baik.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id