sign up SIGN UP

Bikin Melongo, 5 Kopi Ini Punya Harga Termahal di Dunia!

Citra Sugandi | Beautynesia
Selasa, 01 Oct 2019 04:00 WIB
Bikin Melongo, 5 Kopi Ini Punya Harga Termahal di Dunia!
caption
Ada banyak banget jenis kopi yang tersedia, mulai dari yang terjangkau sampai paling mahal. Berikut ini 5 kopi paling mahal yang ada di dunia, lho. Harganya bakal bikin kamu geleng-geleng kepala!

Kopi Black Ivory


Namanya sih terdengar elegan dan keren, ya. Eits, jangan salah, ternyata kopi yang menduduki harga termahal di dunia ini berasal dari kotoran gajah, lho. Konsepnya mirip dengan kopi Luwak Indonesia, bedanya, kopi berjenis arabica ini diproses dari kotoran gajah di bagian utara Thailand.

Keunggulan kopi ini terjadi akibat proses pencernaan si gajah. Berkat enzim dalam perut serta proses pencernaan yang lambat, Black Ivory hadir dengan cita rasa kopi yang lembut dan ranum. Alasan lain yang membuat harganya selangit adalah tingkat kesulitan mendapatkan biji kopi yang utuh karena kebiasaan gajah mengunyah kopi tersebut.

Buat yang penasaran dengan harganya, Black Ivory ini bisa mencapai $500 - 1.500 alias 7 hingga 21 juta per 400 gram. Wah, mahal banget ya!


Foto: Istimewa

 

Hacienda La Esmeralda


Kopi termahal kedua berasal dari Panama, bernama Hacienda la Esmeralda, lho. Harganya bisa mencapai $350 dolar per 400 gr. Jika dirupiahkan bisa mencapai angka Rp4 jutaan, wow banget ya?

Harga selangit ini dilatarbelakangi oleh tingkat kesulitan untuk menanam dan mengolahnya. Maka dari itu, kopi yang agak “langka” ini dilelang dengan harga tinggi. Cita rasanya pun tergolong kuat dan sempurna di lidah para pecinta kopi, nih.
 


Foto: Istimewa


 


Kopi Luwak


Posisi ketiga termahal diduduki oleh kopi Indonesia yang sudah mendunia, Kopi Luwak. Kopi ini juga memiliki proses yang sama dengan Black Ivory di atas. Hal yang membuat harga kopi ini melambung karena metode pembuatannya yang unik dan tergolong sulit.

Biji kopi ini didapatkan dari proses fermentasi yang ada di dalam pencernaan Luwak, binatang yang gemar makan buah kopi. Hal ini pun menciptakan aroma dan rasa yang sempurna di kalangan para penikmat kopi dunia. Kopi Luwak dijual dengan harga sekitar $160 atau Rp2 juta per 400 gram. Ada yang udah pernah nyoba kopi ini belum?
 


Foto: Istimewa


 


Kopi St. Helena


Kali ini ada kopi bernama St. Helena yang dijual dengan harga sekitar $79 atau sekitar Rp 1 jutaan. Harganya yang mahal berasal dari proses pembuatannya. Kopi ini harus dijemur selama empat bulan terlebih dahulu hingga kering. Keunggulan lainnya adalah cita rasa fruity dan floral meyerupai caramel dan citrus pada cita rasanya. Jadi penasaran nih pengen nyoba!
Foto: Istimewa


 


Kopi Molokai


Terakhir, ada Kopi Molokai yang juga termasuk jajaran kopi dengan harga mahal di dunia. Kopi ini berasal dari pulau Hawaii yang terkenal sebagai salah satu wisata dunia yang sangat indah. Menariknya, iklim dan kondisi tanah Hawaii ini sangat baik buat menghasilkan biji kopi yang bagus.
 
Hal ini terbukti dari lahirnya Kopi Molokadi yang ditanam di daerah Kualapu’u dengan luas mencapai 460 hektare. Kopi ini dibandrol dengan harga $51 alias sekitar Rp700 ribuan per 400 gram-nya.
Foto: Istimewa

Nah, itu dia 5 kopi paling mahal di dunia yang harganya selangit. Semuanya mengalami proses pembuatan yang sulit, hal ini yang menjadi faktor mengapa dihargai sangat mahal. Hayo, kamu udah pernah nyoba salah satunya belum, nih?
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id