STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Bikin Mengantuk Setelah Sarapan Nasi Goreng, Mitos atau Fakta? Berikut Penjelasannya

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Sabtu, 22 Oct 2022 10:00 WIB
Bikin Mengantuk Setelah Sarapan Nasi Goreng, Mitos atau Fakta? Berikut Penjelasannya

Sarapan adalah kebiasaan baik yang kamu lakukan untuk menyediakan energi sebelum melakukan aktivitas seharian. Kamu mungkin memiliki menu favorit yang sering kamu konsumsi untuk sarapan, termasuk nasi goreng yang menjadi menu sarapan khas di Indonesia.

Akan tetapi, pernahkah kamu mengeluh merasa sangat mengantuk setelah sarapan nasi goreng? Jika ya, kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana bisa sarapan nasi goreng yang seharusnya memberimu semangat penuh energi justru membuatmu sangat mengantuk? Ataukah hal tersebut hanya mitos saja?

Well, ternyata mengantuk setelah sarapan nasi goreng bukan sekedar mitos belaka lho. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak ulasannya berikut ini.

Nasi Goreng Penuh Karbohidrat

Nasi goreng sumber karbo
Nasi goreng sumber karbo/ Foto: freepik.com/jcomp

Alasan pertama yang membuatmu ngantuk akut setelah menyantap sarapan nasi goreng adalah karena nasi goreng merupakan sumber karbohidrat. Hal tersebut senada dengan yang diungkapkan oleh laman Medical News Today, yaitu makanan kaya protein dan karbohidrat bisa membuat orang merasa lebih mengantuk dibandingkan makanan lain. Terlebih jika kamu sarapan nasi goreng dengan tambahan telur goreng atau topping lain sebagai sumber protein, maka tidak heran kamu merasa mengantuk sehabis menghabiskan sarapan.

Produksi Serotonin Bertambah

Mengantuk
Mengantuk/ Foto: freepik.com/cookie_studio

Alasan kedua, mengkonsumsi nasi termasuk nasi goreng bisa memicu tubuh memproduksi lebih banyak serotonin. Dijelaskan di laman Cleveland Clinic, bahwa beberapa peneliti percaya bahwa orang merasa lelah setelah makan karena tubuh mereka memproduksi lebih banyak serotonin.

Serotonin adalah bahan kimia yang mengatur suasana hati dan siklus tidur. Sementara triptofan adalah asam amino esensial yang ditemukan dalam makanan kaya protein seperti ayam, telur, keju, dan ikan. Triptofan sendiri membantu tubuh memproduksi serotonin.

Seringkali, ketika kamu makan makanan yang kaya karbohidrat dan protein, kamu mungkin merasa lebih mengantuk dari biasanya karena kamu memiliki penyerapan triptofan dari protein dan kemudian terjadi peningkatan serotonin.

Faktor Lainnya yang Perlu Diketahui

Kurang tidur
Kurang tidur/ Foto: freepik.com/rawpixel.com

Faktor lain yang membuat sarapan nasi goreng membuatmu lelah dan mengantuk, kemungkinan karena peningkatan gula dalam darah. Ketika gula darah naik, biasanya akan berpengaruh terhadap tingkat kelelahan sehingga kamu mudah mengantuk.

Selain itu, kurang tidur di malam hari juga bisa menjadi pemicu kamu menjadi sangat mengantuk setelah sarapan nasi goreng. Jadi sebelum menuduh nasi goreng menjadi pemicu rasa kantuk, ada baiknya kamu cari tahu dulu apakah memang tidurmu kurang cukup atau gula darahmu memang tinggi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE