STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Jadi Kebiasaan Orang Sukses di Dunia, Ini 5 Manfaat Bangun Pagi Lebih Awal!

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Sabtu, 08 Oct 2022 09:30 WIB
Jadi Kebiasaan Orang Sukses di Dunia, Ini 5 Manfaat Bangun Pagi Lebih Awal!

Banyak kisah orang sukses yang dijadikan inspirasi untuk orang lain. Mereka mencari tahu apa saja kiat-kiat sukses dan kebiasaan yang dilakukan yang menjadi kunci kesuksesan. Salah satu kebiasaan yang menjadi kunci kesuksesan orang-orang tersebut adalah bangun pagi lebih awal. Mulai dari Oprah Winfrey, Mark Zuckerberg, Steve Jobs, hingga Bill Gates menjadikan bangun pagi lebih awal sebagai kebiasaan yang menjadi rutinitasnya setiap hari.

Biasanya orang-orang tersebut bangun di waktu sekitar jam 3 hingga 5 pagi. Dengan membiasakan diri untuk bangun pagi lebih awal, ini dapat memberikan banyak manfaat, khususnya kesehatan. Bangun pagi lebih awal bermanfaat bagi kesehatan fisik juga mental kamu, lho, Beauties. 

Lantas, apa saja manfaat dari bangun pagi lebih awal? Yuk, simak jawabannya berikut ini!

Waktu Me Time

Meditasi
Meditasi/Foto: Freepik.com/pressfoto

Me time atau waktu untuk diri sendiri merupakan hal yang penting dilakukan agar kamu dapat lebih mengenal diri sendiri dan membebaskan diri dari stres. Membiasakan diri untuk bangun pagi dan bangun lebih awal dapat membantumu mendapatkan kesempatan untuk me time.

Apalagi buat kamu yang kesehariannya bersama anak-anak sepanjang hari, nih, Beauties. Pagi yang hening bisa menjadi kesempatan terbaik untuk menikmati waktu sendiri tanpa suara anak sambil menikmati secangkir kopi atau teh panas. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan meditasi atau olahraga. Melansir dari Amerisleep, berolahraga di pagi hari dianggap paling baik karena dapat memberikan dorongan adrenalin. Adrenalin dapat membantumu untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengatasi rasa mengantuk.

Menikmati Sarapan

Sarapan bantu meningkatkan daya ingat
Sarapan/Foto: Freepik.com/freepik

Sering kali orang yang bangun di siang hari melewatkan waktu sarapannya. Bangun pagi dan lebih awal membantumu dalam menyiapkan waktu lebih untuk menikmati sarapan. Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa sarapan penting.

Sarapan merupakan waktu makan yang penting karena dapat membantumu memberikan energi dalam memulai hari. Tak hanya itu, sarapan juga bermanfaat dalam mendorong metabolisme tubuh, meningkatkan daya ingat, hingga menyehatkan jantung. 

Perasaan Lebih Bahagia dan Terhindar dari Stres

Bagun pagi lebih awall bantu meningkatkan perasaan lebih bahagia
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/Benzoix

Bangun pagi lebih awal juga dapat membuat kamu merasa lebih bahagia, lho, Beauties. Melansir dari Amerisleep, saat kamu tidur dan bangun pagi lebih awal, maka tubuh mendapatkan istirahat yang cukup. Sehingga dengan begitu kamu akan lebih energik, teratur, bebas stres, dan sehat. Selain itu, keteraturan hidup yang dijalani berkat bangun pagi lebih awal dapat meningkatkan rasa bahagia.

Menurut National Library of Medicine Study, orang dewasa yang tidur dan bangun pagi lebih awal memiliki pikiran yang lebih positif daripada orang yang suka tidur larut malam atau sering begadang. Bangun lebih pagi juga dapat membuat seseorang terbebas dari perasaan stres. Bangun pagi lebih awal dapat membantumu dalam merencanakan hari ke depan. Sehingga tidak mudah terburu-buru dalam mengerjakan suatu pekerjaan dengan perasaan dan pikiran yang berantakan yang sering jadi penyebab stres. 

Keterampilan Pengorganisasian yang Ditingkatkan

Pagi hari menjadi waktu yang paling produktif dalam keseharian karena kecil kemungkinan mendapatkan gangguan. Dengan begitu, ini dapat membantumu dalam mengerjakan sesuatu lebih cepat, misalnya deadline pekerjaan atau sekadar mengerjakan pekerjaan rumah.

Bangun pagi lebih awal juga dapat membantu kamu lebih tenang dalam menyusun rencana hari tentang kegiatan dan pekerjaan apa saja yang akan dilakukan. Sehingga, hal ini dapat membantu dalam meningkatkan produktivitas dan menjadi orang yang disiplin.

Mendapatkan Kulit yang Sehat

bangun pagi lebih awal dapat membantu mendapatkan kulit yang sehat
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/drobotdean

Bagi kamu yang mendambakan kulit yang sehat, bangun pagi lebih awal bisa jadi solusinya. Melansir dari Healthline, tubuh yang kurang tidur dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Tidur yang cukup dan nyenyak dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan saat tidur sel-sel pada kulit akan beregenerasi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE