STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Bisa Bikin Asam Urat, Sebaiknya Hindari Makanan Ini!

Dyah Na | Beautynesia
Senin, 31 Aug 2020 18:00 WIB
Bisa Bikin Asam Urat, Sebaiknya Hindari Makanan Ini!

Penyakit asam urat atau yang dikenal dengan istilah gout memang identik dengan orang tua, tapi penyakit asam urat kini banyak dialami anak muda. Penyebab utamanya tentu karena konsumsi makanan yang bisa memicu asam urat. Gejala asam urat biasanya muncul rasa nyeri sendi yang disebabkan karena asam urat (uric acid) di dalam darah sudah terakumulasi di sekitar sendi dan membentuk kristal. 

Perlu kamu tahu, di tubuh kita ada zat bernama purin yang terbentuk secara alami. Saat tubuhmu perlu memecah purin, tubuh akan memproduksi asam urat untuk melakukan hal tersebut. Karena itu, makin banyak kadar purin yang harus dipecah, maka semakin banyak pula kadar asam urat yang diproduksi oleh tubuh. Nah, purin juga dapat ditemukan pada beberapa jenis makanan. Selagi bisa dicegah, kamu bisa mengurangi atau malah menghindari makanan-makanan penyebab asam urat yang mengandung purin tinggi. 

 
Sayuran Hijau

Sayuran BayamMakanan penyebab asam urat/Freepik.com

Jangan kaget ya, Ladeis. Meskipun dikenal punya banyak manfaat baik untuk tubuh,nyatanya sayuran hijau bisa memicu produksi asam urat berlebih. Beberapa jenis sayuran  hijau seperti bayam, kacang polong, dan asparagus mengandung purin tinggi sehingga bisa menjadi makanan penyebab asam urat. Tapi bukan berarti kamu harus stop makan sayuran hijau ya, Ladies. Konsumsilah sayuran hijau secara cukup dan tidak berlebihan agar manfaatnya tetap bisa kamu rasakan tanpa memicu asam urat.


Seafood

4 Tempat Makan Seafood di Jakarta Ini Wajib Kamu Coba!Makanan penyebab asam urat/Freepik.com

Kalau asam urat kamu tinggi, lebih baik menghindari konsumsi seafood dan ikan air laut. Meski ikan laut punya beragam manfaat, tapi seafood disebut sebagai salah satu makanan penyebab asam urat. Hal ini karena ikan laut dan beragam seafood lain seperti kerang punya kandungan purin yang tinggi. Kalau kamu pecinta ikan, ada baiknya memilih ikan air tawar. Kamu jufa bisa mengonsumsi salmon yang kadar purinnya tidak setinggi ikan laut lain. Tapi tetap batasi porsinya ya, Ladies.


Daging Merah

https://unsplash.com/@amir_v_aliMakanan penyebab asam urat/unsplash.com

Daging merah seperti daging sapi, kambing, dan domba termasuk sebagai makanan penyebab asam urat. Hal ini karena daging merah memiliki kandungan purin yang tinggi. Kamu bisa mengganti daging merah dengan sumber protein lain seperti daging putih dari ayam dan sumber protein nabati seperti kedelai dari tempe dan tahu. Meskipun begitu, konsumsinya tetap harus dibatasi karena kedelai termasuk kacang-kacangan yang dapat memicu asam urat.

Jeroan

Suka Makan Jeroan? Hati-hati dengan Risiko Ini Ya, Ladies!Makanan penyebab asam urat/Freepik.com

Memang tidak terlalu banyak orang yang suka makan jeroan. Tapi bagi beberapa orang, jeroan memiliki cita rasa yang lezat. Tapi tahukah kamu, kalau jeroan adalah makanan penyebab asam urat yang harus banget kamu hindari. Jeroan seperti usus, hati, ampela dan jeroan lain punya kandungan purin yang sangat tinggi. 

Jika sudah terlanjur menderita asam urat, apa yang perlu kamu lakukan? Tentunya kamu harus menjaga menu makanan dan menghindari makanan-makanan di atas. Tapi selain itu, kamu juga bisa mengurangi efek asam urat dengan konsumsi beberapa makanan sebagai berikut:

  • Jus ceri
  • Jus seledri
  • Minyak ikan dan suplemen magnesium
  • Cuka apel
  • Jahe
  • Lemon 
(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE