sign up SIGN UP

Bosan Makan Gudeg? Coba 5 Warung Pecel Enak Ini Saat Liburan di Yogyakarta

S Saraswathi | Beautynesia
Sabtu, 14 Mar 2020 08:30 WIB
Bosan Makan Gudeg? Coba 5 Warung Pecel Enak Ini Saat Liburan di Yogyakarta
caption
Yogyakarta sudah terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya. Selain tempat wisata, kota yang satu ini juga terkenal dengan wisata kulinernya. Eits, tak cuma gudeg lho! Yogya juga punya makanan fenomenal seperti pecel. Di sana ada beberapa warung pecel terkenal yang wajib kamu datangi ketika berlibur.

Pecel Wader Pak Bejo




Foto: https://www.ranselmungil.com/2019/04/kuliner-jogja-pecel-wader-pak-bejo.html

Beda dari pecel yang biasa, pecel Wader Pak Bejo ini memiliki tambahan ikan wader di dalamnya (sesuai dengan namanya). Bahan dasarnya sama dengan pecel pada umumnya, yaitu sayur bayam, kacang panjang, toge, keningkir, dan kembang turi yang kemudian disiram dengan bumbu kacang. Warung pecel ini buka dari pukul 08.00 - pukul 16.30 setiap harinya. Kalau ke Yogyakarta, pastikan kamu datang untuk mencicipi pecel unik yang satu ini ya!
 


Pecel Bu Ramelan




Foto: https://milenialsinfo.com/nasi-pecel-soto-magetan-bu-ramelan-selalu-bikin-nagih/

Warung pecel ini sudah beroperasi sejak 1983. Pecel yang satu ini memiliki rasa yang cenderung asin dan gurih, berbeda dengan rasa pecel pada umumnya yang lebih menonjolkan rasa manisnya. Satu porsi pecel berisikan nasi putih, sayuran seperti bayam, kacang panjang, dan tauge, kemudian disiram dengan bumbu kacang.

Di sini juga disediakan lauk tambahan seperti gorengan, tempe, tahu, bakwan, dan peyek. Dan kalau kamu mampir ke sini, kamu harus mencoba pecel telurnya, kamu bisa memesan telur rebus atau telur goreng. Alamatnya berada di Jalan Laksda Adisucipto Km.6 Nomor 2 atau timur Hotel Ambarukmo.


Pecel Kembang Turi Imogiri




Foto: https://yogyakarta.panduanwisata.id/daerah-istimewa-yogyakarta/bantul/menikmati-kelezatan-pecel-kembang-turi-di-pojok-imogiri/

Pecel Kembang Turi Imogiri ini terletak di antara belasan warung yang terletak di area terminal Imogiri, berdekatan dengan komplek makam Raja Mataram, Kabupten Bantul, Yogyakarta. Pecel kembang turi saat ini sudah mulai sulit untuk dicari, oleh sebab itulah Pecel Kembang Turi Imogiri ini banyak dicari oleh wisatawan.

Kembang turi memiliki cita rasa sedikit pahit, sangat cocok dikombinasikan dengan beragam jenis sayuran rebus seperti kecipir, daun bayam, kacang panjang, tauge, mentimun, dan tentunya sambal kacang. Di sini kamu bisa memilih mau menikmati pecel dengan nasi atau lontong.


Pecel Warung Handayani




Foto: https://www.tripadvisor.co.id/Restaurant_Review-g294230-d7364512-Reviews-Warung_Handayani-Yogyakarta_Region_Java.html

Warung pecel yang satu ini sudah berdiri sejak 1975. Sama dengan pecel pada umumnya, di dalam pecel ini terdapat sayur bayam, daun keningkir, tauge, kacang panjang, dan tentunya siraman sambal kacang.

Namun yang membuat pecel ini istimewa adalah rasa original dari pecel khas Yogyakarta , yaitu rasa pedas manis. Kamu juga bisa menambahkan lauk seperti tempe goreng dan perkedel. Lokasinya berada di Jalan Gading Nomor 2, sebelah selatan alun-alun.
 


Pecel Baywatch




Foto: https://gudeg.net/direktori/7205/pecel-baywatch-mbah-warno.html

Warung pecel ini berada di sebelah selatan pusat kota, tepatnya berada di Dusun Dusun Semanggi, Kelurahan Sembungan, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul. Sekalipun berada dari tempat yang jauh dari kota, nyatanya peminat pecel ini tetap banyak dan selalu laris.

Di dalam pecel Baywatch sama seperti pecel pada umumnya terdapat sayuran seperti bayam, kacang panjang, kembang turi, daun keningkir, dan kecambah atau taoge yang direbus, yang diletakkan di atas nasi putih, setelahnya baru disiram dengan sambal kacang.

Sembari menikmati pecel ini, kamu juga bisa menambah lauk khas dari warung ini yaitu mangut lele, lele goreng, mangut belut, belut goreng, sayur tempe dan krecek, berbagai macam baceman dan gorengan. Dijamin pasti kenyang!


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id