BILLBOARD
970x250

Bukan Hanya Kehamilan, Ini 5 Faktor Penyebab Haid Terlambat

Lifia Mawaddah Putri | Beautynesia
Jumat, 03 Jul 2020 15:07 WIB
Bukan Hanya Kehamilan, Ini 5 Faktor Penyebab Haid Terlambat

Normalnya, siklus haid berkisar antara 21 hingga 35 hari. Tapi pada kenyataannya, enggak semua wanita memiliki siklus haid yang lancar dan sesuai jadwal. Banyak wanita yang sering mengalami telat haid. Akan tetapi, telat haid enggak selalu menandakan kamu sedang hamil. Ada bermacam-macam penyebab lain yang membuat haidmu terlambat. Jika kamu mengalami hal ini, yuk coba simak beberapa penyebab haid terlambat berikut ini!

Mengalami Penurunan dan Kenaikan Berat Badan Secara Drastis

Kenaikan dan penurunan berat badan secara drastis bisa sebabkan haid tidak lancar
Kenaikan dan Penurunan Berat Badan/freepik.com

Apakah kamu sedang dalam program penurunan berat badan atau sebaliknya? Jika kamu mengalami penurunan maupun kenaikan berat badan secara drastis, hal ini bisa mengakibatkan siklus haidmu jadi berantakan lho. Apabila berat badan kurangmu dari 10 persen dari berat badan ideal, maka fungsi tubuh pun akan terganggu dan ovulasi juga terhenti. Begitu pula jika massa tubuhmu 25 hingga 30 atau bahkan lebih. Hal ini akan menimbulkan risiko siklus haid jadi tidak lancar.

Sindrom Ovarium Polikistik

Penyebab lainnya adalah jika kamu mengalami Sindrom Ovarium Polikistik. Sindrom Ovarium Polikistik atau PCOS mengakibatkan gangguan ketidakseimbangan hormon kehamilan di mana wanita memiliki folikel tambahan yang membuat sel telur dilepas lebih lama dari biasanya. Hal inilah yang membuat PCOS merupakan salah satu faktor haid menjadi enggak lancar.

Mengalami Stres

Stres bisa akibatkan haid terlambat
Stres/freepik.com

Jika kamu sedang stres, hal ini bisa mengakibatkan tubuh jadi mudah terserang penyakit. Selain itu, stres juga bisa mengakibatkan haid menjadi terlambat. Karena saat stres, hormon dan bagian otakĀ  yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi akan terganggu. Akibatnya, haid pun jadi terlambat dan enggak teratur. Jadi sebaiknya hindari stres yang berlebih ya, Beautynesian.

Pemakaian Alat Kontrasepsi

Apakah kamu sedang menggunakan alat kontrasepsi seperti pil KB? Bisa jadi, ini adalah penyebab haidmu enggak lancar. Hal ini dikarenakan pil KB mengandung hormon estrogen dan progestin yang mencegah ovarium melepaskan telur. Ketika kamu berhenti mengonsumsi pil KB pun dibutuhkan waktu selama 6 bulan agar siklus haid kembali lancar seperti semula.

Penyakit Kronis

Penyakit kronis bisa menjadi faktor haid tidak lancar
Penyebab Haid Tidak Lancar/freepik.com

Penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit seliaka juga bisa menjadi salah satu penyebab haid enggak lancar. Diabetes menyebabkan perubahan gula darah terkait dengan perubahan hormon di tubuh sehingga haid pun menjadi enggak teratur. Sementara penyakit seliaka juga bisa mengakibatkan peradangan yang membuat usus kecil rusak. Hal inilah yang dapat menghalangi tubuh menyerap nutrisi penting sehingga menghambat siklus menstruasi.

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE