sign up SIGN UP

Bukan Hanya Menjadi Syarat Mudik, Ini Dia Manfaat Lain Vaksin Booster yang Perlu Diketahui, Beauties!

Cathlin Triana Mariama | Beautynesia
Senin, 25 Apr 2022 06:00 WIB
Bukan Hanya Menjadi Syarat Mudik, Ini Dia Manfaat Lain Vaksin Booster yang Perlu Diketahui, Beauties!
caption

Setelah dua tahun lamanya merayakan Lebaran tanpa mudik, akhirnya Presiden Jokowi mengumumkan cuti bersama untuk Lebaran tahun ini dan diperbolehkannya mudik. Hal tersebut disambut antusias oleh masyarakat Indonesia, terutama sang perantau yang memiliki banyak sanak keluarga di kampung halaman.

Mengingat libur Lebaran tahun ini cukup panjang, antusiasme masyarakat juga sangat membludak. Hal ini terlihat dari tiket angkutan transportasi publik, seperti kereta, bus, dan kapal hampir ludes terjual. Belum lagi dengan keluarga yang akan mudik membawa kendaraan pribadi, sudah dipastikan akan meramaikan perjalanan darat maupun penyebrangan laut.

Namun, untuk menjaga dan meminimalisir penularan Covid, pemerintah tetap memberlakukan syarat-syarat perjalanan mudik yang harus dilaksanakan, lho. Jadi, bukan serta merta bisa langsung pergi saja nih, tetapi harus kamu persiapkan dari jauh-jauh hari, salah satunya adalah vaksin booster atau vaksin dosis ketiga.

Syarat yang satu ini sebenarnya bukan menjadi syarat yang wajib, tetapi dengan menerima suntikan vaksin booster, setidaknya kamu nggak perlu lagi repot melampirkan hasil negatif tes antigen maksimal 1x24 jam ataupun hasil negatif test PCR maksimal 3x24 jam.

Nah, selain menjadi syarat mudik, sebenarnya tanpa kamu sadari, vaksin booster juga membawa manfaat lain, seperti:

1. Merangsang dan Mempertahankan Sistem Kekebalan Tubuh

Ilustrasi Mempertahankan Sistem Kekebalan Tubuh/ Foto: Freepik/Freepik
Ilustrasi Mempertahankan Sistem Kekebalan Tubuh/ Foto: Freepik/Freepik

Salah satu kegunaan vaksin yakni untuk membangun sistem kekebalan pada tubuh, walaupun sebelumnya kamu sudah menerima vaksin hingga dua kali, nggak ada salahnya untuk mengoptimalkan dan memperkuat antibodi yang telah terbangun dari vaksin sebelumnya.

Jadi, nggak ada rasa khawatir dan was-was mudah terkena Covid saat silaturahmi nanti, deh. Namun, tetap jaga protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah ya!

2. Meminimalisir Risiko Penularan

Ilustrasi Hasil Negativ Covid Risiko Penularan Rendah/ Foto: Unsplash/Akitada13
Ilustrasi Hasil Negativ Covid Risiko Penularan Rendah/ Foto: Unsplash/Akitada13

Melansir dari laman CNBC, saat tubuh kita telah disuntikkan vaksin, maka vaksin akan bekerja untuk merangsang antibodi untuk mempelajari dan mengenali virus yang telah dilemahkan tersebut.

Sehingga, tubuh akan mengenali virus dan kemungkinan terpapar akan lebih minim.

3.  Membentengi Antibodi dan Perpanjang Masa Perlindungan Dari Virus

Ilustrasi Membentengi Antibodi dari Virus/ Foto: Freepik/Pikisuperstar
Ilustrasi Membentengi Antibodi dari Virus/ Foto: Freepik/Pikisuperstar

Salah satu syarat menerima vaksin booster ialah sudah menerima vaksin dosis kedua lebih dari 6 bulan, tetapi sebagaimana dikutip dari detikNews, masa 6 bulan tersebut ada kecenderungan jumlah antibodi yang telah terbangun mengalami penurunan, apalagi saat ini banyak bermunculan varian-varian baru dari Covid-19.

Dengan menerima dosis ketiga, setidaknya kamu sudah dapat memperkuat ketahanan tubuh.

4.  Membantu Adaptasi di Masa Pandemi

Ilustrasi Adaptasi Pada Masa Pandemi/ Foto: Unsplash/Maximeutopix
Ilustrasi Adaptasi Pada Masa Pandemi/ Foto: Unsplash/Maximeutopix

Selama dua tahun ini, kita telah bertahan melawan Covid yang hadir di tengah-tengah kita, salah satunya dengan cara mendapatkan vaksin. Covid tak akan dapat dihindari, tetapi dapat diminimalisir penyebarannya.

Hal ini menuntut masyarakat untuk beradaptasi di masa pandemi yang belum tahu kapan akhirnya. Dengan hadirnya vaksin booster akan bermanfaat menjaga kesehatan dan perlindungan diri dalam jangka panjang.

5. Mencapai Herd Immunity

Bila banyaknya orang yang telah menerima suntikan vaksin, maka sistem kekebalan tubuh setiap individu akan terbentuk. Dengan begitu risiko penularan akan berkurang. Walaupun tertular, gejala dari virus akan melemah karena tubuh telah mengenali virus. Dengan berkurangnya masyarakat terpapar virus, maka Herd Immunity akan tercapai, dan Covid dapat dikendalikan serta mutasi virus akan semakin sedikit.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari vaksin booster. Mumpung gratis dan membawa kebaikan bagi tubuh dan orang tersayang saat Lebaran nanti. Yuk, tunggu apa lagi? Segera daftar booster ya!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id