STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Bukan Jorok, 6 Kebiasaan Setiap Bangun Pagi Ini Jadi Tanda Tubuh Sehat! Termasuk Bau Mulut?

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Senin, 11 Jul 2022 10:00 WIB
Bukan Jorok, 6 Kebiasaan Setiap Bangun Pagi Ini Jadi Tanda Tubuh Sehat! Termasuk Bau Mulut?

Saat seseorang bangun tidur, biasanya hal-hal ‘jorok’ tertentu terjadi pada tubuhnya. Mulai dari kondisi bau mulut, belekan di sudut mata, juga buang air besar di pagi hari.

Eits, ternyata, hal-hal tersebut bisa menjadi indikator bahwa kesehatan fisikmu berada dalam kondisi yang baik. Sebab, salah satu fungsi tidur adalah mengurangi racun yang terbentuk dalam tubuh.

Jika kamu mengalami 6 kebiasaan ini setiap bangun pagi, bisa jadi itu pertanda tubuhmu sehat. Cek di bawah ini!

1. Bau Mulut

Tanda tubuh sehat saat bangun tidur
Bau mulut saat bangun tidur/Foto: Freepik.com/atlascompany

Kondisi bau mulut tidak sedap ketika bangun tidur tentu bikin siapa pun merasa nggak nyaman. Tapi, kabar baiknya, ini merupakan reaksi sehat terhadap tidur yang nyenyak.

Seperti yang diambil dari detikHealth, saat kita terlelap, air liur yang berfungsi untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut berkurang secara signifikan. Hal ini menyebabkan mulut jadi kering dan bakteri menumpuk di lidah dan gigi. Itulah sebabnya napas terasa bau kala bangun di pagi hari.

Namun, untuk meminimalisir, biasakan sikat gigi di malam hari sebelum tidur, ya.

2. Kentut

Ada penjelasan ilmiah tentang alasan kebiasaan kentut di pagi hari.

Mengutip The Healthy, direktur Pusat Layanan Kesehatan dan Hasil Penelitian Universitas John Hopkins, Albert W. Wu, MD menerangkan, berbaring memungkinkan gas hasil sistem pencernaan yang diproduksi semalaman berkumpul di usus besar.

Saat kamu bangun tidur, penumpukan gas tersebut akhirnya dilepaskan sekaligus lewat kentut mau pun sendawa. Alhasil, tubuhmu jadi lebih sehat, deh!

3. Belekan

Tanda tubuh sehat saat bangun tidur
Belek adalah kotoran di sudut mata/Foto: Freepik.com/user18526052

Kerak kotoran di sudut mata alias belek memang umum ditemukan pada orang yang baru bangun tidur. Meski terkesan jorok, rupanya belek merupakan mekanisme mata untuk membersihkan dirinya sendiri.

Selama matamu terpejam semalaman, proses pembersihan mata melalui berkedip tidak berjalan dan produksi air mata berkurang. Nah, untuk melindungi mata dari debu, kotoran, dan lendir alami, mata pun menumpuk kotoran-kotoran itu di sudut mata dan menghasilkan belek.

4. Berdahak

Beauties sering merasa ingin bersin atau berdahak saat bangun tidur? Ketahuilah, itu adalah tanda tubuh yang sehat.

Di pagi hari, tubuhmu berupaya untuk membersihkan hidung, sinus, atau tenggorokan dari kotoran atau zat alergen yang menumpuk dalam semalam. Kata Dr. Janette Nesheiwat, dokter medis dan spesialis dokter keluarga seperti yang dikutip dari Bustle, hal tersebut juga menandakan bahwa sistem kekebalan tubuhmu kuat dan sehat.

5. Rasa Mulas Ingin BAB

Tanda tubuh sehat saat bangun tidur
Kebiasaan buang air besar di pagi hari/Foto:Pinterest.com/Iamwellandgood

Bagi beberapa orang, kegiatan buang air besar (BAB) saat pagi hari sudah menjadi ritual sehari-hari. Kebiasaan itu secara alami memang dirasakan tubuh, mengikuti jam biologis tubuh dan tentu saja menjadi pertanda baik atas usus dan proses metabolisme yang lancar. 

Sebab, kontraksi di usus besar paling tinggi terjadi pada pagi hari untuk membuang tinja dari makanan yang dicerna dalam semalam.

6. Warna Urine Lebih Pekat

Pernahkah kamu menyadari biasanya warna urine cenderung lebih gelap di pagi hari?

Di malam hari, tubuh membiarkan ginjal untuk beristirahat yang cukup, dengan cara memperlambat kerja ginjal. Padahal, selama kita terlelap urine tetap diproduksi dan akan menumpuk sementara di kandung kemih. Inilah yang membuat warna urine tampak lebih pekat.

So, ada baiknya minum air putih yang cukup pasca bangun tidur agar terhindar dari dehidrasi.

Itu dia Beauties, beberapa kebiasaan yang sering dianggap jorok padahal tanda tubuh sehat. Pasti kamu juga mengalaminya kan?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE