sign up SIGN UP

Bulan Ramadan Belum Pol Tanpa Cobain Minuman Takjil Khas dari Berbagai Daerah Ini, Cek Ada Favoritmu?

ivanacete | Beautynesia
Selasa, 26 Apr 2022 10:00 WIB
Bulan Ramadan Belum Pol Tanpa Cobain Minuman Takjil Khas dari Berbagai Daerah Ini, Cek Ada Favoritmu?
caption

Wah, tak terasa sudah masuk hari-hari terakhir puasa ya Beauties. Kamu masih semangat nggak nih, mencari takjil setiap harinya?

Habis puasa hampir 14 jam, pasti Beauties penginnya berbuka dengan yang manis dan segar, bukan? Apa yang paling sering jadi minuman takjilmu,  es campur, es kelapa, atau apa?

Nah ternyata Beauties, Indonesia punya banyak minuman manis dan segar yang jadi takjil khas saat Ramadan. Kita cek bareng yuk, siapa tau ada yang berasal dari daerah kamu. Simak di sini ya!

1. Es Toge Panyabungan – Sumatera Utara

Es Toge Panyabungan dari Mandailing/Foto : kebudayaan.kemdikbud.go.id/Indonesiana
Es Toge Panyabungan dari Mandailing/Foto : kebudayaan.kemdikbud.go.id/Indonesiana

Biarpun ada kata toge, bukan berarti minuman ini terbuat dari sayur tauge ya, Beauties. Minuman yang berasal dari Mandailing di Sumatera Utara ini selalu laris diburu saat Ramadan.

Dilansir dari Kemendikbud, toge di sini maksudnya isiannya yang mirip cendol dari tepung beras. Toge Panyabungan mempunyai isi pulut hitam, tapai pulut putih, candil, lupis, dan si “toge”nya tadi.

Kemudian, isiannya disiram dengan kuah gula merah yang manis. Rasa manis, legit, gurih, dan kenyal bersatu padu di minuman ini. Kalau ditambah es batu, bisa kebayang ya Beauties gimana segarnya buka puasa dengan es toge panyabungan.

2. Es Selendang Mayang – Betawi, Jakarta

Es Selendang Mayang/Foto : food.detik.com/detikFood
Es Selendang Mayang/Foto : food.detik.com/detikFood

Beauties, jangan bayangin ada selendang di minuman ini ya. Dilansir dari detikFood, nama selendang untuk adonan kue lapis yang jadi isian. Sedangkan mayang artinya manis dan kenyal.

Kue isian takjil Ramadan khas Betawi ini memang berwarna-warni dan bertekstur kenyal Beauties. Kuenya terbuat dari tepung kanji atau sagu dan dibuat berlapis serta warna-warni.

Kue lapis tadi kemudian ditambahkan dengan sirop gula merah dan santan. Biar lebih mantap, ditambahkan es batu atau es serut. Ada yang nambahin bubur sumsum dan sagu mutiara juga. Duh, bikin ngiler banget pastinya ya Beauties rasa gurih, manis, dan segar dari es selendang mayang ini.

3. Es Rumput Laut – Jawa Tengah

Es Rumput Laut Khas Jawa Tengah/Foto : cookpad.com/Nia Syifa
Es Rumput Laut Khas Jawa Tengah/Foto : cookpad.com/Nia Syifa

Bukan hanya Korea, Indonesia juga punya es rumput laut yang sering jadi minuman khas saat Ramadan, tepatnya dari kota Jepara.

Berasal dari daerah pesisir Jepara, rumput laut jadi bintang utama minuman segar ini. Dikutip dari detikFood, rumput lautnya bahkan langsung dibudidayakan di daerah pesisir.

Rumput laut, sirup, santan, dan es batu jadi komponen umum minuman ini. Tapi banyak juga yang menambahkan berbagai macam potongan buah dan jelly biar makin maknyus. Es yang satu ini termasuk unik karena jarang ada minuman khas yang menggunakan rumput laut.

4. Es Pleret – Jawa Timur

Es Pleret/Foto : indonesia.travel/Wonderful Indonesia
Es Pleret/Foto : indonesia.travel/Wonderful Indonesia

Dilansir dari Wonderful Indonesia, es pleret berisi kue basah berbentuk bola-bola yang terbuat dari campuran tepung kanji dan tepung beras. Mirip klepon, kue bola-bola ini diberi isian gula merah lagi di dalamnya.

Minumannya sendiri berbahan dasar gula merah dan santan. Selain kue basah, biasanya ditambahkan cendol dan potongan serabi juga.

Bahkan, ada yang berkreasi menambahkan buah kurma di minuman ini. Gurih, manis, segar, dan kenyal jadi rasa dan tekstur yang otomatis kita dapatkan kalau berbuka puasa dengan es pleret.

5. Es Daluman – Bali

Es Daluman/Foto : cookpad.com/Murni Ching Ching
Es Daluman/Foto : cookpad.com/Murni Ching Ching

Eits, biarpun bunyi pengucapannya mirip, tapi minuman ini tak ada hubungannya dengan siluman ya Beauties. Dilansir dari detikFood, nama daluman diambil dari daun daluman yang menjadi bahan utama pembuatan cincau.

Gula merah dan kuah santan jadi campuran minuman ini. Tapi, yang uniknya, santan yang digunakan bukan dari kelapa biasa. Santannya harus berasal dari kelapa bakar atau kelapa gongseng.

Selain cincau hijau, biji selasih dan kolang-kaling juga jadi isian es segar ini. Bukan hanya tekstur kenyal dan rasa manis serta gurih, tapi ada aroma harum smokey juga dari kelapa bakar.

Gimana Beauties? Udah ngiler belum nih, membayangkan segarnya semua minuman es di atas? Beauties bisa bikin sendiri loh kalo mau. Sudah banyak resepnya dan bahannya mudah dicari. Jadi, paling penasaran sama minuman es yang mana?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id