sign up SIGN UP

Cacar Monyet Mendadak Ramai Melanda Banyak Negara, Ini Gejala dan Cara Penularannya!

Tim Redaksi CNBC Indonesia | Beautynesia
Senin, 23 May 2022 17:30 WIB
Cacar Monyet Mendadak Ramai Melanda Banyak Negara, Ini Gejala dan Cara Penularannya!
caption
Jakarta -

Masalah pandemi Covid-19 mulai mereda di beberapa negara, termasuk Indonesia. Namun tak usai, kini ramai cacar monyet atau monkeypox yang tiba-tiba melanda berbagai negara.

Sedikitnya ada 12 negara yang telah dikonfirmasi terkena cacar ini. Kemungkinan pun masih banyak lagi yang terkena, tapi belum melaporkannya. 

Dalam pernyataan pada Jumat (20/5), Badan kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa wabah ini bukanlah hal biasa. Sebab, wabah ini terjadi di negara-negara non-endemik.

Ilustrasi cacar monyetIlustrasi cacar monyet/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ZEEDIGN

Selanjutnya, WHO pun tidak menyebutkan deretan negara mana saja yang terdampak. Namun sebelumnya, penularan dikonfirmasi terjadi di Italia, Swedia, Spanyol, Portugal, Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris. 

Sebagai informasi, cacar monyet ini biasanya paling sering terjadi di daerah terpencil di Afrika bagian tengah dan barat. Ini diakibatkan oleh infeksi virus langka yang biasanya memiliki gejala ringan dan dapat sembuh dalam beberapa minggu. 

Namun ada satu hal yang dikhawatirkan oleh Direktur WHO untuk kawasan Eropa, yakni saat musim panas dan banyak acara, dikhawatirkan penularannya akan semakin cepat. 

Lalu apa saja gejala cacar monyet dan bagaimana penularannya? Simak yuk!

Ini Gejala Cacar Monyet yang Melanda Banyak Negara

Kasus Cacar Monyet Pertama Diperkirakan Diidap Seorang Pria di Sydney yang Baru Pulang dari EropaKasus Cacar Monyet Pertama Diperkirakan Diidap Seorang Pria di Sydney yang Baru Pulang dari Eropa/ Foto: ABC Australia/detikcom

Gejala awal jika terinfeksi cacar monyet sangatlah sederhana, dimulai dari demam, sakit kepala, pembengkakan anggota tubuh, sakit punggung, nyeri otot, dan kelesuan. 

Lalu, setelah demam mencapai puncak dan mereda akan muncul ruam atau bintil merah pada kulit muncul dan berkembang. Seringkali, ruam ini dimulai dari wajah, kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya, seperti telapak tangan dan telapak kaki. 

cacar monyetCacar Monyet/ Foto: Getty Images/CDC

Ruam akan terasa sangat gatal pada mereka yang terinfeksi. Lalu, ruam pun akan mengering dan membentuk keropeng yang terkelupas. Setelahnya di tempat bekas ruam akan muncul bekas luka. 

Biasanya, ini akan hilang sendiri dalam kurun waktu 14 sampai 21 hari.

Lantas, bagaimana cara penularan cacar monyet ini, Beauties? Baca selengkapnya di sini. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id