sign up SIGN UP

Ini Gejala Flu Singapura yang Mendadak Viral dan Menyerang Anak-anak, Kenali Sekarang!

Zeyra Haya | Beautynesia
Kamis, 19 May 2022 17:30 WIB
Ini Gejala Flu Singapura yang Mendadak Viral dan Menyerang Anak-anak, Kenali Sekarang!
caption

Usai pandemi Covid-19 berangsur membaik, sederet peraturan protokol kesehatan mulai dilonggarkan. Namun, memasuki era new normal bukan berarti kita terbebas dari serangan penyakit lain.

Terutama pada saat musim pancaroba seperti sekarang ini, berbagai jenis wabah penyakit masih mengintai kesehatan karena imunitas yang menurun. Salah satu yang harus diwaspadai adalah flu Singapura.

Mengenal Flu Singapura yang Mendadak Viral

Pandemi virus corona dapat menyerang anak-anak secara langsung dan tidak langsung. Selain sakit secara fisik, pandemi ini juga berisiko para terganggunya kesejahteraan sosial, emosional, atau mental anak-anak selama masa karantina.Mengenal Flu Singapura/Foto: Freepik.com

Beauties, belakangan ini wabah hepatitis dan virus atau flu Singapura kembali menjadi sorotan. Meski bukan kali pertama menyebar di Indonesia, namun penyakit-penyakit ini cukup menimbulkan kekhawatiran karena rentan menyerang anak-anak.

Pada tahun 2021 lalu, flu Singapura banyak menyerang balita termasuk anak presenter kondang, Baim Wong. Sempat mereda, tapi sayang beberapa waktu belakangan wabah penyakit ini kembali muncul di sejumlah wilayah di Indonesia. Lantas apa sebenarnya flu Singapura itu?

Flu Singapura, Mirip tapi Berbeda dengan Cacar Air

Mengenal virus singapura, wabah penyakit yang menyerang anak-anak/Foto: pexels.com/Gustavo Fring
(Mengenal flu singapura, wabah penyakit yang menyerang anak-anak/Foto: pexels.com/Gustavo Fring)

Mengutip dari detikHealth, flu Singapura atau Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) adalah infeksi virus yang sangat menular dan umumnya terjadi pada anak. Infeksi ini ditandai dengan munculnya luka di mulut dan ruam di bagian tangan serta kaki.

Meski sekilas memiliki gejala yang mirip dengan penyakit cacar air, tapi kedua penyakit pada anak ini jelas memiliki perbedaan. Flu Singapura paling sering disebabkan oleh Coxsackievirus A16 yang termasuk dalam kelompok virus enterovirus nonpolio, sementara cacar air disebabkan oleh virus Varicella-zoster (VZV).

Gejala Flu Singapura

Gejala virus singapura pada anak/Foto: pexels.com/Tima Miroshnichenko
(Gejala flu singapura pada anak/Foto: pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Selain jenis virus, cacar air dan flu Singapura juga memiliki perbedaan lain. Salah satunya pada gejala yang dikeluhkan.

Melansir dari CNN Indonesia, gejala flu Singapura diawali dengan keluhan ringan seperti demam, menurunnya nafsu makan dan batuk. Kemudian akan muncul sariawan di bagian mulut dan bintik ruam merah di bagian kaki dan tangan.

Beberapa keluhan lain juga mengatakan bahwa gejala flu Singapura memiliki gejala seperti batuk, sakit tenggorokan, mudah lelah dan sakit perut. Sementara gejala cacar air tidak memiliki gejala ini dan cenderung tidak menimbulkan ruam.

Cara Mencegah Penyebaran Flu Singapura

Cara menghindari virus singapura pada anak, terapkan protokol kesehatan dan tetap jaga jarak/Foto: pexels.com/cottonbro
(Cara menghindari flu singapura pada anak, terapkan protokol kesehatan dan tetap jaga jarak/Foto: pexels.com/cottonbro)

Virus ini menular melalui cairan pada hidung, tenggorokan, dan sel pada kulit yang pecah dari orang yang terinfeksi. Untuk itu, bagi para orangtua sebaiknya batasi dahulu kontak fisik anak dengan orang lain.

Selain itu untuk menghindari gejala flu Singapura, sebaiknya tetap jalankan protokol kesehatan. Seperti menjaga jarak dan mencuci tangan secara berkala. Tak kalah penting untuk memastikan anak juga mengonsumsi buah dan sayuran agar kebutuhan nutrisi tubuhnya terpenuhi.

Beauties, itulah beberapa fakta seputar flu Singapura dan gejala-gejala yang ditemukan. Tetap jaga kesehatan ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id