sign up SIGN UP

Catat! 6 Superfood Warna Ungu Ini Ampuh untuk Tangkal Radikal Bebas, Cari Tahu Yuk!

Retno Anggraini | Senin, 03 Jan 2022 09:00 WIB
Catat! 6 Superfood Warna Ungu Ini Ampuh untuk Tangkal Radikal Bebas, Cari Tahu Yuk!
caption
Jakarta -

Buah dan sayur merupakan superfood yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Masing-masing warna pada buah dan sayur juga melambangkan manfaat yang terkandung di dalamnya. Warna ungu pada buah dan sayur yang didapat dari pigmen antosianin dan flavanoid berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Antioksidan sendiri merupakan zat penghancur untuk menangkal radikal bebas dari luar yang masuk ke dalam tubuh. Kira-kira superfood ungu apa saja yang bisa menangkal radikal bebas? Merangkum dari berbagai sumber, yuk cari tahu!

Ubi Jalar Ungu

Ubi jalar ungu
Ubi jalar ungu/Foto: Pinterest.com/Southern Living

Ubi jalar ungu memiliki kandungan vitamin, mineral, dan karbohidrat yang tinggi dibandingkan ubi jalar biasa. Antosianin yang menyebar dari bagian kulit sampai dengan daging ubi membuat ubi jalar ungu memiliki potensi besar sebagai sumber antioksidan alami dan sekaligus sebagai pewarna ungu alami.

Antosianin pada ubi jalar ungu juga mempunyai fungsi fisiologis sebagi antikanker, antibakteri, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung, dan stroke. Hal ini dikarenakan ubi jalar ungu memiliki zat aktif yang dinamakan selenium dan iodin dua puluh kali lipat lebih tinggi dari ubi jenis lain.

Kulit Manggis

Kulit manggis
Kulit manggis/Foto: Unsplash.com/Art Rachen

Kulit manggis mengandung senyawa xanthone yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas yang masuk atau diproduksi di dalam tubuh. Kulit manggis yang segar tidak dapat disimpan dalam waktu yang lama karena kulit manggis akan mengalami oksidasi oleh oksigen bebas di udara. Senyawa xanthone dalam kulit manggis dipercaya mampu mencegah proliferasi sel kanker yang membantu untuk proses penyembuhan kanker.

Anggur Ungu

Anggur
Anggur/Foto: Unsplash.com/Maja Petric

Selain lezat, anggur ternyata memiliki manfaat untuk tubuh, seperti menghambat penyakit kanker dan jantung, mengurangi oksidasi plasma, dan memperlambat penuaan. Anggur juga memiliki kandungan vitamin, mineral, karbohidrat, dan senyawa fenol. Senyawa fenol dipercaya dapat digunakan untuk membunuh bakteri dan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas.

Bayam Ungu

Bayam ungu
Bayam ungu atau sering dikenal dengan bayam merah/Foto: Pinterest.com

Bayam ungu termasuk sayuran yang kaya akan nutrisi, tinggi vitamin, mineral, dan fitonutrien. Daun bayam ungu mengandung saponin, flavanoid, dan tannin yang diyakini dapat mengobati diare, sakit kepala, dan menangkal radikal bebas.

Dalam 100 gram bayam merah, terdapat kandungan vitamin C sebanyak 62 miligram. Kandungan tersebut juga bisa menangkal radikal bebas yang berhubungan dengan penyakit kanker.

Kubis Ungu

Kubis ungu
Kubis ungu/Foto: Freepik.com/jcomp

Kubis ungu memiliki kandungan antioksidan empat kali lebih tinggi dibandingkan kubis putih. Bahkan, jumlah antioksidan pada kubis ungu akan meningkat ketika kamu merebusnya. Selain menangkal radikal bebas, kandungan antosianin pada kubis ungu dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Terong Ungu

Terong ungu
Terong ungu/Foto: Pexels.com/Zen Chung

Antioksidan dalam terong ungu terdiri atas senyawa nasunin, lutein, dan zeaxanthin. Hal inilah yang membuat terong ungu mampu menangkal radikal bebas, sehingga jika dikonsumsi dapat menghindarkan dari berbagai macam penyakit berbahaya. Terong ungu juga sangat baik untuk kulit, lho! Kandungan air dalam terong ungu dapat membantu melembapkan dan menutrisi kulit.

Superfood ini dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari karena memiliki ragam manfaat, salah satunya untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai macam virus, termasuk virus corona.

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id