STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Catat! Mudah Didapat, 8 Bumbu Dapur Ini Mampu Atasi Peradangan Secara Alami

Retno Anggraini | Beautynesia
Senin, 04 Apr 2022 07:15 WIB
Catat! Mudah Didapat, 8 Bumbu Dapur Ini Mampu Atasi Peradangan Secara Alami

Beauties, kamu tahu tidak kalau sebenarnya peradangan merupakan respons perlindungan normal tubuh terhadap infeksi, lho! Namun, peradangan juga bisa tidak terkendali dan menyebabkan peradangan kronis.

Jangan khawatir, Beauties! Bumbu dapur yang selalu ada di rumah ternyata bisa jadi obat alami saat kamu mengalami peradangan. Melansir dari Healthline, berikut adalah 8 bumbu dapur yang mampu bantu atasi peradangan secara alami. Simak penjelasannya!

Jahe

Jahe
Jahe/Foto: Pixabay.com/siala

Di luar kegunaannya sebagai bumbu masakan, banyak orang telah menggunakan jahe selama ribuan tahun sebagai pengobatan tradisional. Jahe sendiri mengandung seratus senyawa aktif, seperti gingerol, shogaol, zingiberene, dan zingerone. Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan tubuh.

Bawang Putih

Bawang putih
Bawang putih/Foto: Pixabay.com/postchiangmai0

Sama seperti jahe, bumbu dapur yang memiliki aroma dan rasa yang kuat ini telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional. Bawang putih mengandung senyawa allicin, diallyl disulfide, dan S-allylcystein yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Kunyit

Kunyit
Kunyit/Foto: Pixabay.com/NirmalSarkar

Merupakan bumbu dapur yang populer pada masakan India, kunyit memiliki senyawa utama antioksidan dan kurkumin, yang berfungsi sebagai sifat anti-inflamasi yang kuat. Kurkumin juga mampu meredakan peradangan bagi penderita osteoartritis.

Lada Hitam

Lada hitam
Lada hitam/Foto: Pixabay.com/Britlish

Lada hitam dikenal sebagai raja rempah karena kepopulerannya di seluruh dunia. Penelitian menunjukkan bahwa lada hitam memiliki senyawa aktif, yaitu piperin yang berperan untuk mengurangi peradangan dalam tubuh.

Ginseng

Ginseng
Ginseng/Foto: Pixabay.com/thuantri_hoangde

Ginseng merupakan salah satu rempah yang telah digunakan orang Asia selama ribuan tahun karena khasiatnya sebagai obat. Ginseng memiliki senyawa aktif yang disebut ginsenosides, yang salah satu manfaatnya mampu mengurangi tanda-tanda peradangan dalam tubuh.

Rosemary

Rosemary
Rosemary/Foto: Pixabay.com/gate74

Rosemary merupakan rempah asal Mediterania yang memiliki aroma menenangkan. Rempah ini juga sering ditemui dalam masakan Italia. Penelitian menunjukkan bahwa rosemary dapat membantu mengurangi peradangan karena kandungan polifenol yang tinggi, terutama rosmarinic acid dan carnosic acid.

Kapulaga

Kapulaga
Kapulaga/Foto: Pixabay.com/scym

Rempah asli Asia Tenggara ini memiliki rasa manis dan pedas yang kompleks. Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi kapulaga dapat mengurangi tanda-tanda inflamasi karena kapulaga mampu meningkatkan antioksidan tubuh sebesarĀ 90 persen.

Kayu Manis

Kayu manis
Kayu manis/Foto: Pixabay.com/Daria-Yakovleva

Rempah satu ini juga sering digunakan sebagai taburan makanan manis, seperti kue. Tidak jauh berbeda seperti kapulaga, kayu manis juga mengandung antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi untuk mengurangi peradangan.

Itulah delapan bumbu rempah yang bisa membantu mengatasi peradangan secara alami. Coba cek, apakah ada bumbu dapur yang telah disebutkan tadi di rumah kamu?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE