sign up SIGN UP

Auto Jadi Imun Booster! 5 Bahan Bumbu Dapur Ini Juga Nikmat Diseduh sebagai Minuman Herbal

Anindya Milagsita | Beautynesia
Rabu, 26 Jan 2022 06:00 WIB
Auto Jadi Imun Booster! 5 Bahan Bumbu Dapur Ini Juga Nikmat Diseduh sebagai Minuman Herbal
caption

Kalau biasanya bumbu dapur dikenal sebagai bahan masakan yang bikin makanan makin lezat, ternyata ada yang bisa juga dijadikan sebagai minuman herbal untuk bantu menjaga kesehatan, Beauties. Selain nikmat diseduh sebagai minuman, sederet bahan dapur ini ternyata punya sejuta manfaat yang baik bagi tubuh, lho.

Mulai dari sebagai antioksidan alami, menjaga tekanan darah, hingga meningkatkan imun bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi berbagai minuman rempah ini. Ingin tahu apa sajakah pilihannya? Simak lewat artikel ini, yuk!

Sereh

Bumbu dapur serai yang ternyata bisa dibuat sebagai minuman herbal.
Bumbu dapur yang bisa dibuat sebagai minuman herbal dan bermanfaat bagi kesehatan/freepik/jcomp

Serai atau sereh dikenal sebagai salah satu bahan masakan yang bisa membuat harum makanan. Selain memiliki aroma yang khas, sereh juga ternyata punya manfaat baik bagi kesehatan, Beauties. Bahan dapur yang satu ini bisa dikonsumsi, dioleskan di kulit, ataupun dihirup sebagai aromaterapi.

Dilansir dari Very Well Fit, sereh bisa membantu meredakan kecemasan, nyeri, flu, batuk, demam, hipertensi, hingga diabetes. Resep minuman sereh bisa kamu seduh dengan campuran jahe, madu, teh, hingga jeruk.

Jahe

Bumbu dapur jahe yang punya manfaat kesehatan saat dibuat minuman herbal.
Bumbu dapur yang bisa dibuat sebagai minuman herbal dan bermanfaat bagi kesehatan/freepik/jcomp

Bahan dapur kali ini populer banget dan biasa diolah sebagai minuman, Beauties. Yup, jahe. Rempah-rempah dengan aroma khas dan punya rasa yang pedas ini, saat diseduh sebagai minuman bisa memberikan rasa hangat, lho. Minuman jahe paling cocok disantap saat cuaca sedang dingin.

Selain punya rasa yang nikmat, jahe juga memberikan sejuta manfaat bagi kesehatan. Dikutip dari Medical News Today, jahe punya kandungan antioksidan yang berguna untuk bantu mencegah peradangan hingga infeksi. Selain itu, rempah-rempah ini juga mampu meredakan mual, meringankan pilek ataupun flu, meredakan nyeri, sampai menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Kencur

Bahan dapur kencur yang cocok dijadikan sebagai minuman herbal untuk kesehatan.
Bumbu dapur yang bisa dibuat sebagai minuman herbal dan bermanfaat bagi kesehatan/instagram/rismagood

Meskipun cukup jarang ditemui, kencur juga ternyata bisa dijadikan sebagai minuman menyehatkan, lho. Rempah-rempah yang satu ini biasanya diolah menjadi jamu beras kencur. Hampir serupa dengan jahe, kencur juga memberikan sensasi sedikit pedas dan menghangatkan saat dikonsumsi, Beauties.

Manfaat kencur sendiri mengutip dari CNN Indonesia, dapat meredakan batuk, meningkatkan selera makan, menurunkan tekanan darah, hingga memberikan efek menenangkan pikiran dan meredakan stres. 

Kunyit

Bumbu dapur kunyit yang cocok dibuat sebagai minuman alami untuk kesehatan.
Bumbu dapur yang bisa dibuat sebagai minuman herbal dan bermanfaat bagi kesehatan/freepik/azerbaijan_stocks

Tak kalah populer dari jahe, kunyit juga menjadi salah satu bumbu masakan yang bisa dijadikan minuman sehat dengan sejuta manfaat, Beauties. Kunyit sendiri dianggap sebagai suplemen nutrisi yang paling efektif dibanding rempah-rempah lainnya. Ini seperti dikutip dari Healthline, kunyit punya bahan aktif kurkumin yang bermanfaat bagi otak dan tubuh.

Kandungan antioksidan dan antiinflamasi pada kunyit mampu melawan peradangan hingga melindungi tubuh dari radikal bebas. Beberapa penelitian bahkan mengungkap kalau kurkumin dalam kunyit dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Kayu Manis

Bumbu dapur kayu manis yang cocok dibuat sebagai minuman herbal menyehatkan.
Bumbu dapur yang bisa dibuat sebagai minuman herbal dan bermanfaat bagi kesehatan/freepik/racool_studio

Punya aroma yang wangi dan sering dijumpai di kue maupun roti, kayu manis juga ternyata cocok dipadukan sebagai resep minuman, Beauties. Rempah-rempah ini pun juga mengandung manfaat baik bagi kesehatan. Dikutip dari BBC Good Food, menjaga kesehatan usus, sebagai antivirus, membantu tekanan darah, hingga menurunkan gula darah.

Resep minuman dari kayu manis ini bisa kamu buat dengan merebusnya dengan air saja. Tapi jika ingin lebih nikmat, bisa dicampur dengan jahe ataupun madu. Selamat mencobanya di rumah, ya!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id