sign up SIGN UP

Cegah Kanker Hingga HIV, Ini 5 Manfaat Kayu Manis yang Baik untuk Kesehatan

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Rabu, 27 Jul 2022 19:00 WIB
Cegah Kanker Hingga HIV, Ini 5 Manfaat Kayu Manis yang Baik untuk Kesehatan
caption

Kayu manis (Cinnamomum) adalah jenis pohon penghasil rempah-rempah. Bagian kayu manis yang digunakan adalah bagian kulit kayu dalam yang dipotong dengan ketebalan tertentu. Kulit bagian dalam tersebut kemudian diekstraksi dan bagian kayunya dihilangkan.

Saat mengering, kulit tersebut akan membentuk potongan-potongan yang menggulung menjadi gulungan, yang selanjutnya disebut sebagai batang kayu manis. Gulungan itulah yang nantinya dapat digiling dan akan menghasilkan bubuk kayu manis. Kayu manis menghasilkan aroma khas yang disebabkan oleh bagian berminyak yang sangat tinggi senyawa cinnamaldehyde.

Aromanya yang sangat kuat, manis, dan sifatnya yang hangat menjadikan kayu manis tidak hanya dimanfaatkan sebagai rempah-rempah, namun juga dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, perlu diketahui bahwa ada dua jenis utama kayu manis, yaitu kayu manis Ceylon dan kayu manis Cassia yang paling umum dan sering digunakan.

Nah, kira-kira manfaat kesehatan apa saja ya yang dihasilkan dari kayu manis? Melansir dari Healthline, berikut 5 manfaat kesehatan kayu manis yang didukung oleh penelitian ilmiah. Yuk, simak!

Mencegah Kanker

Ilustrasi pasien kanker
Ilustrasi pasien kanker/Foto: Pexels/SHVETS Production

Kanker adalah salah satu penyakit serius yang ditandai dengan adanya pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh. Melalui penelitian ilmiah yang telah dipelajari secara luas, kayu manis dapat digunakan dalam pencegahan dan pengobatan kanker.

Penelitian ini didukung oleh percobaan tabung reaksi yang menunjukkan bahwa kayu manis mengaktifkan respons antioksidan pelindung dalam sel usus manusia. Adapun objek penelitian yang digunakan adalah tikus yang memiliki kanker usus besar. Dari hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa kayu manis adalah aktivator ampuh enzim detoksifikasi di usus besar, melindungi terhadap pertumbuhan kanker lebih lanjut.

Sumber Antioksidan

Ilustrasi kayu manis
Ilustrasi kayu manis/Foto: Pexels/Pixabay

Antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Dalam sebuah penelitian yang membandingkan aktivitas antioksidan dari 26 rempah-rempah, kayu manis menjadi pemenangnya, bahkan mengungguli rempah-rempah seperti bawang putih karena kayu manis sarat dengan antioksidan kuat, seperti polifenol.

Memiliki Efek Anti-Inflamasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kayu manis adalah sumber antioksidan yang kuat. Antioksidan dalam kayu manis memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit seperti untuk melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu dampak dari insomniaIlustrasi/Foto: Freepik

Kayu manis dapat digunakan untuk mengurangi risiko penyakit jantung termasuk dengan penyakit kolesterol, trigliserida, dan tekanan darah. Pada orang dengan diabetes tipe II, 1 gram atau sekitar setengah sendok teh kayu manis per hari telah terbukti memberikan efek menguntungkan dalam mengontrol tekanan darah. 

Selanjutnya, dalam hal kolesterol, kayu manis dapat mengurangi kadar kolesterol LDL "jahat" dan trigliserida, sementara untuk kolesterol HDL "baik" tetap stabil. Sebuah studi menyimpulkan bahwa kayu manis dengan dosis 120 mg per hari dapat mengurangi kadar kolesterol sekaligus meningkatkan kadar kolesterol HDL “baik”.

Melawan HIV

HIV adalah virus yang secara perlahan merusak sistem kekebalan tubuh yang pada akhirnya dapat menyebabkan AIDS jika tidak diobati. Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu melawan HIV-1, jenis utama virus HIV pada manusia.

Kayu manis yang diekstrak dari varietas Cassia dianggap membantu melawan HIV-1, jenis virus HIV yang paling umum pada manusia. Sebuah penelitian laboratorium yang mengamati sel yang terinfeksi HIV menemukan bahwa kayu manis adalah pengobatan yang paling efektif dari semua 69 tanaman obat yang diteliti.

Nah, Beauties itulah tadi 5 manfaat kesehatan dari kayu manis. Meskipun kayu manis memiliki manfaat kesehatan, namun kayu manis dengan varietas Cassia mengandung senyawa yang disebut kumarin, yang mana akan berbahaya apabila digunakan dalam dosis besar. Jika kamu ingin menggunakan kayu manis, pilihlah kayu manis Ceylon.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id