sign up SIGN UP

Dari yang Jinak Sampai Berbahaya, 6 Hewan Peliharaan Ini Bisa Bantu Pulihkan Kesehatan Mental!

Camellia Quinita Ramadhani | Beautynesia
Kamis, 09 Jun 2022 07:15 WIB
Dari yang Jinak Sampai Berbahaya, 6 Hewan Peliharaan Ini Bisa Bantu Pulihkan Kesehatan Mental!
caption

Menjaga kesehatan mental adalah bagian dari gaya hidup. Pasalnya, kondisi mental yang tidak stabil dapat mempengaruhi tidak hanya suasana hati, tapi juga kesehatan tubuh hingga produktivitas bekerja.

Selain berolahraga dan yoga, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental. Salah satunya adalah dengan memelihara hewan di rumah.

Menurut laman Heart.org, memiliki hewan peliharaan dapat menurunkan tekanan darah, menghibur hati menjadi lebih bahagia, dan dapat meredakan stres serta isu-isu mental lainnya.

Bagi kamu yang sedang merasa tidak baik-baik saja, 6 hewan peliharaan ini mampu membantu memulihkan kesehatan mental sesuai dengan kondisimu! Yuk, simak ulasannya!

Anjing Untuk Meringankan Depresi

anjingIlustrasi anjing/ Foto: freepik.com/fanjinhua

Selain menghibur hati, ternyata memelihara anjing juga bisa meredakan depresi, lho. Dilansir dari laman Men’s Health, psikiater New York Dr. Judith Joseph mengatakan bahwa anjing memiliki kemampuan untuk memahami pemiliknya dengan baik.

Merasa didengar dan memiliki orang untuk berinteraksi serta menghabiskan waktu bersama adalah hal-hal yang dapat meredakan seseorang dengan depresi. Loyalitasnya kepada sang pemilik membuatnya sering dijuluki sebagai teman sejati.

Burung untuk Menenangkan Pasien OCD 

Ilustrasi Burung/Foto: Canva/Artfully79
Ilustrasi Burung/Foto: Canva/Artfully79

Memelihara burung juga merupakan hal lazim di Indonesia. Beberapa orang menjadikannya sebagai hobi bahkan tak jarang terdapat acara-acara khusus pameran burung.

Ternyata, selain bulunya yang penuh estetika dan suaranya yang merdu, keberadaan burung juga bermanfaat bagi kestabilan mental, lho. Dr. Judith Joseph mengatakan bahwa memelihara burung bisa menenangkan orang dengan gangguan mental, khususnya pasien Obsessive Compulsive Disorder (OCD). Karena burung betah untuk bertahan di sangkar mereka, jarang mengotori rumah, dan juga menyediakan musik yang menenangkan dari nyanyian mereka.

Kucing untuk Menenangkan Anak Autisme

Ilustrasi Kucing/Foto: Canva/dimaberlinphotos
Ilustrasi Kucing/Foto: Canva/dimaberlinphotos

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling umum dipelihara. Seperti anjing, ia seringkali tidak membutuhkan kandang karena lebih suka berbaur dengan manusia.

Ternyata, ilmuwan asal University of Missouri bernama Gretchen Carlisle menemukan bahwa memelihara kucing mampu membantu kestabilan emosi anak dengan kondisi autisme. Dilansir dari laman Futurity.org, kucing disinyalir dapat meredakan kecemasan anak autis dan membantu mereka mengembangkan empati pada sesama makhluk hidup.

Kuda untuk Meringankan Pasien Trauma 

Ilustrasi Kuda/Foto: Canva/Kzenon
Ilustrasi Kuda/Foto: Canva/Kzenon

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Clinical Psychiatry menunjukkan bahwa memelihara kuda adalah metode yang efektif untuk membantu pemulihan orang yang mengalami post traumatic stress disorder (PTSD). Dilansir dari laman Columbia Psychiatry, Drs. Yuval Neria dan Prudence Fisher yang terlibat dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa interaksi antara kuda dan manusia melibatkan pembentukan kepercayaan dan rasa aman. Ikatan yang terjadi antara keduanya dapat meredakan rasa takut dan meningkatkan kepercayaan diri.

Ikan untuk Mengurangi Kecemasan

Ilustrasi Ikan/Foto: Canva/ Lisa5201
Ilustrasi Ikan/Foto: Canva/ Lisa5201

Meski tidak memiliki bulu hangat seperti anjing dan kucing untuk merelaksasi diri lewat sentuhan, ternyata memelihara ikan juga bisa meredakan kecemasan, lho, Beauties!

Dilansir dari laman ESA Doctors, hanya dengan melihat ikan dan ekosistem buatan di aquarium, seseorang bisa merasa lebih tenang. BBC juga melaporkan bahwa melihat ikan berenang selama 10 menit, tekanan darah seseorang akan menurun dan detak jantung akan kembali stabil.

Ular untuk Menenangkan Pasien Gangguan Bipolar 

Ilustrasi Ular/Foto: Canva/urbazon
Ilustrasi Ular/Foto: Canva/urbazon

Ular dikategorikan sebagai salah satu hewan yang berbahaya dan bisa mematikan. Namun, memelihara ular ternyata bisa menenangkan pasien dengan gangguan bipolar.

Dilansir dari laman Daily Mail, seorang ahli yang mengelola Critter Assisted Therapy in Worcestershire mengatakan bahwa orang-orang dengan gangguan bipolar biasanya tertarik pada ular. Ritme pergerakan ular saat menjalari lengan pasien dapat membuat suasana hati mereka menjadi lebih stabil.

Itu dia 6 hewan peliharaan yang bisa membantu memulihkan gangguan mental dengan lebih efektif. Jadi, hewan mana yang ingin kamu pelihara, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id