sign up SIGN UP

Dijamin Nagih! Ini Resep Cirambay, Jajanan Aci Pedas-Gurih yang Viral di TikTok

Rini Apriliani | Beautynesia
Rabu, 01 Dec 2021 17:30 WIB
Dijamin Nagih! Ini Resep Cirambay, Jajanan Aci Pedas-Gurih yang Viral di TikTok
caption
Jakarta -

Aci atau tepung tapioka merupakan bahan makanan yang mudah sekali dikreasiakan. Umumnya, kita dapat dengan mudah menemukan olahan aci diberbagai camilan atau jajanan rumahan. 

Seperti belakangan ini di TikTok mendadak viral jajanan Jawa Barat bernama Cirambay atau aci rambay. Bentuknya seperti mie memanjang, namun terbuat dari aci yang ditambah dengan rasa pedas dari cabai yang digunakan. 

Resep Cirambay Pedas-Gurih Viral ala Jerry Andrean MCI 7

Walau banyak yang menjual, bukankah akan lebih seru untuk membuatnya sendiri di rumah, Beauties? Yuk, ikuti resep Cirambay pedas-gurih dan pastinya enak ala Jerry Andrean, Master Chef Indonesia Season 7. Simak selengkapnya di sini ya!

Bahan-bahan:

Resep Cirambay ViralResep Cirambay Viral/ Foto: TikTok.com/jerryandrean96

  • 10 sdm aci (tepung tapioka)
  • 1 sdm terigu
  • garam secukupnya
  • 200 ml air panas

Bahan Bumbu Cirambay:

Resep Cirambay ViralResep Cirambay Viral/ Foto: TikTok.com/jerryandrean96

  • 3 siung bawang putih
  • bubuk cabai sesuai selera
  • bumbu penyedap
  • daun jeruk
  • jeruk nipis (opsional)

Cara membuat:

Resep Cirambay ViralResep Cirambay Viral/ Foto: TikTok.com/jerryandrean96

1. Untuk membuat adonan Cirambay, campurkan aci dan tepung terigu yang telah disiapkan, lalu beri tambahan garam secukupnya.

2. Setelahnya, beri 200 ml air panas dan uleni sampai kalis.

3. Setelah adonan kalis, selanjutnya digiling sampai tipis. Pada tahap ini, kamu bisa menggilingnya secara manual dengan bantuan rolling pin atau menggunakan mesin penggiling adonan.

4. Gulung dan potong-potong hingga berbentuk mie panjang. Supaya tidak lengket atau saling menempel, kamu bisa menambahkan tepung pada mie aci tersebut.

5. Kemudian goreng sebentar dalam hitungan detik saja. Cara ini supaya mie aci tersebut tidak berakhir garing dan tetap dalam kondisi kenyal ya, Beauties. Jika tidak mau digoreng, bisa juga untuk direbus di air panas. Setelahnya, sisihkan sebentar untuk membuat bumbu pedas-gurihnya.

Resep Cirambay ViralResep Cirambay Viral/ Foto: TikTok.com/jerryandrean96

6. Untuk bumbu Cirambay, cincang halus bawang putih dan daun jeruk yang telah disiapkan. Tidak lupa untuk membuang tangkai daun jeruk jika ingin digunakan ya.

7. Panaskan minyak, lalu tumis bawang putih dan daun jeruk sampai harum. Untuk memberi rasa pedas, jangan lupa menambahkan bubuk cabai sesuai selera.

8. Lalu kembali masukkan garam, penyedap rasa, dan air sedikit saja. 

9. Setelahnya angkat, dan campurkan dengan mie aci yang tadi telah siap. Untuk memberi tambahan rasa segar, kamu bisa menambahkan jeruk nipis. 

10. Cirambay dengan cita rasa pedas-gurih pun siap dinikmati.

Beauties, itu dia resep membuat Cirambay Garut viral di TikTok. Bagaimana, mudah bukan resep ala Jerry Andrean MCI 7 ini? Jangan lupa untuk dicoba ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id