sign up SIGN UP

Divaksin Covid-19 Terbukti Nggak Cuma Baik buat Fisik, Tapi Juga Kesehatan Mental! Kok Bisa?

Fina Prichilia | Selasa, 05 Oct 2021 22:30 WIB
Divaksin Covid-19 Terbukti Nggak Cuma Baik buat Fisik, Tapi Juga Kesehatan Mental! Kok Bisa?
caption
Jakarta -

Beauties, kalau kamu belum juga divaksin, maka kamu mesti mendaftarkan diri kamu segera, ya! Sejumlah manfaat baik tentunya akan didapat, seperti akan terhindar dari gejala covid-19 yang berat hingga menekan angka kematian, semisal kamu terinfeksi penyakit ini.

Tapi tahukah kamu, bahwa manfaat divaksin itu sendiri, rupanya nggak cuma baik buat fisik, tapi juga mental kamu?

Seperti yang kita ketahui, pandemi covid-19 ini membuat kita rentan stres, cemas akan kesehatan kita dan keluarga, juga pikiran tentang nasib kita seperti apa ke depannya di tengah kondisi yang serba nggak pasti.

Vaksin Covid-19 Juga Bisa Berdampak Baik pada Kesehatan Mental

Tips membuang masker sekali pakai/Foto: pexels.com/Polina TankilevitchIlustrasi perempuan yang sudah divaksin. /Foto: pexels.com/Polina Tankilevitch

Menurut penelitian yang dimuat di PLOS One pada 8 September 2021, bertajuk 'COVID-19 vaccines and mental distress', para peneliti dari University of Southern California, AS, meneliti manfaatnya pada aspek psikologis, dengan melibatkan 8.003 partisipan berusia 18 tahun ke atas, yang berlangsung selama satu tahun dari Maret 2020 hingga Maret 2021.

Para peneliti meninjau mereka yang sudah menerima dosis pertama mulai Desember 2020 sampai Maret 2021. Kemudian menilai respon para partisipan dan membandingkan dengan kesehatan mental mereka yang belum divaksin.

Program vaksinasi COVID-19 massal terus digencarkan di Yogyakarta. Vaksinasi COVID-19 itu kali ini sasar kelompok rentan mulai transgender hingga lansia.Program vaksinasi COVID-19 massal terus digencarkan di Yogyakarta. Vaksinasi COVID-19 itu kali ini sasar kelompok rentan mulai transgender hingga lansia./ Foto: Pius Erlangga/Detikcom

Dalam penelitian tersebut, didapati bahwa orang yang sudah divaksin, mengalami peningkatan yang signifikan terhadap kesehatan mentalnya. Tanda-tanda kondisi mental yang kurang baik sepertiĀ depresi ringan sampai berat, tidak ditunjukkan oleh orang-orang yang sudah divaksin, Beauties.

Menurut peneliti, ini bisa terjadi karena efek positif jangka pendek vaksinasi dosis pertama. Selain itu juga, mereka merasa nggak khawatir lagi kehilangan orang-orang tercinta karena virus ini.

Mengutip dari Huffington Post, hal ini juga bisa terjadi, kemungkinan karena mereka tidak begituĀ cemas lagi untuk terinfeksi covid-19. Selain itu pula, mereka juga jadi lebih aktif secara sosial juga percaya diri dalam mencari peluang kerja baru.

Bagaimana denganmu, Beauties? Apakah kamu juga mengalami hal yang sama? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, baik secara fisik maupun mental, ya.

-----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id