sign up SIGN UP

Gak Boleh Sembarangan, Ini 7 Simbol Obat yang Perlu Kamu Ketahui

Siti Mukaromah | Beautynesia
Jumat, 25 Jun 2021 22:30 WIB
Gak Boleh Sembarangan, Ini 7 Simbol Obat yang Perlu Kamu Ketahui
caption

Mendapatkan obat-obatan untuk meredakan penyakit, bisa dibilang tidaklah sulit. Saat ini tersedia aneka obat untuk berbagai penyakit di apotek, maupun yang dijual online.

Meski begitu, kamu tidak bisa sembarang mengkonsumsinya ya, Ladies! Memang, ada jenis obat yang bebas dijual di pasaran dan bisa dibeli tanpa resep dokter. Hanya saja penggunaannya harus dalam porsi yang wajar, ya.

Selain itu, kamu juga harus mengerti simbol-simbol golongan tertentu yang terdapat pada kemasan obat. Berikut Beautynesia jabarkan untukmu.

Obat Bebas

simbol obat, simbol pada kemasan obat
Gambar dari simbol obat bebas/instagram.com/infopintar.id

Simbol obat bebas ini biasanya ditandai dengan gambar lingkaran hijau dengan garis luar hitam. Jika kamu menemui simbol ini pada kemasan obat yang kamu beli, berarti obat ini bisa kamu dapatkan tanpa adanya resep dari dokter. Sehingga obat dengan label tanda ini sering kali dijual bebas di pasaran. Contohnya, seperti paracetamol, betadine, vitamin dan lain sebagainya.

Obat Keras

simbol obat, simbol pada kemasan obat
Simbol pada kemasan obat/instagram.com/infopintar.id

Obat keras biasanya dilambangkan dengan huruf K berwarna hitam di tengah lingkaran merah, dengan garis luar yang juga berwarna hitam. Arti dari simbol ini adalah himbauan untuk tidak menggunakan obat ini tanpa resep dokter. Hal ini dikarenakan termasuk dalam obat yang beresiko merusak sistem tubuh, jika tidak dikonsumsi sesuai dengan anjuran dokter.

Obat Narkotika

simbol obat, simbol pada kemasan obat
Simbol obat narkotika/instagram.com/infopintar.id

Dilambangkan dengan Lingkaran putih dengan garis luar berwarna merah, ditambah gambar yang mirip simbol plus (+), di tengah lingkaran yang berwarna merah. Simbol ini menandakan jika obat yang berada di dalam kemasan harus dikonsumsi sesuai dengan resep dokter, karena memiliki efek ketergantungan. Oleh sebab itu penggunaannya harus diawasi dengan ketat agar tidak terjadi penyalahgunaan narkotika.

Obat Jamu

simbol obat, simbol pada kemasan obat
Simbol pada kemasan jamu/instagram.com/infopintar.id

Kalau kamu termasuk dalam pecinta jamu, kamu pasti tidak asing dengan logo pohon hijau, dengan di tengah lingkaran putih dan garis luar berwarna hijau. Simbol ini mengartikan obat yang berada di dalam kemasan terdiri dari beberapa tanaman jamu. Namun sebenarnya belum ada penelitian secara ilmiah terkait jamu untuk menyembuhkan penyakit. Jadi, perihal tersebut atau hasil yang disampaikan biasanya berupa pengalaman pribadi para pengguna, bukan bukti empiris dari sebuah penelitian.

Obat Herbal Berstandar

simbol obat, simbol pada kemasan obat
Simbol obat berstandar/instagram.com/infopintar.id

Jika kamu menemui obat dengan simbol ini artinya obat ini sudah diteliti secara pre-klinik, serta dibuat dengan keterampilan dan teknologi yang tinggi, sehingga obat ini umumnya memiliki bukti secara ilmiah.

Obat ini disimbolkan dengan lingkaran kuning dengan garis luar hijau dan terdapat simbol 3 bintang (*) di dalamnya.

Obat Bebas Terbatas

simbol obat, simbol pada kemasan obat
Obat bebas terbatas/instagram.com/infopintar.id

Obat ini dinamakan bebas terbatas karena dijual secara bebas di apotek-apotek, namun tetap harus digunakan sesuai dosis atau aturan yang tertera pada keterangan, maupun resep dokter. Sehingga kamu harus cermat dan teliti ketika menggunakan obat ini ya, Ladies. Simbolnya adalah lingkaran berwarna biru dengan garis luar hitam.

Obat Fitofarmaka

simbol obat, simbol pada kemasan obat
Simbol fitofarmaka/instagram.com/infopintar.id

Simbol dari obat fitofarmaka ini mirip seperti snow flake namun berwarna hijau, di tengah lingkaran kuning dengan garis luar berwarna hijau. Simbol ini menjelaskan bahwa obat yang diolah telah diproses dengan terstandar dan teruji secara klinik pada manusia, dengan menggunakan kriteria ilmiah. Pelaksanaannya dilakukan secara kompeten menggunakan prinsip etika, dan tempat pengolahan obat fitoformaka telah memenuhi syarat yang berlaku.

Arti dari setiap simbol yang berbeda-beda itu menandakan bahwa setiap obat memiliki golongannya masing-masing. Namun, sayangnya simbol ini sering kali dilupakan atau sengaja diabaikan oleh para konsumen. Pastikan kamu selalu memeriksa simbol yang berada di kemasan obatmu ya, Ladies!

 


Our Sister Site

mommyasia.id