sign up SIGN UP

Harga Murah Rasa Mewah, 4 Menu Sarapan Enak di Jogja Ini Harus Kamu Coba Saat Liburan

Zeyra Haya | Minggu, 14 Nov 2021 06:15 WIB
Harga Murah Rasa Mewah, 4 Menu Sarapan Enak di Jogja Ini Harus Kamu Coba Saat Liburan
caption

Jogja adalah kota yang dikenal sebagai kota penuh sejarah. Liburan ke Jogja identik dengan mengunjungi tempat wisata bersejarah seperti candi dan keraton.

Saat liburan bersama keluarga, nggak boleh ketinggalan untuk cicipi kuliner daerahnya. Kuliner khas Jogja seperti Bakpia Pathok dan Gudeg tentu sudah tidak asing bagi para traveller. Lantas apa saja menu sarapan yang recommended buat kamu yang lagi liburan ke Jogja?

4 Menu Sarapan Khas Jogja Ini Wajib Dicoba Saat Kamu Berlibur

Yogyakarta terkenal dengan kulinernya yang khas dan murah meriah. Saat liburan di Jogja, sebelum jalan-jalan ada baiknya kamu sarapan dulu deh. Beauties, berikut adalah menu sarapan tradisional khas Jogja yang wajib kamu coba.

1. Gudeg Yu Djum

Menu sarapan khas Jogja - Gudeg Yu Djum/Foto: travel.detik.com
(Menu sarapan khas Jogja - Gudeg Yu Djum/Foto: travel.detik.com)

Siapa yang tak kenal Gudeg? Menu makanan khas daerah istimewa Yogyakarta ini wajib kamu cicipi selama kamu liburan. Bagi kamu pecinta makanan manis dan gurih, sarapan tradisional ala Jogja pertama yang harus kamu coba adalah Gudeg Yu Djum. Gudeg legendaris yang satu ini merupakan warung Gudeg tertua yang telah berdiri sejak tahun 1942.

Satu porsi Gudeg Yu Djum hanya dibanderol seharga Rp9 ribu saja, untuk tambahan lauk seperti telur atau ayam suwir, kamu cukup merogoh kocek Rp13 ribu - Rp20 ribu/porsi. Kedai Gudeg Yu Djum dapat kamu temui di Karangasem, Mbarek CT III/22, Jl. Kaliurang Km. 4,5

2. Soto Bathok Mbah Karto

Menu sarapan khas Jogja - Soto Bathok Mbah Karto/Foto: detik.com
(Menu sarapan khas Jogja - Soto Bathok Mbah Karto/Foto: detik.com)

Jika kamu ingin menu sarapan yang berkuah, soto bathok Mbah Karto cocok jadi menu pilihanmu. Menu sarapan di Jogja yang satu ini bercita rasa segar dan gurih, dilengkapi dengan ciri khasnya yang unik yakni disajikan didalam bathok atau kulit kelapa.

Sangat cocok bagi kamu yang sedang Backpacker-an, soto yang satu ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Yakni Rp5 ribu per porsi. Sementara tambahan lauknya seperti sate dan gorengan hanya dibanderol seharga Rp1 ribu hingga Rp2 ribu. Soto bathok Mbah Karto terletak di Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

3. Pecel Pincuk Gumilang

Menu sarapan khas Jogja - Pecel Pincuk Gumilang/Foto: food.detik.com
(Menu sarapan khas Jogja - Pecel Pincuk Gumilang/Foto: food.detik.com)

Seperti Gudeg, Pecel merupakan makanan khas Jogja yang tak kalah legendaris. Makanan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai sarapan sayur di pagi hari. Dalam satu piring nasi pecel, kamu akan mendapatkan gizi lengkap dari sayuran, siraman sambal kacang, dan nasi.

Menu yang satu ini juga terkenal memiliki harga yang murah. Satu porsi pecel pincuk lengkap hanya dibanderol dengan harga Rp10 ribu. Untuk menikmati kuliner yang satu ini, kamu dapat mendatangi Jl. Laksda Adisucipto No. 32, Kelurahan Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

4. Gudeg Mercon Bu Tinah

Menu sarapan khas Jogja - Gudeg Mercon Bu Tinah/Foto: food.detik.com
(Menu sarapan khas Jogja - Gudeg Mercon Bu Tinah/Foto: food.detik.com)

Sama seperti Gudeg Yu Djum, Gudeg Bu Tinah juga tak kalah legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1992. Bedanya, Gudeg yang satu ini memiliki keunikan yakni cita rasa pedasnya. Dengan memilih menu sarapan ini, kamu bisa menikmati nasi gudeg beserta olahan ayam, ceker, telur dan gorengan dengan sensasi makan tradisional di atas daun pisang.

Gudeg Mercon Bu Tinah berada di Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kamu dapat menikmati satu porsi Gudeg mercon Bu Tinah seharga Rp10 ribu sampai Rp20 ribu saja.

Beauties, itulah beberapa menu sarapan tradisional yang wajib kamu coba selama kamu liburan di Jogja. Tertarik untuk segera mencobanya?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id