sign up SIGN UP

Hati-hati, 3 Posisi Tidur Ini Bisa Picu Kerutan Pada Wajah! Beauties Sudah Tahu?

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Minggu, 22 May 2022 22:00 WIB
Hati-hati, 3 Posisi Tidur Ini Bisa Picu Kerutan Pada Wajah! Beauties Sudah Tahu?
caption

Tidur merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan sehari-hari untuk memulihkan kembali energi setelah seharian beraktivitas. Untuk sebagian orang, tidur bukan hanya sebagai rutinitas harian semata, namun juga dijadikan sebagai salah satu metode perawatan untuk wajah.

Oleh karena itulah, penting untuk memperhatikan posisi saat tidur karena tidak semua posisi tidur yang kamu anggap nyaman itu baik dan sehat lho, Beauties. Ada beberapa posisi tidur yang mungkin selama ini kamu lakukan, namun tanpa kamu sadari posisi tidur tersebut malah bisa memicu kerutan pada wajah.

Wah, kira-kira posisi tidur seperti apa saja ya yang bisa memicu kerutan pada wajah? Penasaran, Beauties? Berikut 3 posisi tidur yang bisa picu kerutan pada wajah. Yuk, simak penjelasannya!

Tidur Menyamping

Ilustrasi posisi tidur menyamping
Ilustrasi posisi tidur menyamping/Foto: Freepik/Drobotdean

Nah, siapa, nih, yang suka tidur menyamping? Tidur dengan posisi menyamping menjadi salah satu posisi tidur yang dianggap nyaman. Tapi, tahukah kamu, Beauties? Ternyata posisi tidur ini tidak baik dilakukan lho karena bisa memicu kerutan pada wajah.

Melansir dari Wolipop, tidur dengan posisi menyamping dapat menimbulkan kerutan vertikal di bagian pipi serta dagu. Terkadang posisi ini juga dapat memperparah garis halus di area dahi serta sekitar mulut.

Tidak hanya kerutan, sebagaimana yang dilansir dari Glamour, seorang dokter kulit bersertifikat Dhaval Bhanusali, MD yang berbasis di New York City juga menjelaskan bahwa tidur dengan posisi menyamping atau miring dapat berdampak pada perubahan kulit terkait usia lainnya, seperti kehilangan volume yang lebih banyak pada sisi tempatmu tidur.

Tidur Tengkurap

Ilustrasi posisi tidur tengkurap
Ilustrasi posisi tidur tengkurap/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Siapa sih yang tidak suka dengan posisi tidur satu ini? Menjadi posisi tidur favorit untuk sebagian orang, ternyata posisi tidur tengkurap juga bisa memicu kerutan pada wajah, lho, Beauties. Pernyataan soal tidur tengkurap yang tidak baik untuk wajah ini telah dijelaskan oleh seorang dokter kulit bersertifikat yang berbasis di Connecticut, Deanne Mraz Robinson, MD.

Sebagaimana yang dilansir dari Glamour, dokter Deanne menjelaskan bahwa posisi tidur tengkurap dapat mempercepat dan memperparah kerutan di dada, leher, dan wajah. Selain itu, posisi yang terus-menerus melipat atau meregangkan kulit akan membuat kulit kendur seiring berjalannya waktu.

Menempelkan Wajah ke Bantal

Ilustrasi posisi tidur menempelkan wajah ke bantal
Ilustrasi posisi tidur menempelkan wajah ke bantal/Foto: Pexels/Ketut Subiyanto

Beristirahat dengan bantal yang empuk dan nyaman memanglah menjadi impian semua orang. Tetapi, kamu juga harus memperhatikan posisi tidurmu, Beauties. Mungkin sebagian orang tidak akan memikirkan hal ini karena sudah terlalu lelah dan berakhir dengan posisi tidur menempelkan wajah ke bantal.

Posisi tidur seperti ini patut kamu waspadai karena posisi tidur menempelkan wajah ke bantal termasuk ke dalam posisi yang dapat memicu kerutan pada wajah. Seiring bertambahnya usia, kerutan garis halus pada wajah akan semakin terlihat dan juga akan semakin sulit untuk diobati.

Solusi Tidur yang Baik

Ilustrasi posisi tidur telentang
Ilustrasi posisi tidur telentang/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Menurut seorang dokter kulit, sebagaimana yang dilansir dari Glamour, Dr. Maiman mengatakan, “Sejauh ini cara yang paling ramah kulit untuk menghadapi persoalan tidur adalah dengan tidur telentang dengan kepala menghadap ke luar dan ke tengah. Tidur dengan posisi tersebut dapat mengurangi risiko mengembangkan masalah kulit terkait tidur ke tingkat terbesar."

Pernyataan yang sama juga disetujui oleh Dr. Robinson. Ia merekomendasikan untuk berbaring telentang. “Mengangkat terlalu tinggi dapat menyebabkan dagumu turun dan leher juga dapat mengerut, sementara terlalu datar dapat menyebabkan bangun dengan mata bengkak dari akumulasi cairan dan getah bening di tubuh bagian atas."

Nah, gimana, Beauties? Dari ketiga posisi tidur di atas adakah yang menjadi posisi favoritmu? Jika ada, mulai dari sekarang harus dihindari ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id