sign up SIGN UP

Masih Muda tapi Kulit Keriput? 5 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Penyebabnya!

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Selasa, 17 May 2022 15:00 WIB
Masih Muda tapi Kulit Keriput? 5 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Penyebabnya!
caption
Jakarta -

Beauties terkadang tanpa disadari kita sering melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak kulit dan membuat kulit terlihat tua sebelum waktunya. Diantaranya para generasi muda sekarang sering sekali begadang tanpa memiliki alasan yang jelas.

Padahal kurang waktu tidur dapat membuat kulit kamu terlihat tua sebelum waktunya lho! Lalu kebiasaan apalagi yang dapat membuat kamu cepat terlihat keriput di usia muda?

Nah, dilansir dari Wolipop, ini dia deretan kebiasaan buruk penyebab keriput yang harus kamu hindari. Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Kurang Waktu Tidur

Berat badan ideal dengan tidur yang cukupKurang Waktu Tidur/Foto: Freepik.com/ jcomp

Kebiasaan buruk penyebab keriput yang pertama yaitu kurang tidur. Kurang tidur dapat membuat wajah kamu berkerut dan membuat kamu terlihat lebih tua.

Selain itu, adanya kantong di bawah mata membuat wajah terlihat gelap. Saat kamu begadang, proses regenerasi kulit pada malam hari akan menjadi kurang optimal dan kerutan akan lebih cepat terjadi.

2. Menggunakan Makeup Berlebihan

Penggunaan makeup yang tidak cocok dan berlebihan bisa memunculkan komedo.Menggunakan Makeup Berlebihan/Foto: Pexels.com/MART PRODUCTION

Kebiasaan buruk penyebab keriput berikutnya adalah menggunakan makeup berlebihan. Penggunaan makeup yang berlebihan dapat membuat kulit keriput dan menjadi tua.

Terlebih kosmetik yang berminyak cenderung menyumbat pori-pori kulit dan menjadi penyebab jerawat. Selain itu, alkohol dan produk perawatan kulit yang wangi harus dihindari karena dapat mengelupas permukaan minyak alami yang membantu menjaga kelembapan kulit. Kebiasaan ini menyebabkan garis kerutan muncul lebih awal.

3. Tidak Menggunakan Sunscreen

Ilustrasi menggunakan sunscreen/Foto: Freepik.com/gpointstudioTidak Menggunakan Sunscreen/Foto: Freepik.com/gpointstudio/ Foto: Putri Aulika

Sunscreen tidak hanya melindungi kulit kamu dari sinar matahari, tapi juga mencegah penuaan dini pada kulit. Tabir surya yang baik harus mampu melindungi kulit kamu dari UVA dan sinar UV.

Kamu harus memilih tabir surya dengan label "spektrum luas" karena dapat memblokir sinar UVA dan UVB. Serta pilih sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Gunakan sunscreen setiap dua jam, bahkan sekalipun jika kamu berada di dalam ruangan.

4. Menggunakan Scrub Pembersih Wajah Berlebihan

Eksfoliasi fisik seperti scrub wajah bisa berisiko merusak kulitScrub Wajah Berlebihana/Foto: Freepik.com

Dikutip dari Wolipop, menggunakan scrub berlebih dapat membuat kulit kamu cepat terlihat tua. Menurut Mary P. Lupo, MD, seorang dermatolog asal New Orleans pembersih yang mengandung exfoliating akan menyebabkan iritasi.

Lupo menyarankan jika sebaiknya menggunakan sabun pembersih tanpa scrub. Jika kamu punya waktu, gunakan sedikit soda kue dan air hangat sebagai pencuci muka untuk mengangkat kulit mati.

5. Mandi Air Hangat

Ilustrasi Mandi menyiram dada terlebih dahulu.Mandi Air Hangat/ Foto: Pexels.com/ dids.

Kebiasaan mandi air hangat dapat merusak lapisan lemak yang melindungi sel kulit serta mengurangi kadar air. Lupo menjelaskan bahwa tubuh memulihkan lemak yang rusak setelah beberapa jam, tetapi selama lemak itu hilang, tubuh terus melepaskan air yang menyebabkan gejala kerutan.

Maka dari itu, Lupo menganjurkan agar kamu tidak mandi dari 10 menit saat ingin mandi dengan air hangat. Mandi dengan air hangat memang akan sangat membuat nyaman, tapi tidak baik jika dalam waktu lama.

Nah Beauties, itu dia deretan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kulit kamu keriput di usia muda. Yuk mulai sekarang hindari kebiasaan di atas agar kulit kamu tetap terjaga dan terlihat awet muda. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id