sign up SIGN UP

Hati-Hati! Hindari Makanan yang Menyebabkan Kulit Semakin Berminyak Ini

Astari Dewi Larasati | Beautynesia
Sabtu, 06 Mar 2021 15:45 WIB
Hati-Hati! Hindari Makanan yang Menyebabkan Kulit Semakin Berminyak Ini
caption
Jakarta -

Setiap makanan yang dikonsumsi pasti akan membuat dampak tersendiri pada tubuh. Mulai dari berat badan, kesehatan, suasana hati, hingga kulit. Tiap wanita juga mempunyai jenis kulit berbeda-beda, termasuk kulit berminyak. Jadi, kalian harus tetap berhati-hati ketika mengonsumsi makanan.

Perhatikan kandungan dan efek apa yang akan timbul jika dikonsumsi. Karena ada beberapa makanan tertentu yang bisa memicu produksi minyak berlebih. Hal ini memang bisa diminimalisir dengan memakai rangkaian skincare, tapi tidak ada salahnya berhati-hati.

Daging merah

Karena dapat mengandung lemak jenuh tinggi dan meningkatkan peradangan pada kulit.
Freepik.com

Yang dimaksud dari daging merah adalah sosis, daging sapi, domba, serta bacon. Karena dapat mengandung lemak jenuh tinggi dan meningkatkan peradangan pada kulit. Sehingga peradangan ini menyebabkan produksi minyak berlebih. Alihkan asupan daging merah ke daging ayam, bebek, atau ikan. Rasanya pun tidak kalah enak dengan daging merah.

Karbohidrat olahan

Makanan tinggi karbohidrat olahan adalah roti, pasta, dan nasi putih.
Freepik.com

Makanan tinggi karbohidrat olahan adalah roti, pasta, dan nasi putih. Lalu ditambah lagi pasta biasanya memakai topping meatballs dan daging cincang yang terbuat dari daging merah, hal ini akan semakin meningkatkan minyak wajah. Coba makanan lain, seperti gandum utuh hingga biji-bijian.

Selai kacang

Terbukti dapat menyebabkan peradangan dan jerawat di kulit.
Freepik.com

Camilan olesan yang lezat ini mengandung banyak lemak khususnya asam lemak omega 6. Kandungan ini terbukti dapat menyebabkan peradangan dan jerawat di kulit. Pilihlah kacang polong atau biji-bijian yang mengandung asam lemak omega 3 sehingga menenangkan peradangan.

Olahan gorengan

Semua jenis gorengan mengandung lemak jenuh sehingga bisa memperparah kulit berminyak.
Freepik.com

Semua jenis gorengan mengandung lemak jenuh sehingga bisa memperparah kulit berminyak. Gunakan minyak lain yang bisa dipilih, seperti minyak zaitun. Kandungan lemak tidak terlalu tinggi tapi tetap mempertahankan tekstur renyah pada makanan.

Garam

Meningkatkan kadar minyak saat kulit mencoba melawan dehidrasi yang disebabkan oleh garam.
Freepik.com

Mengonsumsi garam berlebih dapat menyebabkan dehidrasi, retensi air, pembengkakan, dan kantung mata. Selain itu, meningkatkan kadar minyak saat kulit mencoba melawan dehidrasi yang disebabkan oleh garam. Cobalah untuk tidak memakai garam terlalu banyak ketika memasak atau mencari alternatif lain seperti garam Himalaya.

Gula

Makanan tinggi gula bisa meningkatkan produksi minyak berlebih.
Freepik.com

Makanan tinggi gula bisa meningkatkan produksi minyak berlebih. Coba ganti cemilan dengan buah manis atau kue gandum.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id