sign up SIGN UP

Hindari Makan Gorengan, Ini 6 Rekomendasi Kue Basah yang Cocok untuk Takjil Buka Puasa

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Jumat, 29 Apr 2022 09:30 WIB
Hindari Makan Gorengan, Ini 6 Rekomendasi Kue Basah yang Cocok untuk Takjil Buka Puasa
caption

Saat momen buka puasa, salah satu takjil yang populer adalah gorengan. Selain lebih praktis, hidangan ini juga sangat nikmat dengan es buah atau minuman manis. Meski demikian, tahukah kamu bahwa makan gorengan saat buka puasa bisa meningkatkan risiko obesitas dan gangguan kesehatan lainnya?

Menurut Medical News Today, terlalu banyak makan gorengan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe-2. Makanan ini mengandung lemak trans yang sulit dicerna oleh lambung sehingga konsumsi berlebihan saat buka puasa akan memicu gangguan pencernaan.

Nah, daripada ambil risiko, kenapa tak menjadikan kue basah sebagai menu takjil, Beauties? Selain lebih sehat, hidangan ini juga tak kalah nikmat dan menggoda selera! Berikut beberapa rekomendasi kue basah untuk menu takjil yang bisa kamu coba!

Putu Mayang

Putu Mayang/Foto: Instagram.com/dapoer_ernaaya
Putu Mayang/Foto: Instagram.com/dapoer_ernaaya

Hidangan khas Betawi ini memang unik karena memiliki bentuk seperti gulungan mie warna-warni. Putu Mayang nikmat disantap langsung atau disajikan dengan kuah santan, kinca (saus gula merah), atau gula merah cair. Penampilan yang menarik serta rasa manis dan gurih akan menjadi takjil nikmat untuk lambung yang seharian kosong.

Dadar Gulung

Dadar Gulung/Foto: Instagram.com/lina_dharmaputra
Dadar Gulung/Foto: Instagram.com/lina_dharmaputra

Buka puasa memang sangat nikmat diawali dengan makanan manis. Karenanya, dadar gulung bisa menjadi pilihan yang cocok. Umumnya bagian kulitnya dibuat bervariasi dengan warna hijau pandan atau coklat. Tekstur luar yang lembut dan empuk berpadu sempurna dengan isian kelapa dan gula merah yang nikmat. Saking enaknya, makan satu dadar gulung sepertinya bakal kurang!

Puding

Pudding/Foto: Instagram.com/dapurpudingmanis
Pudding/Foto: Instagram.com/dapurpudingmanis

Puding adalah makanan yang kaya serat dan mudah dicerna oleh lambung. Rasa manisnya sangat memanjakan lidah sekaligus memberikan suntikan tenaga setelah seharian berpuasa. Ditambah lagi, ada banyak varian rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera. Agar lebih sehat, kamu bisa menambahkan buah-buahan segar saat menyantapnya.

Serabi

Serabi/Foto: Instagram.com/_melskitchen
Serabi/Foto: Instagram.com/_melskitchen

Serabi adalah hidangan yang berasal dari Solo, Jawa Tengah, namun juga bisa ditemukan di Jawa Barat, khususnya Bandung. Hidangan ini terbuat dari campuran tepung beras dan santan yang dimasak di atas bara api. Dulunya serabi hanya dihidangkan secara original, namun kini sudah banyak pengusaha kuliner yang memadukannya dengan berbagai rasa, mulai dari keju, cokelat, kacang, dan lain-lain.

Pukis

kue pukisIlustrasi kue pukis/Foto: dok. detikFood

Kue dengan bentuk setengah lingkaran ini bisa kita jumpai di mana-mana. Rasanya manis dengan aneka topping lezat, mulai dari keju, kacang, coklat, dan lain-lain. Saat dimasak, kue ini menghasilkan aroma harum yang akan membuat siapa saja tergoda. Walau nikmat disantap saat hangat, pukis juga tetap enak dalam kondisi dingin. Cocok sebagai hidangan untuk membatalkan puasa.

Klepon

Klepon/Foto: Instagram.com/nunung.nooraisyah
Klepon/Foto: Instagram.com/nunung.nooraisyah

Penggemar kue tradisional pastinya sangat akrab dengan bola-bola hijau berbungkus parutan kelapa ini. Klepon memberikan kejutan manis saat digigit karena mengandung gula kelapa cair yang langsung lumer di mulut. Rasa manisnya sangat nikmat untuk disantap setelah seharian berpuasa.

Nah, itulah beberapa rekomendasi kue basah yang bisa kamu jadikan takjil. Karena pada dasarnya puasa adalah untuk menyehatkan tubuh, maka imbangilah juga dengan hidangan yang menyehatkan. Semoga puasa kamu tetap lancar sampai akhir, ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id