sign up SIGN UP

Jadi Menu Favorit Haechan NCT, Intip Resep Kimchi Jjigae yang Halal dan Mudah Dibuat

Della Oktivia Armitha | Beautynesia
Senin, 01 Aug 2022 07:45 WIB
Jadi Menu Favorit Haechan NCT, Intip Resep Kimchi Jjigae yang Halal dan Mudah Dibuat
Kimchi jjigae makanan Korea kegemaran Haechan NCT/Foto: Sue/mykoreankitchen.com
Jakarta -

Kimchi jjigae adalah makanan Korea Selatan yang termasuk jenis makanan pokok. Biasanya masyarakat Korea menyantap makanan ini dengan nasi hangat.

Sebagai makanan pokok, kimchi jjigae menjadi makanan kegemaran bagi masyarakat Korea dari berbagai kalangan. Haechan NCT adalah salah satu idol K-Pop yang sangat menggemari masakan Korea yang satu ini.

Bahkan, ada kejadian yang tidak bisa dilupakan Haechan terkait kegemarannya terhadap kimchi jjigae. Dikutip dari Koreaboo, selama promosi ‘Kick It’ pada tahun 2020, Haechan menemukan restoran yang menjual menu kimchi jjigae.

Setiap Jum’at saat promosi di acara ‘Music Bank’ ia selalu memesan kimchi jjigae dari restoran tersebut, selama empat minggu berturut-turut.

Kimchi jjigae menjadi makanan kegemaran idol kpop, salah satunya Haechan NCT.
Haechan NCT idol kpop yang menyukai Kimchi Jjigae/Foto: instagram.com/haechanahceah

Hal serupa ia lakukan saat melakukan promosi ‘Ridin’ bersama NCT Dream di tahun yang sama. Namun, Renjun dan Jaemin yang merasa bosan dengan menu kegemaran Haechan itu, mengucapkan kalimat yang membuat Haechan sakit hati.

Meskipun sudah berlalu, Haechan mengaku tidak bisa melupakan kejadian itu, tetapi hal tersebut kini menjadi bahan candaan di antara anggota NCT Dream.

Kimchi jjigae merupakan makanan pokok yang disebut juga sebagai kimchi stew dan sup kimchi.
Kimchi jjigae disebut juga sebagai kimchi stew dan sup kimchi/Foto: Food Photographer/istockphoto.com

Kimchi jjigae sendiri dikenal juga dengan sebutan kimchi stew dan sup kimchi. Makanan ini menjadi cara yang umum dilakukan masyarakat korea untuk menyantap kimchi.

Dikutip dari mykoreankitchen.com, kimchi jjigae menjadi makanan pokok yang disantap setiap seminggu atau dua minggu sekali, bahkan bisa lebih dari itu. Umumnya, masyarakat korea menggunakan pork belly sebagai bahan utama makanan ini.

Namun, jangan khawatir Beauties, kamu tetap bisa menyantap kimchi jjigae halal dengan menggunakan daging lain. Daging sapi, ayam dan tuna kaleng, bisa menjadi pilihan bahan utama yang bisa kamu gunakan.

Tahu, pork belly, gochujang, soy sauce, serta gochugaru adalah bahan utama untuk kimchi jjigae tradisional khas Korea Selatan.
Bahan-bahan umum kimchi jjigae tradisional khas Korea/Foto: Nungning20/istockphoto.com

Bahan-bahan yang digunakan antara lain, 2 gelas kimchi yang dipotong-potong, 340 gr daging yang dipotong kecil-kecil, 1 sdm minyak wijen, bawang putih dan jahe cincang, potongan daun bawang, tahu blok yang diiris tebal, kecap asin, gochujang atau cabai pasta khas Korea, gochugaru atau cabai bubuk, 3 gelas air, serta garam dan lada secukupnya.

Sebelum mulai memasaknya, kamu bisa marinasi daging dengan garam dan lada selama 15 menit. Dikutip dari havehalalwilltravel.com, memasak kimchi jjigae yang halal bisa dimulai dengan memanaskan minyak.

Setelah itu, masukkan daging sapi yang sudah dimarinasi ke dalam minyak yang sudah panas di atas api sedang. Kemudian, masukkan kimchi dan tumis selama kurang lebih 5 menit.

Untuk memasak kimchi jjigae, gunakan api sedang hingga kecil.
Kimchi jjigae direbus diatas api kecil/Foto: Sue/mykoreankitchen.com

Lanjutkan dengan memasukkan semua bumbu, mulai dari bawang, gochujang, gochugaru, serta kecap asin, lalu aduk sampai semua bumbu tercampur rata. Masukkan air dan rebus kimchi jjigae selama 20 hingga 30 menit.

Namun, di 10 menit pertama jangan lupa masukkan potongan tahu. Kamu juga bisa menambahkan telur jika diinginkan. Setelah kimchi jjigae mendidih, masukkan potongan daun bawang. Matikan api dan sajikan kimchi jjigae dengan nasi hangat.

Bagaimana Beauties, apakah menu kimchi jjigaenya menggugah selera kamu? Tidak heran masakan ini menjadi kegemaran Haechan, ya, Beauties.  Kamu juga bisa memasaknya dengan pilihan daging sesuai seleramu.

Kimchi jjigae ini cocok sebagai menu santapan makan siang. Tertarik untuk mencobanya, Beauties?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id