sign up SIGN UP

Jadi Mudah Marah Saat Lapar? Kenali Istilah 'Hangry' dan Cara Mengatasinya

Salsabila Pratiwi | Beautynesia
Jumat, 22 Jul 2022 09:15 WIB
Jadi Mudah Marah Saat Lapar? Kenali Istilah 'Hangry' dan Cara Mengatasinya
caption

Beauties, pernahkah kamu memperhatikan ketika sedang merasa lapar, kamu cenderung sensitif dan mudah marah? Mungkin kamu juga sudah sangat familiar istilah 'galak saat lapar'.

Bukan tanpa alasan, rasa lapar dan marah adalah hal yang berkaitan. Bahkan banyak penelitian yang membahas tentang hangry, yaitu gabungan dari kata hungry (lapar) dan angry (marah). Simak penjelasannya di bawah ini yuk, Beauties!

Apa Itu Hangry?

Mudah Marah Saat Lapar? Kenali Istilah 'Hangry' Menurut Penelitian
Pengertian Hangry/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Dikutip dari Healthline, terdapat penelitian baru yang menemukan bahwa hangry adalah kombinasi lapar dan marah dan sebagai akibat dari kondisi mental. Dalam penelitian itu, para peneliti mengatakan temuan menunjukkan bahwa hangry adalah sesuatu yang nyata dan terdapat kaitan dengan perasaan lapar serta emosi yang negatif. 

Menurut Dr Timothy B, Sullivan, ketua ilmu psikiatri dan perilaku di Staten Island University Hospital, bagian Kesehatan Northwell di New York, menjelaskan yakni mudah untuk memahami bahwa keadaan lapar, atau kondisi kerentanan psikologis lainnya, dapat "menipu" pikiran seseorang untuk mengaitkan dengan suasana hati.

Ini bukan pertama kalinya para peneliti mengeksplorasi efek lapar berkaitan dengan psikologi. Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013 menganalisis perilaku orang lapar di 10 studi. Temuan menunjukkan bahwa orang yang lapar membuat lebih banyak kesalahan dalam mengerjakan tugas dan cenderung memiliki kontrol diri yang lebih rendah.

Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Lapar 

Ilustrasi merasa lapar/ Foto: Freepik.comIlustrasi merasa lapar/ Foto: Freepik.com

Dilansir dari media Health, ketika seseorang tidak makan, gula darah menjadi rendah. Ketika gula darah turun, hormon kortisol dan epinefrin dilepaskan dalam upaya untuk menaikkannya kembali normal. Tetapi hormon-hormon itu juga menyebabkan iritabilitas, yaitu respons seseorang terhadap hal-hal di sekitarnya yang menyebabkan gangguan atau menimbulkan rasa frustasi. Hal inilah yang menjadi akibat mengapa seseorang begitu pemarah ketika lapar. 

Hormon lain, yang disebut Neuropeptida Y, juga berperan dalam hangry. Neuropeptida Y membantu menciptakan perasaan lapar ketika tubuh  membutuhkan lebih banyak makanan. Sebuah studi dari Ohio State University pada pasangan menikah menemukan bahwa semakin rendah kadar gula darah partisipan, semakin marah dan agresif perasaan mereka terhadap pasangan mereka.

Cara Mengatasi Hangry

Mudah Marah Saat Lapar? Kenali Istilah 'Hangry' Menurut Penelitian
Mencegah Hangry/Foto: pexels.com/Flo Dahm

Hangry layaknya sistem alarm untuk tubuh. Jika seseorang cenderung mengalami hangry secara teratur, para ahli merekomendasikan untuk fokus pada makan tiga kali sehari yang sehat, bersama dengan camilan di antaranya. Konsumsi camilan yang sehat seperti sayuran, buah, dan yogurt. Jenis camilan tersebut akan menahan rasa lapar sampai waktu makan berikutnya. 

Jika masih terjebak pada hangry, cobalah untuk menghindari tugas yang membebani mental atau emosional sampai kamu memiliki kesempatan untuk makan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id