STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Banyak yang Salah Sangka, Mengurangi Kalori Bukan Jaminan Berhasil Menurunkan Berat Badan Lho!

Salsabila Pratiwi | Beautynesia
Sabtu, 16 Jul 2022 09:30 WIB
Banyak yang Salah Sangka, Mengurangi Kalori Bukan Jaminan Berhasil Menurunkan Berat Badan Lho!

Mengurangi kalori sering kali dikaitkan dengan keberhasilan dalam menurunkan berat badan. Namun, jika kamu menjadi salah satu yang percaya akan hal ini, penjelasan berikut mungkin akan mengubah perspektifmu tentang mengurangi kalori dalam menurunkan berat badan.

Nyatanya, menurunkan berat badan bukan hanya sekadar mengurangi kalori. Selain itu, menurunkan kebutuhan kalori yang ekstrem ternyata tidak efektif bahkan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Mengapa? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Mengurangi Kalori Dapat Meningkatkan Lemak Tubuh

Jangan Salah Sangka! Mengurangi Kalori Tidak Berarti Kamu akan Berhasil Menurunkan Berat Badan
Dampak Mengurangi Kalori/Foto: pexels.com/Shvets Production

Dilansir dari Reader’s Digest, menurut Michelle Adams Arent, Konsultan Nutrisi, mengurangi asupan makanan tidak efektif untuk menurunkan berat badan. Ketika kamu mulai mengurangi konsumsi kalori, tubuh akan masuk pada mode lapar. 

Di kondisi ini, tingkat metabolisme benar-benar akan menurun saat tubuh mencoba untuk mempertahankan sedikit nutrisi yang dimilikinya. Metabolisme yang lebih rendah berarti lebih sedikit kalori yang terbakar.

Terlebih lagi, penelitian bahkan menunjukkan membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan lemak tubuh. Tentu, hal ini bukan hasil yang diharapkan ketika kamu sedang diet.

Membatasi Kalori Memungkinkan Kamu Makan Lebih Banyak

Jangan Salah Sangka! Mengurangi Kalori Tidak Berarti Kamu akan Berhasil Menurunkan Berat Badan
Makan Berlebih/Foto: pexels.com/Adrienn

Mengurangi kalori dengan membatasi makanan tertentu juga dapat berdampak pada psikologis. Berdasarkan penelitian yang dikutip US News, reaksi diet ini dapat memicu makan yang berlebihan. Segera setelah seseorang mengatakan pada diri sendiri bahwa tidak boleh makan sesuatu, sebenarnya jadi lebih sulit untuk berhenti memikirkannya. 

Semakin mencoba untuk tidak makan makanan tertentu, semakin besar kemungkinan akan makan berlebihan begitu memiliki akses ke makanan tersebut, karena seseorang tidak tahu kapan akan bisa memakannya lagi. Siklus ini pun akan terus berlanjut.

Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan

Jangan Salah Sangka! Mengurangi Kalori Tidak Berarti Kamu akan Berhasil Menurunkan Berat Badan
Cara Efektif Menurunkan Berat Badan/Foto: pexels.com/Pixabay

Adapun cara terbaik untuk membakar lemak tubuh adalah kurangi konsumsi kalori hanya dalam jumlah kecil sehingga dapat menghindari respons panik dari tubuh. Pastikan makan makanan kecil sepanjang hari dan memasukkan satu porsi protein di setiap makanan.

Selanjutnya, jangan lewatkan sarapan karena dengan melakukannya akan membantu membakar lebih banyak kalori untuk sisa hari itu. Manfaat sarapan juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh hampir sepanjang hari.

Selain itu, olahraga yang konsisten sangatlah efektif untuk membuang lemak pada tubuh. Tidur yang cukup dan berkualitas juga dapat mempengaruhi berapa banyak kalori yang dibakar dalam periode 24 jam. Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE