sign up SIGN UP

Jangan Asal Makan, Ini 6 Tips Agar Asam Lambung Nggak Kambuh saat Lebaran

Riswinanti Permatasari | Beautynesia
Senin, 02 May 2022 09:30 WIB
Jangan Asal Makan, Ini 6 Tips Agar Asam Lambung Nggak Kambuh saat Lebaran
caption
Jakarta -

Setelah berpuasa selama sebulan penuh, saatnya umat Islam menyambut Idulfitri dan menikmati hari kemenangan. Lebaran pun bakal semakin meriah dengan berbagai hidangan lezat yang memanjakan lidah. Namun saking banyaknya makanan lezat, banyak orang yang lupa menjaga pola makan sehingga pada penderita asam lambung dapat berujung gangguan asam lambung.

Kalau sudah begini, momen Idulfitri pastinya tak lagi seru karena kamu harus berhadapan dengan rasa tidak nyaman sepanjang hari. Lalu bagaimana caranya bisa makan enak tanpa khawatir asam lambung naik? Dilansir dari detikHealth, ahli gizi dari Youvita, Puteri Aisyaffa mengungkapkan bahwa asam lambung saat Lebaran sebenarnya bisa dicegah dengan beberapa tips berikut ini!

Perhatikan Porsi Makanan

amalan perempuan haid saat ramadanPerhatikan porsi makan/Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Salah satu kebiasaan buruk yang sering muncul saat Lebaran adalah makan terlalu banyak. Hal ini wajib dihindari karena akan membuat lambung kaget, sehingga meninggalkan rasa begah dan tidak nyaman. Makanlah ketika lapar, dan berhentilah sebelum kenyang.

Hindari Makan Kue saat Perut Kosong

Memiliki kepribadian introvert, lima zodiak ini lebih suka buka puasa di rumah atau sendiri (bukber Ramadan/Foto: pexels.com/Mentatdgt)Ilustrasi lebaran/Foto: Pexels.com/Mentatdgt

Momen Lebaran memang identik dengan kue kering dan seolah memanggil untuk disantap. Meski demikian, hati-hati saat mengonsumsinya karena sebagian besar kue kering terbuat dari campuran mentega yang mengandung lemak jenuh, Beauties!

Jika dikonsumsi berlebihan, maka kandungan lemak akan mengganggu proses pencernaan makanan sehingga memicu asam lambung naik. Untuk mengantisipasi, sebaiknya kamu lebih dulu makan nasi atau hidangan lain yang mudah dicerna.

Kurangi Makanan Berlemak

Cara Mencegah Asam Lambung Naik/Foto: Pexels.com/Tirachard Kumtanom
Cara Mencegah Asam Lambung Naik/Foto: Pexels.com/Tirachard Kumtanom

Bukan hanya hanya kue kering, berbagai hidangan lezat juga menjadi teman menyenangkan saat berkumpul bersama keluarga. Salah satu yang paling sering ditemui adalah makanan berlemak, mulai dari gorengan, gulai, dan lain-lain.

Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi hidangan dengan kandungan lemak tinggi, lambung akan kesulitan mencerna sehingga menyebabkan gangguan pada organ tersebut. Selain itu, makanan berlemak juga berpotensi menyebabkan obesitas.

Jangan Terlalu Banyak Minum Manis

Cara Mencegah Asam Lambung Naik/Foto: Pixabay.com/PhotoMIX-Company
Cara Mencegah Asam Lambung Naik/Foto: Pixabay.com/PhotoMIX-Company

Saat Lebaran, ada berbagai jenis minuman manis yang tampak menggoda. Masalahnya, banyak orang yang kemudian kalap dan menenggak terlalu banyak sirup, teh manis, kopi, dan minuman bergula lainnya.

Sebenarnya minuman tersebut boleh saja dikonsumsi, namun harus dalam batas wajar. Jika berlebihan, kadar gula akan meningkat dan cenderung tidak stabil sehingga berimbas pada organ pencernaan.

Perhatikan Nutrisi Makanan

Cara Mencegah Asam Lambung Naik/Foto: Pexels.com/Daria Shevtsova
Cara Mencegah Asam Lambung Naik/Foto: Pexels.com/Daria Shevtsova

Lebaran mungkin identik dengan makanan enak, namun nutrisi tubuh juga tetap harus diperhatikan. Jangan lupa tetap mengonsumsi asupan yang mengandung vitamin, mineral, dan serat sehingga kinerja organ pencernaan tidak terlalu berat.

Banyak Minum Air Putih

Ilustrasi Meminum Air Putih/Foto: https://www.freepik.com/pressfotoIlustrasi minum air putih/Foto: Freepik.com/pressfoto

Selama Lebaran, kamu mungkin tidak bisa dengan mudah menghindari jamuan hidangan berlemak, kue kering, maupun minuman manis di rumah saudara atau teman. Jika hal ini terjadi, mau tak mau kamu harus melakukan detoksifikasi dengan cara minum banyak air. Konsumsi air mineral dengan jumlah yang cukup (1,5-2 liter sehari) akan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, termasuk tumpukan lemak jenuh yang mengendap di lambung.

Nah, itulah beberapa tips mencegah asam lambung naik selama Lebaran. Intinya, jangan kalap menyantap berbagai hidangan yang ada di depan mata. Walau bulan puasa sudah berlalu, gaya hidup tetap harus sehat dan terkontrol agar tidak muncul masalah kesehatan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id