sign up SIGN UP

Jangan Diabaikan, Ini 5 Jenis Makanan yang Bisa Bikin Kamu Sulit Tidur

Vany Nestia | Beautynesia
Senin, 09 Mar 2020 09:45 WIB
Jangan Diabaikan, Ini 5 Jenis Makanan yang Bisa Bikin Kamu Sulit Tidur
caption
Gangguan sulit tidur atau tidur tidak nyenyak biasanya disebabkan oleh apa yang kita konsumsi beberapa jam sebelum tidur malam. Oleh sebab itu, penting untuk memerhatikan segala jenis makanan yang kita konsumsi. Ketahui deretan makanan yang buat tidur tidak nyenyak berikut, yuk!

1. Makanan Manis


Foto: https://media.istockphoto.com

Makanan yang buat tidur tidak nyenyak yang pertama adalah segala olahan makanan yang manis. Hal ini karena makanan manis dapat meningkatkan hormon kompleks di otak yang berfungsi mengendalikan rasa lapar, yang jika bertemu dengan gula akan melepaskan hormon dopamin.

Hormon dopamin akan menimbulkan rasa senang dan ingin makan terus-menerus. Hal ini tentunya akan mengganggu waktu istirahatmu di malam hari, Ladies. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis juga bisa membuat berat badan naik secara drastis. 


2. Makanan Olahan Susu


Foto: https://www.health.harvard.edu

Mengonsumsi produk olahan susu seperti keju, butter, kue dengan bahan susu dan produk olahan susu lainnya juga akan akan membuat tidurmu tidak nyenyak. Susu mengandung lemak tinggi yang sulit dicerna, khususnya pada malam hari, sehingga membuat perut terasa mulas.

Sebaiknya hindari minum susu atau mengonsumsi produk olahan susu di malam hari agar waktu istirahat kamu tidak terganggu. Untuk makan malam, ada baiknya konsumsi buah segar seperti pepaya, apel, pear, atau jus sayur agar lebih sehat. 


3. Makanan Cepat Saji


Foto: https://s.hdnux.com

Mengandung lemak tinggi, pengawet dan rasa pedas, fast food merupakan jenis makanan yang bakal membuat kamu sulit tidur di malam hari. Mengonsumsi makanan cepat saji akan membuat kamu merasa sangat kenyang sehingga tidur juga tidak akan nyenyak karena perut terasa penuh dan susah bernapas lega.

Tak hanya itu, lemak dan kolesterol jahat dari makanan cepat saji juga dapat mengikat organ dalam tubuh yang mengundang insomnia. Meskipun tampilan dan rasanya menggiurkan, ada baiknya kamu hindari mengonsumsi makanan cepat saji di malam hari, ya.


4. Makanan Bergas


Foto: https://www.thespruceeats.com

Jika kamu ingin hidup sehat dan tidur nyenyak di malam hari, mulai sekarang berhenti mengonsumsi makanan bergas sebelum tidur, Ladies. Beberapa jenis makanan yang bergas di antaranya adalah kacang polong, bunga kol, brokoli dan taoge bisa menimbulkan rasa kembung dan membuat perut tidak nyaman sepanjang malam.

Makanan bergas lainnya yang harus kamu hindari adalah olahan dari tepung seperti roti, sereal dan pasta. Sebaiknya gantilah makan malah dengan produk rendah lemak agar tidur kamu lebih berkualitas.


5. Makanan Tinggi Protein


Foto: https://www.wholesomeyum.com

Godaan lezatnya steak, apalagi dengan saus barbeque, memang sulit untuk dihindari. Tapi tahukah Ladies bahwa mengonsumsi makanan tinggi protein seperti daging pada malam hari akan membuat kamu sulit tidur? Hal ini karena tubuh seharusnya tidak bekerja untuk mencerna makanan 'berat' di malam hari. Protein daging merah yang tinggi lemak akan sulit dipecah dibandingkan dengan nutrisi lainnya.

Sebaiknya hindari makanan yang buat tidur tidak nyenyak dan mulailah konsumsi makanan sehat tinggi serat seperti buah atau gandum. Selain tidak mengganggu waktu tidurmu, makanan tinggi serat juga cepat menurunkan bera badan buat kamu yang sedang diet.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id