sign up SIGN UP

Jenis-jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa Syawal

Ranim | Beautynesia
Senin, 01 Jun 2020 00:00 WIB
Jenis-jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa Syawal
caption
Berolahraga secara rutin sangat dibutuhkan tubuh untuk terus fit dan tetap sehat. Tetapi seringkali enggan melakukannya jika sedang berpuasa, kan? Jangan kuatir, beberapa jenis olahraga berikut tetap akan membuatmu bugar dan tak lemas meski dilakukan saat berpuasa, lho.

Kondisi tak makan dan minum mulai dari fajar hingga petang tentu ada rasa tak nyaman seperti pusing, lemas, dan tak bersemangat. Rasa tak nyaman tersebut akan membuat enggan untuk berolahraga.

Tetapi sebenarnya hal tersebut bisa diatasi dengan beberapa tips, seperti tidur cukup, memenuhi kebutuhan gizi yang cukup pada saat sahur dan berbuka, serta mengatur waktu kapan harus berolahraga dan juga beristirahat. Dengan begitu, maka kamu bisa melakukan 5 jenis olahraga ringan berikut, nih.

1. Yoga



Foto: https://www.pexels.com/

Jenis olahraga yang paling nyaman dilakukan jika takut lemas adalah yoga. Karena gerakan-gerakan yoga justru menenangkan dan juga membuat tubuh rileks. Olahraga yang berfokus pada pelatihan teknik pernapasan dan peregangan tubuh ini akan membantu proses detoksifikasi pada tubuh. Kamu bisa melakukannya kapanpun juga tetapi sebaiknya saat perut masih kosong.



2. Bersepeda



Foto: https://www.pexels.com/

Ingin sesuatu yang memacu jantung tetapi masih bisa tetap santai? Kamu bisa bersepeda pada pagi atau sore hari sembari menikmati udara segar. Tak perlu terlalu lama, 45 menit saja sudah cukup untuk kamu membakar kalori dan memacu kinerja jantung supaya sirkulasi darah tetap lancar.



3. Jalan Kaki



Foto: https://www.pexels.com/

Dengan ritme yang lebih cepat, jalan kaki bisa menjadi olahraga yang memacu jantung namun tetap santai dan tidak membuat cepat lelah. Kamu bisa keliling komplek perumahan atau keliling lapangan setiap pagi dan juga sore sebelum berbuka. Olahraga ringan ini mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung serta paru-paru dan juga menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung.



4. Jogging



Foto: https://www.pexels.com/

Jalan kaki terlalu ringan? Okay, kamu bisa menantang dirimu untuk jogging saat sedang berpuasa. Tenang, melakukan jogging saat berpuasa tak akan membuatmu pingsan, kok. Justru kinerja jantung akan terpacu dan melancarkan peredaran darah serta oksigen ke otak yang akan membuatmu tetap bugar sepanjang hari.



5. Workout Menggunakan Otot Sendiri



Foto: https://www.pexels.com/

Pasti tak asing dengan push up, sit up, jumping jack, crunches, leg lift, serta high knees, kan? Gerakan-gerakan tersebut akan membakar kalori lebih banyak namun tak akan membuat lemas, tergantung intensitasnya. Manfaat lain melakukan olahraga yang mengandalkan otot sendiri adalah akan menguatkan otot juga. Jenis olahraga ini bisa kamu lakukan kapan pun dan di mana pun yang menurut kalian nyaman.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id