sign up SIGN UP

Kempiskan Perut Buncit! Ini Tips Diet dengan Segelas Kopi Americano

Cynthia Claudia | Beautynesia
Rabu, 27 Oct 2021 06:15 WIB
Kempiskan Perut Buncit! Ini Tips Diet dengan Segelas Kopi Americano
caption

Kopi biasanya diminum untuk menambah energi di saat kita sedang kelelahan atau kekurangan tidur. Namun, pemanfaatan kopi sebenarnya bisa digunakan untuk diet atau menurunkan berat badan, lho!

Salah satunya adalah dengan mengonsumsi jenis kopi hitam atau kopi americano. Diet kopi americano bermanfaat karena mengandung sekumpulan zat yang dapat membantu membakar lemak, yaitu asam klorogenat dan kafein. 

Kafein mampu meningkatkan energi, sedangkan asam klorogenat mengurangi lemak dari makanan yang tertimbun di hati. Yuk, simak bagaimana caranya agar kamu bisa menurunkan berat badan dan mengemipiskan perut dengan kopi americano ini, Beauties!

1. Takaran yang Tepat 

kopi americano
kopi americano/ Foto: pexels.com

Cara diet kopi americano dimulai dengan menyiapkan minumannya dengan takaran yang tepat. Beauties, sebaiknya mengonsumsi kopi hitam sebanyak 2-3 cangkir per hari. Jangan sampai berlebihan ya, karena tidak baik juga!

2. Hindari Gula, Susu, atau Tambahan Topping Lainnya

kopi americano
kopi americano/ Foto: pexels.com

Kafein dalam kopi americano memberikan energi dan membakar lemak. Namun, jika kopi americano dicampur dengan gula, susu, atau topping lainnya, maka akan membuat proses pembakaran lemak tidak efektif. Ini terjadi karena energi yang dihasilkan dari berbagai topping tersebut akan tertimbun kembali sebagai lemak. 

3. Memilih Waktu yang Tepat untuk Mengonsumsi Kopi 

cara diet kopi americano
cara diet kopi americano/ Foto: pixabay.com

Waktu yang tepat untuk diet kopi americano adalah dengan mengonsumsi kopinya sebelum melakukan olahraga dan sesudah makan berat. Kafein yang dikonsumsi akan meningkatkan energi sekaligus meningkatkan proses pembakaran lemak ketika berolahraga, sehingga menjadi lebih efektif. 

Di lain sisi, kopi americano juga sebaiknya dikonsumsi setelah makan berat. Sebab, kandungan asam klorogenat dalam kopi americano membantu mengurangi penumpukan kalori sebagai lemak dalam tubuh kita. 

4. Hindari Konsumsi Berlebihan 

kopi americano
kopi americano/ Foto: pexels.com

Meskipun cara diet dengan kopi americano ini membantu menurunkan berat badan, namun penting untuk tidak mengonsumsi kopi americano secara berlebihan.

Alasannya adalah kandungan kafein yang berlebihan pada tubuh akan menimbulkan reaksi yang mengganggu. Menurut BPOM, konsumsi kopi dengan kafein yang berlebihan dapat menunjukkan gejala berikut sesuai dengan tingkatnya:

  • Tingkat ringan: gejala mual dan sukar tidur
  • Tingkat sedang: perasaan gelisah, peningkatan tekanan darah, dan rasa ingin muntah
  • Tingkat tinggi: muntah parah yang berkepanjangan hingga merasakan kejang.

Itulah 4 tips diet kopi americano yang seperti yang telah dilansir dari berbagai sumber. Untuk Beauties yang merupakan penggemar kopi, cocok mencoba cara diet dengan kopi americano yang efektif untuk menurunkan berat badan ini lho! Untuk yang memang memiliki masalah dengan kopi dan tidak cocok, jangan memaksakan ya. Karena masih ada kok cara diet lain yang sama baiknya ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id