STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Kenali 4 Tanda dan Gejala dari Kekurangan Omega 3

Intan Dwi | Beautynesia
Sabtu, 13 Feb 2021 21:00 WIB
Kenali 4 Tanda dan Gejala dari Kekurangan Omega 3

Rupanya sangat penting untuk mengonsumsi asam lemak omega-3 karena itu merupakan komponen penting dari membran sel. Tubuh juga membutuhkannya untuk menghasilkan eikosanoid untuk membantu sistem kekebalan, paru, kardiovaskular dan endokrin bekerja dengan baik.

Omega-3 adalah sejenis asam lemak tak jenuh ganda, kekurangan omega-3 artinya tubuh kamu tidak mendapatkan cukup lemak omega-3. Hal ini dapat membuat kamu beresiko terkena dampak kesehatan yang negatif. Berikut ini ada tanda dan gejala yang harus kamu ketahui bahwa kamu kekurangan omega-3.

Mata kering

Lemak omega-3 beperan dalam kesehatan mata, termasuk menjaga kelembapan mata dan bahkan produksi air mata.
Mata kering/freepik.com

Lemak omega-3 beperan dalam kesehatan mata, termasuk menjaga kelembapan mata dan bahkan produksi air mata. Banyak layanan kesehatan yang akan meresepkan suplemen omega-3 untuk membantu meringankan sindrom mata kering.

Gejala ini juga sering membuat ketidaknyamanan mata dan gangguan penglihatan. Jadi, kalau kamu merasakan mata kering dan iritasi yang tidak biasa, mungkin kamu perlu meningkatkan asupan lemak omega-3.

Iritasi dan kulit kering

Jika kamu merasa tubuh kekurangan lemak omega-3, salah satu tempat yang kamu perhatikan adalah kulit.
Iritasi dan kulit kering/freepik.com

Jika kamu merasa tubuh kekurangan lemak omega-3, salah satu tempat yang kamu perhatikan adalah kulit. Termasuk kulit sensitif, kering bahkan munculnya jerawat yang tidak biasa mungkin merupakan tanda kekurangan omega-3 bagi sebagian orang.

Lemak omega-3 sendiri meningkatkan integritas pelindung kulit, mencegah hilangnya kelembapan dan melindungi dari iritan yang dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi. Selain itu, mengalami lebih banyak jerawat dari biasanya mungkin indikasi tidak langsung dari kekurangan omega-3 pada beberapa orang.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa omega-3 mengurangi peradangan yang diyakini para ilmuwan dapat memicu jerawat. Secara keseluruhan, lemak omega-3 penting untuk menjaga kesehatan kulit yang optimal.

Perubahan rambut

Sama halnya seperti lemak omega-3 yang membantu mempertahankan kelembapan di kulit, lemak ini juga membantu menjaga kesehatan rambut.
Perubahan rambut/freepik.com

Sama halnya seperti lemak omega-3 yang membantu mempertahankan kelembapan di kulit, lemak ini juga membantu menjaga kesehatan rambut. Perubahan tekstur, integritas dan kepadatan rambut dapat menunjukkan status omega-3 yang rendah.

Jadi kalau kamu mengalami peningkatan rambut rontok atau menyadari bahwa rambut kamu menipis atau terasa kering dan rapuh, cobalah konsumsi suplemen omega-3 agar membantu mengatasinya.

Merasakan nyeri dan kekakuan sendi

Mengalami nyeri dan kekakuan pada sendi seiring bertambahnya usia sepertinya hal umum yang akan terjadi.
Merasakan nyeri dan kekakuan sendi/freepik.com

Mengalami nyeri dan kekakuan pada sendi seiring bertambahnya usia sepertinya hal umum yang akan terjadi. Ini mungkin dikaitkan dengan kondisi yang disebut osteoartritis, dimana tulang rawan yang menutupi tulang rusak. Selain iu, ini mungkin juga terkait dengan kondisi autoimun inflamasi yang disebut rheumatoid arthritis (RA).

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan meningkatkan kekuatan cengkeraman. Jika kamu merasakan peningkatan nyeri sendi atau gejala rematik, mungkin status lemak omega-3 kamu rendah dan konsumsi suplemen dapat membantu.

Tapi penting juga untuk konsultasi dengan dokter jika kamu mengalami nyeri sendi atau gejala radang sendiri untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE