sign up SIGN UP

Kenali Psikosomatis, Gangguan Fisik yang Terjadi Karena Pikiran

Wandha Kusuma | Beautynesia
Senin, 21 Jun 2021 11:30 WIB
Kenali Psikosomatis, Gangguan Fisik yang Terjadi Karena Pikiran
caption

Tak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental kini sudah mulai diperhatikan. Banyak orang yang mulai sadar pentingnya serta pengaruh kesehatan mental bagi tubuh dan lingkungan.

Tingkat depresi ringan atau berat yang diderita harus melalui pemeriksaan profesional. Perlu diketahui nih Ladies, kondisi fisik seseorang sangat berpengaruh dengan kondisi psikologis lho.

Penyebab depresi pun berbeda-beda dan bisa dari mana saja, baik lingkungan keluarga, hubungan romantis, lingkungan kerja, dan sebagainya. Apa kamu pernah dengar tentang Psikosomatis?

Apa sih psikosomatis itu?

psikosomatis
Psikosomatis terdapat keluhan fisik/ sumber: freepik.com

Menurut penjelasan Abnormal Psychology in Changing World 9th Edition, Psikosomatis adalah keluhan fisik yang disebabkan oleh psikis (pikiran dan emosi negatif) yang muncul dalam bentuk keluhan fisik mulai dari kepala sampai dengan kaki.

Biasanya keluhan dirasakan secara berulang, namun saat diobati menggunakan obat medis perubahan atau penyembuhan yang didapat kurang efektif. Psikosomatis bisa menyerang siapa saja dan umur berapa saja lho, Ladies.

Ciri-ciri Psikosomatis

psikosomatis
Berjerawat tanda Psikosomatis/sumber: freepik.com

Ada beberapa tanda yang dialami oleh tubuh sebagai reaksi Psikosomatis sedang kumat, antara lain:

1. Jantung berdebar-debar, asam lambung/maag, pusing, mual, migren, sesak napas, mules, lesu, rematik, nyeri otot, nyeri sendi, asma, darah tinggi, atau napsu seks berkurang/berlebih.
2. Gangguan pencernaan, seperti diare, sembelit, wasir, dan muntah.
3. Masalah kulit, seperti alergi, jerawat, gatal-gatal, eksim, dan lain-lain.
4. Gangguan mensturasi seperti perubahan siklus.

Bisa dikatakan, gejala atau tanda keluhan fisik yang dialami penderita gangguan psikosomatis terlalu umum. Keluhan tersebut bisa dialami siapa saja walau tidak bukan termasuk gangguan psikosomatis.

Jangan pernah lakunan analisis secara pribadi karena Psikosomatis harus dilakukan oleh tenaga profesional dengan beberapa cara, tidak hanya melihat dari keluhan fisik saja.

Cara mengatasi gejala

psikosomatis
Berpikir positif/sumber: freepik.com

Jika kamu ada kecenderungan mengalami Psikosomatis, kamu bisa coba kendalikan diri sebagai cara menghilangkan depresi.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti berpikir positif, mengenali emosi dan pikiran negatif, mengelola stres, dan meminta bantuan tenaga kesehatan apabila tak kunjung membaik.

Jika kamu merasa terserang gangguan psikosomatis, jangan abaikan gejalanya agar tak menjadi lebih buruk ya. Tetap jaga kesehatan fisik dan mentalmu, Ladies.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id