STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Kiat Untuk Bahagia: 10 Kebiasaan Ini Perlu Ditambahkan ke Rutinitasmu

Ayuliy Lestari | Beautynesia
Sabtu, 14 Aug 2021 08:30 WIB
Kiat Untuk Bahagia: 10 Kebiasaan Ini Perlu Ditambahkan ke Rutinitasmu

Beauties, menurut kamu bahagia itu seperti apa? Apakah perasaan tersebut hanya bisa dirasakan jika memiliki banyak uang dan ketika kamu bisa membeli apapun yang kamu senangi dan “masuk akal” untuk dibeli? Lalu bagaimana dengan konsep kesederhanaan?

Menurut KBBI, bahagia adalah keadaan atau perasaan senang dan tenteram. So, Apakah benar, bahagia itu bisa diciptakan?

Dirangkum dari Healthline, beberapa rutinitas berikut bisa meningkatkan perasaan bahagia. Mungkin kamu bisa menerapkannya di hidupmu.

1. Cobalah Tersenyum

Kiat untuk bahagia
Kiat untuk bahagia/Foto: Instagram.com/Dahongstyle

Kamu cenderung tersenyum saat bahagia. Tapi sebenarnya, hal ini adalah jalan dua arah. Saat tersenyum karena bahagia, senyumanmu menyebabkan otak melepaskan dopamin, yang membuatmu lebih bahagia.

Bukan berarti kamu memperlihatkan senyuman palsu sepanjang hari ya, Beauties. Cobalah untuk tersenyum pada diri sendiri di depan cermin, setidaknya setiap pagi setelah kamu bangun tidur dan rasakan perbedaan yang muncul dalam hidupmu.

2. Paksa Diri Kamu Untuk Berolahraga

Kiat untuk bahagia
Kiat untuk bahagia/Foto: Pexels.com

Olahraga tidak hanya untuk tubuh. Olahraga teratur bisa membantu mengurangi stres, perasaan cemas dan gejala depresi sekaligus meningkatkan kebahagiaan, Beauties.

Tak harus olahraga dengan rutinitas yang berat karena hal tersebut hanya membuatmu semakin depresi. Kamu bisa berjalan-jalan di sekitar blok, mendaftar untuk kelas pemula dalam yoga atau memulai harimu dengan 5 menit peregangan.

3. Tidur yang Cukup

Kiat untuk bahagia
Kiat untuk bahagia/Foto: Freepik.com/Lookstudio

Sama seperti makanan, tidur juga kebutuhan tubuh. Tidur yang cukup, sangat vital untuk kesehatan, fungsi otak dan kesejahteraan emosional. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 7 atau 8 jam tidur setiap malam.

Cobalah untuk membangun rutinitas tidur misalnya seperti pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan, memiliki cadangan satu jam sebelum tidur sebagai waktu tenang dan selalu jaga kamar tidurmu agar tetap gelap, sejuk dan tenang.

4. Pilih Makanan yang Baik Untuk Tubuh

Kiat untuk bahagia
Kiat untuk bahagia/Foto: Freepik.com/Lookstudio

Tentu kamu sudah tahu bahwa pilihan makanan berdampak pada kesehatan fisik secara keseluruhan. Bahkan beberapa makanan juga memengaruhi kondisi pikiran kamu.

Contohnya, karbohidrat yang melepaskan serotonin, hormon “merasa baik”. Nah, kamu perlu mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks tersebut seperti sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian, untuk mempertahankan hormon serotonin.

Contoh lainnya adalah daging tanpa lemak , unggas, kacang-kacangan dan susu mengandung protein tinggi. Makanan ini melepaskan dopamin serta norepinefrin yang meningkatkan energi dan konsentrasi.

5. Beri Pujian Untuk Banyak Orang

Kiat untuk bahagia
Kiat untuk bahagia/Foto: Freepik.com/Lookstudio

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan tindakan kebaikan bisa membantumu merasa lebih puas. Memberikan pujian dengan tulus adalah cara cepat dan mudah untuk mencerahkan hari seseorang sembari meningkatkan kebahagiaanmu sendiri, Beauties. “Tangkap” mata seseorang dan katakan sambil tersenyum sehingga mereka tahu jika kamu bersungguh-sungguh.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE