sign up SIGN UP

Kisah Emilia Clarke, Berhasil Sembuh dari Penyakit Aneurisma Otak yang Berkali-kali Muncul Mengancam Jiwa

Debby Diah Ekawati Erawan | Beautynesia
Rabu, 03 Aug 2022 19:30 WIB
Kisah Emilia Clarke, Berhasil Sembuh dari Penyakit Aneurisma Otak yang Berkali-kali Muncul Mengancam Jiwa
Foto: Tim P. Whitby/Getty Images for Universal

Siapa tak kenal aktris cantik Emilia Clarke? Perannya sebagai Daenerys Targaryen di series 'Game of Thrones' yang begitu memorable, dapat membuat siapa saja langsung mengingatnya. Tapi, tahukah Beauties, kalau selama shooting serial tersebut Clarke menderita dua kali aneurisma otak yang mengancam jiwanya?

Dikutip dari Mayo Clinic, aneurisma otak adalah tonjolan pada pembuluh darah di otak. Aneurisma otak bisa bocor atau pecah dan menyebabkan pendarahan ke otak (stroke hemoragik. Aneurisma yang pecah dengan cepat bisa mengancam jiwa dan membutuhkan perawatan medis dengan segera.

Emilia Clarke Bersyukur Bisa Menjalani Kehidupan Normal Lagi

Emilia Clarke Sembuh dari Aneurisma Otak/Foto: Instagram/emilia_clarke)
Emilia Clarke sembuh dari aneurisma otak/Foto: Instagram/emilia_clarke)

Dilansir dari NBC News, Clarke mengungkapkan rasa syukurnya saat wawancara dengan BBC One’s "Sunday Morning”, ia merasa beruntung bisa kembali berbicara setelah mengalami dua kali aneurisma.

“Sejumlah bagian otakku tidak dapat lagi digunakan, sungguh luar biasa bahwa aku bisa berbicara, kadang-kadang mengartikulasikan, dan menjalani hidupku sepenuhnya dengan normal tanpa dampak sama sekali,” ungkapnya dalam video wawancara dengan Metro.

Clarke juga menambahkan, ia merupakan minoritas dari orang-orang yang bisa bertahan hidup melawan penyakit tersebut dan saat ia melakukan pemindaian otak lagi setelahnya, hasil menunjukkan ada “sedikit” dari otaknya “hilang”.

Aneurisma Otak Pertama Dialaminya Tahun 2011

Emilia Clarke Merasa Beruntung Bisa Kembali Hidup Normal/Foto: Instagram/emilia_clarke
Emilia Clarke merasa beruntung bisa kembali hidup normal/Foto: Instagram/emilia_clarke

Aneurisma otak pertama yang menyerangnya terjadi di bulan Februari 2011 setelah season 1 “Game of Thrones” selesai. Hal ini terjadi ketika ia sedang berolahraga dengan pelatihnya, kemudian ia mengalami rasa sakit di otaknya.

Clarke langsung dibawa ke rumah sakit dan didiagnosis dengan subarachnoid hemorrhage, mengutip Mayo Clinic, pendarahan subarachnoid adalah pendarahan di ruang antara otak dan membran di sekitarnya. Sesaat setelah diagnosis tersebut, ia langsung menjalani operasi darurat selama tiga jam.

Selepas menjalani prosedur operasi, Clarke juga merasakan sakit yang begitu menyiksanya, masalah penglihatan, dan mengalami kondisi kerusakan pada otak berakibat pada kemampuan seseorang berbicara dan menulis atau yang biasa disebut dengan aphasia.

Prosedur Operasi Kedua Dilakukan Tahun 2013

Ia mendirikan badan amal untuk korban cedera otak dan stroke/Foto: Instagram/emilia_clarke
Ia mendirikan badan amal untuk korban cedera otak dan stroke/Foto: Instagram/emilia_clarke

Saat masa-masa penyembuhan operasinya yang pertama, ditemukan aneurisma lain yang berukuran lebih kecil di sisi lain otaknya. Dokter menyarankan ia untuk tetap berhati-hati. Kemudian, pada tahun 2013. Ketika Clarke tengah bermain di Broadway, ia menjalani pemindaian otak kembali dan hasilnya menunjukkan pertumbuhan otaknya berlipat ganda.

Clarke menjalani prosedur pengobatan namun mengalami komplikasi, membuatnya mengalami pendarahan hebat dan harus melakukan operasi lagi karena sangat berbahaya.

Operasi yang dilakukan dengan cara mengakses bagian otak melalui tengkoraknya, mengakibatkan ada bagian tengkoraknya diganti oleh titanium. Pemulihan kedua ini menurutnya lebih sulit dibandingkan yang pertama. Sejak kejadian tersebut Clarke mendirikan badan amal untuk korban cedera otak dan stroke yang dinamakan "SameYou".

Pada wawancaranya itu, ia tengah mempromosikan “The Seagull” karya Anton Chekov. Drama ini menandai debutnya di West End.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id