sign up SIGN UP

Sembelit dan Berjerawat Bisa Jadi Tanda-tanda Usus Kotor, Duh Seperti Apa Cara Mengatasinya?

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Kamis, 21 Jul 2022 09:45 WIB
Sembelit dan Berjerawat Bisa Jadi Tanda-tanda Usus Kotor, Duh Seperti Apa Cara Mengatasinya?
caption

Usus besar bertugas menyerap vitamin, garam, nutrisi, dan air dalam tahap akhir proses pencernaan. Usus besar juga dikatakan sebagai ‘otak’ kedua dari tubuh. Sebab, kesehatan usus memainkan peran penting bagi keseluruhan sistem dan fungsi tubuh supaya bekerja optimal.

Usus yang sehat diperoleh ketika mikrobiota usus berupa bakteri dan mikroorganisme yang hidup di dalam saluran pencernaan terjaga keseimbangannya. Bila usus kotor, dampaknya adalah racun bakal kembali diserap ke dalam darah, alih-alih dikeluarkan dari tubuh.

Tanda-tanda umum berikut ini mungkin mengindikasikan bahwa saluran pencernaan kamu sedang tidak baik-baik saja.

Tanda-tanda Usus Kotor

cara membersihkan usus kotor
Ciri-ciri usus kotor/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Kesehatan saluran pencernaan bisa terganggu oleh faktor makanan, stres, kurang tidur, penyakit tertentu, atau gaya hidup sendentari.

Melansir dari SimplySupplements, inilah tanda-tanda ususmu kotor:

1. Masalah Pencernaan

Apakah kamu sering mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, diare, dan kelebihan gas tanpa alasan yang jelas? Rupanya, hal itu mungkin disebabkan oleh penyumbatan di usus besar akibat kekurangan serat dan ketidakseimbangan mikrobiota dalam saluran pencernaan.

2. Kulit Wajah Berjerawat

Beberapa gejala usus yang tidak sehat pun bisa terpantau dari kulitmu, loh.

Mengutip Everyday Health, sebuah penelitian dalam jurnal Frontiers in Microbiology (2018) menyatakan bahwa mikrobiota usus yang tidak seimbang dapat membuat kulit jadi lebih sensitif terhadap masalah seperti eksim, dermatitis, jerawat, dan psoriasis.

3. Bau Mulut atau Bau Badan

Ketika saluran cerna tidak sehat, racun yang menumpuk di dalam tubuh akan dikeluarkan melalui kelenjar keringat atau air liur. Reaksinya, ini menimbulkan bau mulut juga bau badan.

4. Mudah Lelah

cara membersihkan usus kotor
Usus kotor menyebabkan mudah lelah/Foto: Freepik.com/cookie_studio

Tubuhmu bekerja lembur untuk membuang racun lantaran usus yang kotor, sehingga secara alami kamu akan memiliki lebih sedikit energi. Inilah yang mungkin menjadi penyebab kamu merasa lelah dan lesu sepanjang hari padahal mendapatkan tidur yang cukup.

5. Konsentrasi Buruk dan Mood Swing

Usus dan otak punya hubungan yang saling mempengaruhi secara signifikan. Penyerapan nutrisi yang tidak efektif akibat gangguan pada usus dapat meluas ke suasana hati dan masalah konsentrasi.

6. Berat Badan Bertambah

Selain berperan dalam sistem pencernaan makanan dan penyimpanan lemak tubuh, bakteri usus juga dapat mempengaruhi produksi hormon pengontrol rasa lapar, seperti ghrelin.

Bila bakteri jahat melimpah sehingga memicu usus tidak sehat, maka dapat berujung pada penambahan berat badan.

Tingkatkan Kinerja Usus dengan Cara Ini

cara membersihkan usus kotor
Cara alami untuk membersihkan usus/Foto: Pexels.com/julia zolotova

Nggak perlu risau, berikut ini adalah daftar makanan yang harus kamu konsumsi secara rutin untuk membersihkan usus secara alami.

Air Putih Hangat

Dikutip dari India Times, selain mencegah dehidrasi, minum banyak air putih, terutama yang hangat, dapat membantu detoksifikasi sistem pencernaan dari kotoran dan zat beracun yang mengendap.

Probiotik

Probiotik atau bakteri baik berfungsi memelihara kesehatan sistem pencernaan. Beberapa makanan sumber probiotik di antaranya ada yogurt, kimchi, acar, cuka sari apel, minuman probiotik, dan makanan fermentasi lainnya.

Lemon dan Madu

Kombinasi kedua bahan alami ini bisa kamu gunakan untuk menjaga kebersihan usus. Caranya, campurkan air perasan lemon dan 1 sdt madu dalam segelas air hangat. Konsumsi minuman ini secara rutin di pagi hari saat perut masih kosong.

Teh Herbal

cara membersihkan usus kotor
Teh herbal jahe/Foto: Pexels.com/cup of couple

Mengutip India Times, minuman teh herbal dari infusan jahe, peppermint, dan chamomile bekerja efektif dapat menstimulasi sistem pencernaan untuk mengeluarkan kotoran secara maksimal.

Fiber

Cukupi kebutuhan seratmu melalui makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, oatmeal, dan agar-agar. Mengutip Healthline, serat dapat membantu membersihkan usus besar sekaligus sebagai prebiotik.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id