sign up SIGN UP

Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan Tubuh, Penyuka Kimchi Perlu Tahu

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Sabtu, 03 Oct 2020 07:30 WIB
Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan Tubuh, Penyuka Kimchi Perlu Tahu
caption
Jakarta -

Bagi para penggemar drama Korea atau segala sesuatu yang menyangkut tentang Korea, tentunya pasti tidak asing lagi dengan yang namanya kimchi. Ya, makanan khas asal negara ginseng itu memang cukup terkenal, termasuk di Indonesia sendiri. 

Kimchi yang merupakan makanan yang berasal dari sayuran hasil fermentasi ini, selain dikenal lezat bagi penikmatnya, ternyata juga memiliki sejumlah manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Apa saja? Simak informasinya di bawah ini.

 

1. Baik untuk Sistem Pencernaan 

Kimchi mempunyai manfaat baik bagi sistem pencernaan.
Baik untuk Sistem Pencernaan/Freepik.com 

Sebagai makanan hasil fermentasi, kimchi mengandung bakteri baik berupa probiotik yang sangat baik bagi sistem pencernaan. Kandungan probiotik sendiri diketahui dapat menjaga keseimbangan mikroba di usus, sehingga fungsi usus dapat bekerja dengan baik. Di samping itu, juga akan mengurangi resiko terkena masalah pencernaan seperti sakit perut, diare dan juga sembelit. 

 

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kimchi dapat menurunkan kadar kolesterol.
Menurunkan Kadar Kolesterol/Freepik.com 

Kimchi juga menggunakan campuran bawang putih dalam olahannya. Nah, bawang putih sendiri mengandung allicin dan selenium yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, juga dapat mengurangi atau mencegah resiko stroke. 

 

3. Menurunkan Berat Badan

Kimchi dapat membantu menurunkan berat badan.
Menurunkan Berat Badan/Freepik.com

Sebagai makanan yang terbuat dari sayuran, tentunya kimchi mengandung banyak serat dan juga rendah kalori. Karena itulah, kimchi dapat membantu menurunkan berat badan dan menjadi salah satu menu diet yang efektif.   

 

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kimchi dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
Meningkatkan Daya Tahan Tubuh/Freepik.com 

Kimchi yang merupakan sayuran hasil fermentasi ini juga mengandung vitamin C. Seperti yang telah diketahui, bahwa vitamin C sangat berperan penting dalam meningkatkan sistem daya tahan tubuh untuk lebih kuat dalam melawan infeksi. 

 

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kimchi dapat meningkatkan kesehatan mata.
Meningkatkan Kesehatan Mata/Freepik.com 

Vitamin A adalah salah satu antioksidan alami yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Nah, kimchi sendiri juga mengandung vitamin A yang tinggi. Karena itu, manfaat mengonsumsi kimchi juga dapat menjaga kesehatan organ penglihatan tersebut dari gangguan mata seperti degenerasi makula. 

 

6. Menurunkan Resiko Kanker

Kimchi dapat membantu menurunkan resiko kanker.
Menurunkan Resiko Kanker/Freepik.com

Selain beberapa manfaat di atas, manfaat kimchi yang tak kalah jauh lebih pentingnya lagi adalah dapat menurunkan resiko terkena kanker. Hal ini karena kimchi kaya vitami A yang dapat menurunkan resiko kanker. Di samping itu, kimchi yang menggunakan sawi di dalamnya termasuk dalam kelompok sayur yang mengandung senyawa antikanker. 

Meskipun kimchi memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh, namun hindarilah mengonsumsinya secara berlebihan. Karena seperti yang telah diketahui, bahwa kimchi juga menggunakan garam dalam proses pengawetannya. Jika mengonsumsi makanan yang mengandung garam secara berlebihan, tentunya hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Jadi ada baiknya, konsumsilah kimchi sesuai porsi yang tepat, seperti 100 gram kimchi per hari. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id