sign up SIGN UP

LIFE

Makanan Korea Ini Ternyata Mirip dengan Makanan Indonesia Lho!

Retno Wulandari | Kamis, 28 May 2020 12:00 WIB
Makanan Korea Ini Ternyata Mirip dengan Makanan Indonesia Lho!
caption
Selain dramanya, Korea juga terkenal dengan makanannya Ladies. Tapi kamu tahu gak sih, ternyata beberapa makanan Korea mirip dengan makanan Indonesia lho! Ada apa saja ya?

Budaya Korea memang gampang menyebar di mana-mana, termasuk di Indonesia. Selain terkenal dengan drama-dramanya, Korea juga dikenal dengan makanannya. Meskipun rasanya tampak asing di lidah orang Indonesia, namun beberapa makanan Korea ini terlihat mirip dengan makanan Indonesia lho Ladies!
 


1. Bibimbap dan Pecel


Foto: Istimewa

Bibimbap menjadi salah satu makanan Korea yang sangat populer. Di Korea, bibimbap dikenal sebagai nasi campur, di mana bahan utamanya ialah nasi dan aneka sayuran. Meskipun berbeda sayuran, dari tampilannya saja kita sudah bisa menebak jika bibimbap mirip dengan makanan khas Indonesia, nasi pecel. Cara penyajian bibimbap pun hampir sama dengan nasi pecel, yakni dicampur dengan bumbu sebelum dimakan. Bedanya, bumbu bibimbap menggunakan goochujang sementara nasi pecel menggunakan bumbu kacang.
 


2. Ramyeon dan Mie Instan


Foto: Istimewa

Nah makanan Korea yang satu ini pastinya sangat familiar banget ya, Ladies. Ramyeon merupakan salah satu makanan khas Korea yang sering banget muncul di beberapa drama Korea. Dari tampilannya, makanan yang satu ini mirip dengan mie instan yang sering banget kita konsumsi di rumah lho.
 



3. Odeng Eomuk dan Otak-otak


Foto: Istimewa

Jajanan yang satu ini sering banget dijumpai di Korea, Ladies. Dari rasanya, odeng eomuk ini mirip seperti otak-otak ikan yang dijual di Indonesia. Selain teksturnya yang lebih kenyal dan elastis, odeng eomuk disajikan dengan kuah kaldu panas, sementara otak-otak biasanya disajikan dengan saus asam pedas.
 


4. Kimchi dan Asinan Sawi


Foto: Istimewa

Hal yang membuat kedua makanan ini mirip ialah bahan utamanya yang terbuat dari sawi yang sudah difermentasikan. Bedanya, kimchi difermentasikan menggunakan pasta cabai, sementara asinan sawi tidak menggunakan pasta cabai.
 


5. Pajeon dan Bakwan


Foto: Istimewa

Pajeon atau vegetable pancake memiliki tampilan hampir mirip dengan salah satu gorengan Indonesia yakni bakwan. Bedanya, pajeon dimasak di dalam teflon lalu dipotong-potong menjadi bagian kecil, sementara bakwan digoreng secara satuan.
 


6. Namul dan Urap


Foto: Istimewa

Dari segi tampilannya saja kita sudah bisa menebak makanan Korea yang satu ini sangat mirip dengan makanan khas Indonesia yakni urap. Namul bisa dikatakan sangat mirip dengan urap, Ladies, dikarenakan bahan dasar yang digunakan ialah sayuran dan ditaburi oleh kelapa bumbu. Namun perbedaannya terletak pada minyak wijen, ya jika urap tidak menggunakan minyak wijen, namul justru harus disiram menggunakan minyak wijen sebelum disajikan.
 


(arm2/arm2)

Tags


Our Sister Site

mommyasia.id