STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Manfaat Semangka Untuk Bumil, Cocok Dijadikan Camilan Sehat

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Sabtu, 21 Nov 2020 12:30 WIB
Manfaat Semangka Untuk Bumil, Cocok Dijadikan Camilan Sehat

Sebagai buah yang menyegarkan dan mengandung cita rasa manis, buah semangka juga mengandung beragam nutrisi penting yang baik bagi tubuh. Tak heran, buah satu ini juga sangat cocok dikonsumsi ibu hamil lantaran sejumlah manfaatnya. Kira-kira apa saja manfaat semangka buat ibu hamil? Berikut informasinya di bawah ini.

 

1. Mengatasi Morning Sickness

Semangka dapat mengatasi morning sickness.
Morning Sickness/freepik.com 

Hampir sebagian besar ibu hamil mengalami morning sickness berupa mual dan muntah di pagi hari. Hal ini memang kerap membuat perasaan menjadi tidak nyaman.

Nah, untuk mengatasi hal ini, ibu hamil bisa mengonsumsi semangka sebagai salah satu cara untuk membantu meredakan gejala tersebut. Apalagi semangka mengandung 92% air. Tentunya hal ini akan sangat membantu dalam mencegah dehidrasi akibat muntah yang berlebihan.

Selain itu, semangka juga mengandung nutrisi yang baik dan dapat memberi energi bagi tubuh, sehingga bisa membuat lebih semangat.

 

2.  Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah semangka dapat meningkatkan daya tahan tubuh bagi ibu hamil.
Meningkatkan Daya Tahan Tubuh/freepik.com 

Di saat masa kehamilan, biasanya sistem kekebalan tubuh cenderung melemah. Hal ini tentunya bisa membuat ibu hamil menjadi mudah mengalami gangguan kesehatan.

Untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh selama kehamilan, semangka dapat menjadi rekomendasi yang tepat. Hal ini tak lain karena semangka mengandung vitamin C yang tinggi. Selain itu, juga mengandung likopen tinggi yang memiliki antioksidan kuat.

 

3. Mengatasi Asam Lambung

Semangka dapat mengatasi asam lambung.
Mengatasi Asam Lambung/freepik.com 

Mulas atau masalah pencernaan seperti naiknya asam lambung juga sering terjadi di masa kehamilan. Hal tersebut bisa diakibatkan oleh perubahan hormon dan pertumbuhan janin yang semakin membesar.

Untuk mengatasi ketidaknyamanan ini, ibu hamil juga bisa membantu meredakannya dengan mengonsumsi semangka. Karena buah semangka memiliki manfaat  dalam menetralkan asam lambung dan mengurangi refluks. 

 

4. Mengurangi Pembengkakan

Semangka dapat membantu mengurangi pembengkakan.
Pembengkakan Saat Hamil/freepik.com 

Mengalami edema atau pembengkakan pada kaki dan tangan saat hamil adalah hal yang cukup umum terjadi. Hal ini termasuk normal, mengingat perubahan hormon yang terjadi saat hamil. 

Namun tak perlu khawatir, karena semangka juga dapat membantu mengurangi pembengkakan tersebut. Hal ini dikarenakan semangka tinggi kandungan airnya, sehingga dapat mengurangi penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah dan otot.

 

5. Membantu Perkembangan Janin

Semangka membantu perkembangan janin.
Janin/freepik.com 

Adanya berbagai nutrisi penting yang terkandung pada semangka sangat bermanfaat dalam mendukung perkembangan janin dalam kandungan.

Beragam kandungan tersebut ikut membantu dalam perkembangan otak, saraf, mata, tulang, pernapasan, jantung, paru-paru, ginjal dan sebagainya. 

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE