sign up SIGN UP

Mengalami Penyakit yang Sama dengan Justin Bieber, Perempuan Asal Inggris Ini Ceritakan Kisahnya

Tyas Arini | Beautynesia
Kamis, 23 Jun 2022 19:45 WIB
Mengalami Penyakit yang Sama dengan Justin Bieber, Perempuan Asal Inggris Ini Ceritakan Kisahnya
Alami Sindrom Ramsay Hunt, Perempuan Asal Inggris Ceritakan Kisahnya / foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Belakang ini, Justin Bieber mengumumkan bahwa dirinya mengidap sindrom Ramsay Hunt. Sindrom ini mengakibatkan kelumpuhan di sebagian wajahnya. Pada kasus Justin Bieber, dirinya tidak bisa menggerakkan wajah sebelah kanan. Penyakit yang diidapnya ini mengakibatkan sejumlah konser Justin Bieber tertunda. 

Dilansir dari laman BBC, perempuan asal Inggris, Nicoya Rescorla yang baru berusia 28 tahun diketahui mengidap sindrom Ramsay Hunt, sama dengan Justin Bieber. Sindrom ini disebut sangat mempengaruhi kondisi fisik dan mentalnya.

Bagaimana kisah Nicoya menghadapi sindrom ini? 

Muncul Gejala Sakit dan Vertigo 

Muncul Gejala Sindrom Ramsay Hunt
Muncul Gejala / foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Dalam kisahnya yang dikutip dari BBC, Nicoya merasakan gejala sakit di bagian leher dan vertigo pada bulan Oktober 2020 lalu. Tak lama dari kemunculan gejala tersebut, Nicoya mulai merasakan kelumpuhan pada bagian wajahnya. 

"Rasanya sakit luar biasa dan saya merasa lemah" ujar Nicoya. Ia juga menambahkan bahwa keseimbangan dirinya menjadi sangat buruk. 

Mempengaruhi Mental

Tidak hanya kondisi fisik yang direnggut oleh sindrom Ramsay Hunt ini. Nicoya mengaku sindrom ini juga sangat mempengaruhi mentalnya. Nicoya merasa sangat terisolasi, karena ia tidak bisa keluar rumah lagi dan selalu bergantung kepada suaminya. 

Sudah sekitar 2 tahun, Nicoya mengidap penyakit ini namun Nicoya mengatakan ia masih kesakitan dan wajahnya belum pulih walau sudah mengonsumsi obat. Ia mengungkapkan bahwa ada kemungkinan wajahnya tidak akan bisa pulih sepenuhnya.

Apa Itu Sindrom Ramsay Hunt?

Justin Bieber Mengidap Sindrom Ramsay Hunt
Justin Bieber Mengidap Sindrom Ramsay Hunt / foto: instagram.com/justinbieber

Dilansir dari detikHealth, Sindrom Ramsay Hunt adalah gangguan saraf yang ditandai dengan kelumpuhan saraf wajah yang terjadi di area telinga dan mulut. Biasanya penderita juga mengalami gangguan pendengaran dan telinga berdenging. 

Penyebab Sindrom Ramsay Hunt ialah virus Varicella-Zoster, yakni virus yang sama dengan penyebab cacar air dan herpes zoster. Virus ini pernah menginfeksi tubuh penderita lalu kembali aktif dan menyebar memengaruhi saraf wajah. 

Penyembuhan Sindrom Ramsay Hunt 

Sindrom Ramsay Hunt bisa disembuhkan dengan penanganan dan obat yang tepat. Masih melansir dari detikHealth, penderita sindrom ini akan mendapatkan obat antiinflamasi dan vitamin, Beauties. Kemudian, penderita akan diterapi modalitas, yaitu menggunakan alat seperti electrical stimulation atau deep heating. 

Tujuan terapi tersebut, selain mengurangi rasa nyeri dan inflamasi, adalah meningkatkan kekuatan otot wajah. Dokter rehabilitasi medik juga akan menyarankan penderita sindrom ini untuk latihan wajah. 

Lumayan memberikan gambaran terhadap sindrom Ramsay Hunt ini ya, Beauties? Kita doakan semoga Justin Bieber dan seluruh penderita sindrom ini agar lekas sembuh. 

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI! 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id