sign up SIGN UP

Mengenal Diet Ayurverda, Diet yang Bisa Menyehatkan Tubuh Sekaligus Pikiran

Nur Izzati | Beautynesia
Senin, 21 Mar 2022 07:15 WIB
Mengenal Diet Ayurverda, Diet yang Bisa Menyehatkan Tubuh Sekaligus Pikiran
caption
Jakarta -

Memiliki berat badan ideal adalah dambaan setiap orang. Namun, menurunkan berat badan tidak semudah membalikkan telapak tangan dan mungkin beberapa orang pernah mengalami diet yang gagal. Hal tersebut bisa terjadi karena cara diet yang salah, diet yang tidak cocok, terlalu sering cheating, kurang olahraga, dan lain sebagainya.

Kini ada banyak sekali macam diet yang bisa dicoba dan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Nah, pernahkah kamu mendengar tentang diet Ayurveda, Beauties? Mungkin diet ini adalah salah satu alternatif yang bisa dicoba. Yuk, kenalan lebih jauh dengan diet Ayuverda!

Apa itu Diet Ayurveda?

Cara diet turunkan berat badan bagi perempuan usia 45 tahun/freepik/benzoixIlustrasi diet/Foto: freepik/benzoix

Melansir dari Healthline, diet Ayurveda adalah diet berdasarkan prinsip pengobatan Ayurveda. Diet ini  tidak hanya menyehatkan tubuh, tapi juga fokus untuk menyeimbangkan energi di dalam tubuh dan pikiran. Berbeda dengan jenis diet lainnya, diet ini menyediakan rekomendasi yang disesuaikan secara personal tergantung tipe bentuk tubuh.

Terdiri dari 5 Elemen

Ilustrasi gambar tipe dosha/Foto: yogasuperfuel.com
Ilustrasi gambar tipe dosha/Foto: yogasuperfuel.com

Diet Ayurveda menganut lima elemen yaitu udara, air, ruangan, api, dan tanah. Diet Ayurveda juga ditentukan oleh energi (dosha) yang orang miliki. Dosha sendiri terbagi atas 3 tipe, yaitu:

  • Pitta (gabungan api dan air)

Orang dengan dosha pitta dianggap sebagai orang yang cerdas, pekerja keras, tegas dalam mengambil keputusan tetapi bisa cepat marah. Mereka biasanya memiliki tubuh sedang dan memiliki nafsu makan yang sehat, metabolisme yang kuat, dan pencernaan yang baik.

  • Vata (gabungan udara dan ruangan)

Orang dengan dosha vata dominan dianggap kreatif, energik, berpikir cepat, tetapi mudah lelah. Mereka biasanya kurus dan menderita masalah pencernaan, vertigo atau kecemasan.

  • Kapha (gabungan tanah dan air)

Orang dengan dosha kapha dikenal memiliki kekuatan, stamina, dan kecerdasan yang tajam. Mereka memiliki bentuk tubuh lebih besar dan cenderung memiliki metabolisme yang lambat. Mereka sering kali bermasalah dengan berat badan, asma, depresi serta diabetes.

Anjuran Makanan Berdasarkan Jenis Dosha

Ilustrasi gambar untuk makanan diet ayurveda/Foto: freepik.com/master1305
Ilustrasi gambar untuk makanan diet ayurveda/Foto: freepik.com/master1305

Dosha pitta dianjurkan untuk mengonsumsi makanan seperti daging unggas, putih telur, tahu, oats, nasi basmati, susu, jeruk, manga, nanas, kayu manis, berbagai jenis sayuran manis, pahit dan berdaun hijau, kacang serta biji-bijian. Selain itu, dianjurkan untuk membatasi konsumsi seafood dan keju.

Jika memiliki dosha vatta, maka dianjurkan untuk mengonsumsi makanan seperti daging unggas, makanan laut, tahu, susu, yoghurt, oats, nasi, blueberry, stroberi, mangga, ubi, bit, lobak, wortel, basil, kacang serta biji-bijian. Batasi konsumsi buah kering dan sayur mentah. 

Sementara dosha kapha, dianjurkan untuk mengonsumsi daging unggas, makanan laut, putih telur, susu kacang, susu kambing, oats, rye, apel, ceri, buah kering, kentang, jamur. Batasi konsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak. 

Selain itu, ketiga dosha tersebut juga harus membatasi konsumsi daging merah, pemanis buatan, dan makanan yang diproses. Semua dosha disarankan untuk mengonsumsi makanan utuh yang mengalami sedikit pemrosesan seperti buah dan sayur.

Nah, gimana, Beauties, tertarik untuk mencoba diet Ayuverda?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id