sign up SIGN UP

Mengenal Senam Kegel, Olahraga yang Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Perempuan

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Sabtu, 07 May 2022 16:00 WIB
Mengenal Senam Kegel, Olahraga yang Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Perempuan
caption
Jakarta -

Beauties, menjaga kesehatan dengan berolahraga memang menjadi hal penting. Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, baik fisik ataupun mental. Banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan dan menjadi favorit kebanyakan perempuan, seperti zumba, yoga, atau pilates. Ketiganya dianggap memiliki sejumlah manfaat, khususnya untuk mengencangkan bagian vital perempuan.

Ternyata ada olahraga lain yang juga bermanfaat untuk kesehatan organ reproduksi perempuan, yaitu senam kegel. Mungkin kamu sedikit asing mendengar olahraga yang satu ini. Senam kegel merupakan jenis senam yang difokuskan untuk melatih otot-otot panggul.

Ingin tahu seputar senam kegel dan bagaimana cara melakukannya? Berikut penjelasannya yang telah Beautynesia rangkum dari berbagai sumber. Yuk, simak!

Apa Itu Senam Kegel?

Senam kegel bisa dilakukan untuk membantu mengencangkan otot panggul/freepik.comIlustrasi senam kegel/Foto: Freepik

Melansir dari National Centre of Biotechnology Information, secara historis latihan senam ini ditemukan oleh seorang ginekolog yang bernama Arnold Kegel pada akhir tahun 1940. Senam kegel merupakan jenis olahraga yang bermanfaat untuk menguatkan serta mengencangkan otot-otot dasar panggul, khususnya otot panggul bagian bawah. Otot dasar panggul sangat berperan penting untuk tubuh perempuan, karena otot inilah yang menopang rahim, usus kecil, kandung kemih, dan rektum.

Jika otot dasar panggul ini melemah, maka dapat mengakibatkan gangguan masalah kesehatan, seperti ketidakmampuan mengontrol usus dan kandung kemih, hingga turunnya organ panggul masuk ke dalam vagina. Melemahnya otot dasar panggul biasanya disebabkan oleh faktor persalinan pervaginam (normal), penuaan, pembedahan, mengejan, hingga kebiasaan membawa beban berat. 

Manfaat Senam Kegel bagi Perempuan

Senam kegel dapat bermanfaat bagi ibu hamil untuk proses persalinan
Manfaat Senam Kegel/Foto: Pexels.com/yan-krukov

Latihan senam kegel ini sangat baik dilakukan bagi perempuan yang sudah menikah atau belum menikah. Yuk, simak manfaat senam kegel berikut ini:

Membantu Mengatasi Kebocoran Kandung Kemih

Melansir dari Oprah Daily, senam kegel dapat mengatasi masalah inkontinensia atau kebocoran kandung kemih yang banyak dialami satu dari tiga perempuan. Kebocoran kandung kemih menyebabkan penderitanya menjadi lebih sering buang air kecil. Selain memperkuat otot panggul, senam kegel juga dapat membangun kembali otot-otot kandung kemih.

Membantu Proses Kehamilan dan Persalinan

Tips Puasa saat Hamil/Foto: Pexels.com/ mikoto.raw PhotographerIlustrasi hamil/Foto: Pexels.com/mikoto.raw Photographer

Melansir dari American Pregnancy, dengan senam kegel ibu hamil dapat memperkuat dan mengontrol otot-otot panggul pada proses melahirkan saat mendorong bayi keluar. Selain itu, latihan ini juga dapat meminimalisir masalah yang sering terjadi selama kehamilan, yaitu penurunan kontrol kandung kemih dan wasir.

Namun sebelum ibu hamil ingin melakukan latihan ini di rumah, ada baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Hal ini dikarenakan kondisi kehamilan setiap ibu berbeda-beda.

Mengencangkan Kembali Otot Panggul Pasca Melahirkan

Melansir dari Wolipop, proses kehamilan dan melahirkan dapat mengakibatkan melemahnya otot dasar panggul. Kondisi ini dapat semakin buruk karena melahirkan dengan proses pervaginam atau normal yang membuat perempuan mengejan, sehingga dapat menyebabkan robeknya otot hingga kemungkinan episiotomi. 

Namun masalah tersebut dapat diatasi dengan latihan kegel, lho Beauties. Yup, karena otot-otot dapat sembuh sama seperti otot lainnya, dan otot tersebut akan merespons latihan kegel dengan kekuatan yang lebih baik seperti halnya otot lain.

Membuat Hubungan Seks lebih Baik

Melansir dari Time, menurut Dr. Ruth seorang terapis seks, ia menyebutkan bahwa senam kegel dapat bermanfaat untuk meningkatkan kehidupan seks dengan pasangan. Beberapa perempuan yang melakukan latihan ini melaporkan melaporkan bahwa hubungan seksnya dengan pasangan merasa lebih baik karena merasakan otot yang lebih kuat dan lebih mudah berkontraksi selama orgasme dan aliran darah ke daerah panggul meningkat.

Membantu Mengobati Prolaps Organ Panggul (POP)

Melansir dari Wolipop, prolaps merupakan salah satu gangguan kesehatan di mana satu atau lebih organ turun ke bawah panggul dan menonjol ke dalam vagina. Hal ini biasanya disebabkan oleh melemahnya otot dasar panggung atau ligamennya meregang.

Tentu kondisi seperti ini membuat perempuan merasa tidak nyaman. Prolaps biasanya disebabkan oleh kehamilan, obesitas, hingga  penuaan. Namun beberapa kasus juga disebabkan oleh aktivitas sehari-hari, seperti, bekerja, berolahraga, atau mengangkat beban berat.

Cara Melakukan Senam Kegel

Cara melakukan senam kegel
Bentuk Latihan Senam Kegel/Foto: Pexels.com/vlada-karpovich

Senam kegel sebenarnya dapat dilakukan di mana saja, namun jika kamu adalah pemula sebaiknya dilakukan ditempat yang sifatnya private, seperti di rumah atau dalam kamar. Ini bertujuan agar kamu merasa nyaman saat melakukan gerakan-gerakan dari senam kegel.

Dihimpun dari Mayo Clinic, yuk, simak langkah-langkah melakukan senam kegel berikut ini:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menemukan otot yang tepat. Untuk mengidentifikasi di mana otot dasar panggul, hentikan buang air kecil di tengah aliran. Setelah kamu berhasil mengidentifikasinya, kamu dapat memulainya dalam posisi berbaring
  2. Untuk melakukan latihan kegel, bayangkan kamu sedang duduk di atas sebuah kelereng dan mengencangkan otot panggul seolah-olah sedang mengangkat kelereng. Cobalah selama tiga detik lalu rileks selama tiga hitungan.
  3. Selama berlatih, pertahankan fokus. Untuk hasil terbaik, kamu harus fokus untuk mengencangkan hanya otot dasar panggul. Berhati-hatilah untuk tidak melenturkan otot-otot di perut, paha, atau bokong dan hindari menahan napas. Sebaliknya, bernapaslah dengan bebas selama latihan.
  4. Ulangi senam kegel tiga kali sehari. Setidaknya tiga set 10 hingga 15 pengulangan sehari. Berlatihlah sampai kamu merasa otot dasar panggul lebih kuat.

Nah, itu tadi ulasan seputar senam kegel yang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan perempuan. Selamat berlatih, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id