STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Merasa Jatuh dari Ketinggian Hingga Mudah Terangsang, Ini Hal-hal Aneh yang Dilakukan Tubuh Saat Tidur!

Ayuliy Lestari | Beautynesia
Jumat, 18 Dec 2020 22:15 WIB
Merasa Jatuh dari Ketinggian Hingga Mudah Terangsang, Ini Hal-hal Aneh yang Dilakukan Tubuh Saat Tidur!

Seseorang memang harus tidur untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian beraktivitas. Hal tersebut digunakan untuk mengembalikan kebugaran agar kamu bisa beraktivitas kembali dengan maksimal di esok hari.

Membahas tentang tidur, ternyata saat kamu terlelap ada hal-hal unik yang dilakukan tubuh. Setiap orang pasti pernah merasakannya, misalnya seperti merasa terjatuh dari ketinggian, mengigau, merasa sangat lapar dan lain-lain. Ternyata begini penjelasannya, Ladies!

Tubuh Menjadi Lumpuh Total

Saat tidur
Sleep/Freepik.com

Membayangkan tubuh lumpuh total adalah mimpi buruk bagi semua orang. Namun itulah yang terjadi pada tubuh saat kamu sedang tidur. Selama fase tidur, kamu tidak bisa menggerakkan satu otot pun kecuali otot-otot yang mengendalikan mata dan sistem pernapasan.

Tujuannya adalah untuk menjaga kamu dari gerakan-gerakan tertentu yang sedang kamu lakukan di alam mimpi. Bayangkan saja jika tubuh tidak lumpuh total saat kamu tidur, tentu saja hal tersebut bisa sangat berbahaya apalagi kamu sedang bermimpi hal-hal yang ekstrim.

Merasa Ingin Jatuh

saat tidur
Sleep/Freepik.com

Kamu pun pasti pernah mengalami sensasi bermimpi seperti terjun atau terjatuh ke dalam jurang sehingga membuat kamu terkejut lalu terbangun di tengah malam. Yup, sensasi aneh yang membuat berdebar-debar ini dikenal sebagai sentakan hypnagogic.

Ketika kamu tidur maka tubuh menjadi lumpuh tak bergerak, sedangkan sentakan hypnagogic adalah kejang otot bawah sadar yang terjadi saat kamu tidur. Terkadang kamu bisa mulai bermimpi terlebih dahulu sebelum tubuh benar-benar mati, jadi sensasi terjatuh atau terjun bebas tersebut sebenarnya karena tubuh kebingungan masih berada di masa transisi antara terjaga dan tidur lelap.

Tubuh Melaparkan Diri

saat tidur
Sleep/Freepik.com

Ketika kamu tidur, sistem pencernaan tubuh harus mengatur kadar hormon lapar, leptin dan ghrelin. Leptin membantu menghambat rasa lapar dan mengatur keseimbangan energi sedangkan ghrelin adalah kebalikannya yaitu merangsang nafsu makan dan mengendalikan pelepasan insulin.

Ketika kamu kurang tidur maka keseimbangan kedua hormon tersebut menjadi berantakan. Inilah alasan kenapa kamu sering merasa lapar ketika tidur larut malam. So, kalau kamu sedang diet sebaiknya hindari begadang ya, Ladies.

Berjalan, Mengemudi, Bicara Saat Tidur

saat tidur
Sleep/Freepik.com

Seperti pembahasan di atas dimana tubuh seharusnya mati total saat kamu tidur. Namun ternyata ada gangguan tidur yang disebut parasomnia dimana tubuh bisa tertidur sambil berjalan, berbicara atau mengigau hingga mengemudi.

Kebanyakan parasomnia terjadi pada tahap tidur ketiga atau saat kamu tidur paling nyenyak hingga sulit dibangunkan. Kondisi ini biasanya terjadi karena kamu kurang tidur atau efek samping dari obat-obatan tertentu.

Terangsang Saat Tidur

saat tidur
Sleep/Freepik.com

Bukan hal baru lagi jika pria mendapatkan ereksi saat tertidur. Namun ternyata hal tersebut bisa juga terjadi pada wanita bahkan bukan semata-mata karena kamu sedang mimpi basah. Otak akan bekerja lebih aktif saat kamu berada di alam mimpi sehingga membutuhkan lebih banyak oksigen.

Hasilnya adalah kamu akan lebih banyak darah yang mengalir ke seluruh tubuh termasuk ke area genitalia sehingga bagian penis menjadi ereksi dan klitoris membengkak.

Itulah hal-hal aneh yang dilakukan tubuh saat kamu tertidur. Lebih sering mengalami yang mana, Ladies?

(kik/kik)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE