sign up SIGN UP

Mitos atau Fakta: Perempuan Lebih Sering Sakit Punggung Ketimbang Pria? Ini Penjelasannya

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Minggu, 17 Jul 2022 09:30 WIB
Mitos atau Fakta: Perempuan Lebih Sering Sakit Punggung Ketimbang Pria? Ini Penjelasannya
caption

Punggung adalah bagian dari tubuh manusia yang memiliki fungsi utama dalam melindungi jaringan tubuh termasuk dengan organ-organ yang terdapat di perut serta panggul. Selain itu, punggung juga berfungsi dalam memberikan dukungan struktural dan memfasilitasi gerakan.

Apabila punggung terasa sakit maka aktivitas akan menjadi terhambat karena hampir semua gerakan tubuh seperti membungkuk dan memutar akan melibatkan gerakan dari punggung. Sakit punggung adalah gejala dari berbagai kondisi medis tertentu seperti penyakit dan cedera.

Siapa pun dapat mengalami sakit punggung. Namun, dalam beberapa kondisi, ada anggapan bahwa perempuan lebih rentan mengalaminya. Mitos atau fakta bahwa perempuan lebih sering mengalami sakit punggung ketimbang pria? Yuk, cari tahu jawabannya!

Mitos atau Fakta Perempuan Lebih Sering Sakit Punggung Ketimbang Pria?

Ilustrasi perempuan berpikir
Ilustrasi perempuan berpikir/Foto: Freepik/Diana.Grytsku

Menurut Statistik Kesehatan Musim Panas Pusat Pengendalian & Pencegahan Penyakit untuk Orang Dewasa AS pada tahun 2009, sebagaimana yang dilansir dari Chiro Care of Florida, 30 persen perempuan menderita nyeri punggung bawah dibandingkan dengan pria sekitar 26 persen.

Dalam sebuah penelitian, varian gen yang memicu rasa sakit kronis pada perempuan melebihi rasa sakit pada pria. Penelitian ini mencakup 300 pasien yang menderita prolaps diskus. Prolaps diskus adalah kondisi di mana bantalan tulang robek sehingga gel di dalamnya bergeser (herniasi) menyebabkan gel menekan akar saraf. Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa pria dapat pulih lebih cepat dari rasa sakitnya.

Ilustrasi perempuan hamil
Ilustrasi perempuan hamil/Foto: Freepik/Valeria_Aksakova

Selain itu, melansir dari Stucky Chiropractic, perbedaan fisik antara perempuan dan pria juga menjadi alasan mengapa perempuan lebih rentan mengalami sakit punggung. Misalnya, ketika perempuan sedang hamil.

Melansir dari Healthline, sakit punggung sering terjadi selama kehamilan. Hal itu terjadi ketika pusat gravitasi bergeser, penambahan berat badan, dan ligamen yang kendur akibat hormon menjelang persiapan kelahiran. Biasanya, sakit punggung saat kehamilan akan terasa di bulan kelima dan ketujuh.

Posisi paling umum saat mengalami sakit punggung adalah tepat di bawah pinggang dan di tulang ekor. Terkadang rasa sakit tersebut juga muncul di bagian tengah punggung, di sekitar pinggang. Lalu, akan menyebar ke kaki.

Penyebab Umum Sakit Punggung pada Perempuan

Ilustrasi perempuan sakit punggung bawah
Ilustrasi perempuan sakit punggung bawah/Foto: Freepik/Katemangostar

Penyebab umum yang akan disebutkan berikut ini mencakup berbagai kondisi nyeri akut dan kronis yang lebih sering dialami perempuan. Meskipun beberapa penyebabnya bisa terjadi pada usia muda seperti anak-anak hingga dewasa, namun orang tua cenderung lebih sering mengalaminya. Berikut penyebab umum sakit punggung pada perempuan:

Coccydynia

Coccydynia adalah istilah yang digunakan untuk nyeri tulang ekor. Coccydynia dapat menyebabkan rasa sakit saat duduk atau saat melakukan aktivitas lainnya karena menimbulkan tekanan pada area tulang ekor. Biasanya, perempuan akan merasakan lima kali lipat rasa sakit ini saat hamil yang mungkin terjadi selama persalinan yang sulit. 

Osteoporosis

Ilustrasi perempuan osteoporosis
Ilustrasi perempuan osteoporosis/Foto: Freepik/Stefamerpik

Hampir 80 persen dari penderita osteoporosis adalah perempuan. Osteoporosis dapat menyebabkan fraktur kompresi pada tulang belakang. Pada beberapa individu, osteoporosis dapat menyebabkan penurunan tinggi badan. Perempuan yang berusia 45 tahun ke atas memiliki risiko osteoporosis yang lebih besar selain dari perempuan yang memiliki riwayat keluarga dengan fraktur kompresi.

Fibromyalgia

Melansir dari Spine & Pain Clinics of North America, fibromyalgia adalah suatu kondisi dengan nyeri otot dan kekakuan yang dapat menyebabkan nyeri punggung yang meluas. Gejalanya berupa nyeri di leher, pinggul, dan punggung. Fibromyalgia biasanya muncul dengan sendirinya pada perempuan pra-menopause karena kadar estrogen mulai menurun.

Spondylolisthesis Degeneratif

Ilustrasi sakit punggung
Ilustrasi sakit punggung/Foto: Freepik/Jcomp

Perempuan tiga kali lebih mungkin mengalami spondylolisthesis degeneratif ketimbang pria. Spondylolisthesis adalah kondisi ketika tulang belakang bergeser dari posisi normal seperti tergelincirnya vertebra ke depan yang kemudian akan mengganggu akar saraf tulang belakang sehingga menyebabkan sakit punggung. 

Sindrom Pramenstruasi (PMS)

PMS adalah kondisi yang biasanya dialami oleh perempuan sebelum menstruasi. Melansir dari Healthline, gejala fisik dari PMS adalah nyeri punggung bawah. Nyeri ini akan berakhir dalam satu atau dua hari setelah menstruasi dimulai.

Nah, gimana, Beauties? Sekarang sudah tahu kan ya penyebab perempuan lebih sering mengalami sakit punggung ketimbang pria?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id