STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Penelitian Ungkap WFH Ternyata Bisa Mempengaruhi Siklus Menstruasi, Ini Penjelasannya!

Salsabila Pratiwi | Beautynesia
Selasa, 05 Jul 2022 09:00 WIB
Penelitian Ungkap WFH Ternyata Bisa Mempengaruhi Siklus Menstruasi, Ini Penjelasannya!

Pandemi COVID-19 mengubah hampir semua kehidupan banyak orang dalam banyak hal. Banyak perusahaan sekarang menawarkan kerja hybrid atau opsi untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH) secara permanen. Hal ini tentu diputuskan setelah melihat secara langsung bahwa WFH cukup efektif ketika dilakukan saat lockdown COVID-19.

WFH juga dianggap sebagai keuntungan besar bagi banyak orang, seperti lebih mudah mengatur pekerjaan profesional dan tugas rumah hingga dapat mengirit waktu serta biaya untuk pergi ke kantor. Tapi di sisi lain, ternyata WFH memiliki dampak yang lebih besar pada kesehatan perempuan, apa itu?

Studi Ungkap WFH Dapat Merusak Siklus Menstruasi

Penelitian: Bekerja WFH Ternyata Bisa Mempengaruhi Siklus Menstruasi
WFH Mempengaruhi Siklus Menstruasi/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Penelitian baru dari Spire Healthcare pada lebih dari 10 ribu orang, menemukan bahwa perempuan dilaporkan memiliki jumlah pertemuan konferensi video yang sama per hari dengan pria, tetapi pertemuan perempuan secara signifikan lebih lama dengan waktu jeda yang lebih pendek. Selain itu, dibandingkan dengan pria, perempuan dilaporkan 13,8 persen lebih mengalami kelelahan saat mengikuti meeting secara virtual dibanding pria.

Faktor kelelahan ini bisa berkontribusi pada segala hal mulai dari tingkat stres hingga tidur yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada perubahan siklus menstruasi. Selain itu, paparan blue light yang berlebihan dari laptop, ponsel, dan gadget lainnya yang cenderung lebih sering digunakan saat WFH juga dapat berperan. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa blue light dapat secara akut menekan produksi melatonin, hormon yang diproduksi secara alami oleh tubuh untuk memberi sinyal waktu tidur.

Aktivitas Lain saat WFH yang Berpengaruh Pada Siklus Menstruasi

Penelitian: Bekerja WFH Ternyata Bisa Mempengaruhi Siklus Menstruasi
Stres dan Kelelahan Menjadi Faktir Utama/Foto: pexels.com/Ivan Samkov

Siklus menstruasi sangat terkait dengan ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah siklus 24 jam yang merupakan bagian dari jam internal tubuh. Ritme ini membantu mengatur produksi hormon dan dapat mempengaruhi ovulasi yang jika terganggu akibatnya dapat mempengaruhi menstruasi. 

Bukan hanya kelelahan, kurangnya olahraga juga dapat menyebabkan menstruasi menjadi terlambat. Penelitian menyebutkan bahwa dengan WFH, seseorang lebih sedikit bergerak karena tidak ada rutinitas seperti berjalan kaki menuju kantor hingga berlari mengejar bus atau kereta di pagi hari.

Jadi, dapat dikatakan faktor-faktor yang terkait WFH yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi cukup beragam seperti kurangnya olahraga, stres, kelelahan maupun kurangnya waktu tidur. 

Alih-alih berdiam diri, WFH juga perlu dibarengi dengan aktivitas sehat. Seseorang perlu berolahraga agar tubuh tetap aktif bergerak dan tidur nyenyak. Meditasi dan melakukan aktivitas mindfulness juga bisa dilakukan untuk mengurangi stres selama WFH.

Yuk, Beauties, jadikan waktu WFH menjadi kesempatan besar untuk mengubah pola hidup yang lebih sehat untuk mendapatkan tubuh yang lebih fit!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE