STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Mudah Ditemukan, 7 Superfood Ini Bantu Cegah Timbulnya Uban di Usia Muda

Camellia Quinita Ramadhani | Beautynesia
Senin, 09 Jan 2023 20:00 WIB
Mudah Ditemukan, 7 Superfood Ini Bantu Cegah Timbulnya Uban di Usia Muda

Tren tentang pencegahan penuaan dini memang bukan hal baru. Banyak orang berinvestasi jutaan rupiah demi memperhatikan kesehatan kulit mereka agar tetap kencang dan mencegah penuaan dini. Namun, penuaan itu sesungguhnya tidak hanya tampak di kulit lho, Beauties. Rambut putih atau uban adalah salah satu faktor yang bisa membuatmu tampak jauh lebih tua dari usia aslimu.

Namun, tidak perlu khawatir, Beauties. Ternyata, pencegahan rambut uban bisa dimulai dari memperhatikan makanan yang dikonsumsi lho. Mau tahu apa saja makanan tersebut? Simak daftarnya berikut ini, yuk!

Makanan Fermentasi

Makanan Fermentasi/ Foto: Pixabay/ Steve Buissinne
Makanan Fermentasi/ Foto: Pixabay/ Steve Buissinne

Apakah kamu tahu jika kesehatan perut dan rambut ternyata berkaitan?

Dilansir dari laman CNN Indonesia, ahli diet Kelly Jones pernah mengatakan bahwa dibutuhkan probiotik untuk menjaga sel-sel rambut tumbuh sebagaimana mestinya. Bakteri usus memproduksi vitamin B dan biotin yang berguna bagi kesehatan rambut. Kekurangan biotin justru akan mengakibatkan perubahan warna yang dilihat sebagai uban.

Selain mengandalkan probiotik alami dari proses pencernaan, kamu bisa mencukupi kebutuhan probiotik dari beberapa makanan fermentasi, Beauties. Beberapa di antaranya sangat mudah ditemukan di mana saja seperti yoghurt, kimchi, acar, dan miso.

Salmon

Konsumsi ikan salmonIlustrasi salmon/Foto: Freepik.com/Racool_studio

Perubahan hormon merupakan proses alami tubuh di luar kontrol kita. Tak hanya mempengaruhi suasana hati, laman Byrdie juga menyebutkan bahwa perubahan hormon dapat memicu kemunculan uban di usia dini.

Meski mustahil untuk mengawasi apalagi mengontrol kadar hormon dalam tubuh, setidaknya kamu bisa membantu stabilitasnya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung selenium maupun vitamin D. Kedua kandungan ini ternyata dimiliki sekaligus oleh ikan salmon lho, Beauties. Alih-alih meminum suplemen seperti D-3, ikan salmon juga dilengkapi nutrisi omega 3 dan protein yang bagus bagi kesehatan rambut.

Hati Sapi

Hati Sapi/ Foto: Pixabay/ Troy Cooper
Hati Sapi/ Foto: Pixabay/ Troy Cooper

Biasanya, orang sangat gemar mengolah makanan berbahan dasar hati ayam. Selain rasanya yang lezat, hati ayam memiliki nutrisi yang menunjang kesehatan tubuh. Namun selain hati ayam, hati sapi juga tak kalah bergizi lho, Beauties.

Utamanya bagi kesehatan rambut, hati sapi dipercaya bisa mencegah tumbuhnya uban di usia dini. Dilansir dari laman CNN Indonesia, hati sapi akan memberikan asupan vitamin B-12 berlimpah. Kandungan B-12 ini diperlukan untuk mencegah anemia yang berhubungan erat dengan kemunculan rambut uban prematur. Selain B-12, kandungan tembaga dalam hati sapi juga berguna untuk menjaga pigmentasi rambut agar tetap hitam berkilau.

Telur

TelurIlustrasi telur/Foto: Freepik.com/Atlascompany

Kebanyakan orang pasti menyimpan telur sebagai stok makanan harian mereka. Namun, tidak banyak yang menyadari jika telur ternyata bisa membantu mencegah tumbuhnya uban.

Meski banyak yang menghindari kuning telur karena bisa memicu kolesterol, Kelly Jones mengatakan bahwa telur secara keseluruhan mengandung vitamin B-12 yang mana tidak bisa didapat dari mengonsumsi sayur-sayuran. Kalau kamu tidak suka hati sapi, telur bisa jadi alternatif yang lebih terjangkau untuk mendapat asupan B-12.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE