sign up SIGN UP

Nggak Hanya Mengembalikan Energi, Ternyata Tidur Juga Bisa Mencerdaskan Otak, Lho! Ini Caranya

Camellia Ramadhani | Beautynesia
Minggu, 12 Dec 2021 23:00 WIB
Nggak Hanya Mengembalikan Energi, Ternyata Tidur Juga Bisa Mencerdaskan Otak, Lho! Ini Caranya
caption
Jakarta -

Selama ini, tidur mungkin dinilai sebagai kegiatan tidak produktif, bahkan bentuk bermalas-malasan. Tapi, tahukah kamu bahwa tidur juga bisa meningkatkan kecerdasan otak?

Saat tidur, otak akan beristirahat dari banyak kegiatan. Meskipun sedang beristirahat, otak tetap bekerja untuk merapikan memori yang akan disimpan jangka panjang.

Karena otak aktif menata memori saat tidur, kita bisa memanfaatkan momen ini untuk memperkuat daya ingat sehingga otak bisa menjadi lebih cerdas. Dilansir dari ReadersDigest, ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum dan saat tidur agar potensi otak dapat dimaksimalkan.

Mau tahu caranya? Yuk, simak tiga tips ini!

Ambil Durasi Tidur yang Tepat

Ilustrasi Tidur/Foto: Freepik/Jcomp
Ilustrasi Tidur/Foto: Freepik/Jcomp


Diperlukan waktu tidur yang cukup yakni 6-8 jam tanpa jeda agar kinerja otak dalam mengatur memori tidak terganggu. Produktivitas berlebihan yang mengurangi durasi tidurmu justru membuatmu tidak fokus dan aktivitasmu tidak selesai dengan efektif.

Apalagi menginterupsi tidurmu dengan sering terbangun, kamu akan semakin merasa lelah dan dapat menimbulkan masalah kesehatan baru lho, Beauties. Selama terlelap, otak hanya mengatur kerja beberapa bagian tubuh yang tidak dapat dikontrol seperti pernapasan, pencernaan, juga hal-hal berkaitan dengan pengaturan memori. Dikarenakan tugas yang dikerjakan lebih sedikit dari biasanya, maka otak lebih dapat fokus memaksimalkan kinerjanya saat tidur.

Belajar Sebelum Tidur

Ilustrasi Belajar/Foto: Freepik/Gpointstudio
Ilustrasi Belajar/Foto: Freepik/Gpointstudio

Beauties, apakah kamu pernah sudah belajar berjam-jam tapi lupa apa yang sudah dipelajari? Mungkin kamu bisa coba tips satu ini.

Bukalah kembali catatanmu sebelum tidur. Dengan begitu, hal-hal yang sudah kamu pelajari akan diproses oleh otak dan membentuk memori jangka panjang. Tapi, bukan berarti kamu bisa mengandalkannya sebagai cara sistem kebut semalam ya!

Pelajari dan pahami materi dengan baik di jam-jam efektif, lalu catatlah poin-poin penting yang singkat dan mudah diingat. Sebelum kamu tidur, baca kembali catatanmu untuk mengingat apa saja yang telah kamu pelajari seharian. Hal ini akan membantumu membawa informasi hingga ke alam bawah sadar dan membuat informasi tersebut bertahan lebih lama.

Wewangian Membantu Kinerja Memori

Ilustrasi Aroma Terapi/Foto: Pinterest/Arospa
Ilustrasi Aroma Terapi/Foto: Pinterest/Arospa

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh laman Science pada tahun 2007 menunjukkan bahwa memori dapat diperkuat dengan rangsangan aroma tertentu. Hal ini dikarenakan kamu akan mengasosiasikan wewangian dengan ingatan yang terjadi berkenaan dengan aroma tersebut. Tidak hanya bekerja saat tidur, berbagai eksperimen di Jerman membuktikan bahwa sistem penciuman mengaktifkan ingatan di hipokampus dan membuat otak menjadi lebih mudah menyerap informasi baru.

Berdasarkan fakta-fakta ilmiah ini, maka kamu bisa memanfaatkan aroma untuk membantu mempertajam daya ingatmu, Beauties. Saat mempelajari sesuatu, tebarkan wewangian yang menenangkan seperti aroma terapi rosemary atau peppermint agar kamu lebih mudah mencerna informasi baru. Sebelum tidur, tebar kembali wewangian itu agar alam bawah sadarmu  mengingat kembali informasi-informai yang sudah kamu pelajari sebelumnya.

Itulah tiga tips yang bisa kamu terapkan untuk memperkuat daya ingat dan mencerdaskan otak. Meski tidur dapat mempermudahmu belajar, tapi tetap kebutuhanmu untuk beristirahat dengan nyenyak harus diprioritaskan ya, Beauties. 

Selamat beristirahat!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id